Oki Setiana Dewi Mengajarkan Anak Memanah, Ketahui Tipsnya Yuk Ma

Memanah merupakan olahraga sunah Rasulullah SAW

18 Maret 2021

Oki Setiana Dewi Mengajarkan Anak Memanah, Ketahui Tips Yuk Ma
Instagram.com/okisetianadewi

Ada banyak sumber yang bisa orangtua jadikan inspirasi saat mengasuh dan mendidik anak. Salah satunya melalui publik figur, seperti Oki Setiana Dewi. 

Perempuan yang dikenal sebagai aktris, penulis, serta da'i tanah air ini telah dikaruniai 4 orang anak dan cukup sering membagikan tips dalam mengasuh buah hatinya. Oki banyak menerapkan ajaran agama Islam saat membesarkan Maryam Nusaibah Abdullah, Khadeejah Faatimah Abdullah, Ibrahim Muhammad Abdullah, dan Sulaiman Ali Abdullah.

Ketiga anak yang sudah cukup besar, Oki ajarkan untuk membaca Al-quran secara rutin. Selain itu, Oki dan suami juga mengenalkan mereka pada olahraga yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, yaitu memanah. 

Tak hanya baik untuk kesehatan, olahraga memanah juga mendatangkan kebaikan dalam ajaran Islam. Sebagaimana keterangan sebuah hadis yang artinya, “Ajarkanlah anak-anakmu memanah, karena sesungguhnya memanah itu dapat menghancurkan musuh.” (HR. Dailami)

Bagi Mama dan Papa yang ingin mengajarkan anak untuk mengamalkan sunah dengan cara memanah seperti Oki Setiana Dewi, mungkin dapat menyimak beberapa tips dari Popmama.com berikut ini!

Alat yang harus dipersiapkan untuk memanah

Alat harus dipersiapkan memanah
Pexels/RODNAE Productions

Sebelum mengajarkan anak untuk melakukan olahraga sesuai sunah Rasulullah SAW, berikut alat-alat yang umumnya digunakan saat memanah, Ma:

  • busur panah

Busur panah atau bow merupakan alat utama dalam olahraga memanah. Busur panah ini terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

long bow, bentuknya berupa kayu panjang yang diikat string atau senar,

- recurve, busur modern yang paling umum digunakan untuk memanah dan sering digunakan dalam perlombaan, 

- compound, busur dengan katrol (cam) yang berfungsi sebagai penahan beban tarikan saat melakukan tarikan penuh (full draw) sehingga lebih stabil dan anak panah melesat lebih cepat. 

  • anak panah

Anak panah atau arrow adalah alat yang kita bidikkan menggunakan busur panah sehingga mencapai target saat memanah. Sama halnya dengan busur panah, anak panah juga terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan bahannya:

- anak panah fiberglass

Anak panah berbahan fiberglass ini adalah yang paling umum digunakan pemula atau orang yang baru belajar olahraga memanah.

anak panah wood 

Anak panah dari bahan wood atau kayu juga sering dijumpai. Biasanya, anak panah ini digunakan untuk berburu.

anak panah alumunium

Anak panah berbahan dasar alumunium ini merupakan anak panah terbaik sehingga banyak digunakan pada kompetisi panahan.

  • tali busur (string)

Bagi pemanah pemula, cukup menggunakan string yang dibuat dari dacron. Ini sudah cukup dengan serving center di mana nilon sebagai bahan dasarnya.

Alasan memilih string berbahan ini karena biasanya tali busur tidak begitu fleksibel dan perlu ada teknik khusus dalam penggunaannya. 

  • target panah dan quiver

Target panah yang dimaksud merupakan papan target saat memanah. Sementara quiver merupakan tempat meletakkan anak panah sehingga tidak tercecer sembarangan. 

  • arm guard dan chest guard

Kedua alat ini merupakan bantalan untuk melindungi bagian tangan dan dada dari tali busur saat memanah. 

Belajar olahraga memanah dengan ahlinya

Belajar olahraga memanah ahlinya
Pexels/RODNAE Productions

Apabila Mama dan Papa tertarik mengenalkan anak pada olahraga sunah dengan memanah, sebaiknya arahkan buah hati untuk mengikuti kelas memanah. Hal ini bertujuan agar anak-anak yang masih pemula bisa didampangi langsung oleh ahlinya. 

Orangtua dapat mendaftarkan buah hati pada klub memanah, sekolah panahan, atau memanggil guru privat ke rumah. Berikut beberapa tempat belajar memanah di wilayah Jakarta yang bisa dipilih untuk anak: 

1. GBK Archery Field

1. GBK Archery Field
cakra-gbk-archery-academy.bussiness.site

Tempat belajar memanah ini berada di Jl. Gerbang Pemuda Pintu 10, Senayan, Jakarta Pusat. Klub ini memiliki beragam program bagi yang ingin mengenal, berlatih, atau mendalami olahraga panahan.

Paket belajar panahan yang dapat dipilih, meliputi paket reguler, khusus, dan privat. Mulai dari Rp100.000/2 jam. Bisa datang langsung ke lokasi pada hari Sabtu pukul 12.00–18.00 atau Minggu pukul 08.00–12.00 WIB. Bisa juga menghubungi nomor 0812 3098 6600 untuk informasi lanjutan.

Editors' Picks

2. Fath Archery

2. Fath Archery
Instagram.com/fatharcheryjakarta

Berlokasi di lapangan Archery Field Marinir Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dengan jadwal operasional setiap hari Sabtu dan Minggu pagi mulai pukul 08.00 WIB.

Bagi pengunjung yang masih pemula, akan didampingi langsung oleh pelatih panahan dan peralatannya pun telah disediakan oleh Fath Archery.

Apabila tertarik, dapat datang langsung ke alamat yang tertera atau menghubungi nomor 0813 1999 8332 untuk mendapatkan informasi terkait. 

3. Wins Archery

3. Wins Archery
Instagram.com/wins_archery

Berbeda dari klub panahan lainnya, Wins Archery menawarkan pengalaman olahraga memanah secara indoor karena berada di dalam lokasi perbelanjaan. Wins Archery berada di 2 lokasi, yaitu Pejaten Village lantai 3 dan Blok M Square lantai 2.

Mama dan Papa bisa mengajak anak-anak berkunjung dan mengenalkan mereka pada olahraga memanah. Tidak hanya untuk menunaikan sunah, olahraga ini juga bisa menjadi pilihan kegiatan seru di waktu luang. 

Jika ingin belajar memanah di Wins Archery, dapat datang ke lokasi di atas yang terdekat dari rumah. Bisa juga menghubungi nomor telepon 0816 1905 522.

4. Kometa Archery

4. Kometa Archery
Instagram.com/kometa_archery

Anak mama yang ingin belajar memanah bisa datang langsung ke Kometa Archery di Jl. Eretan II, RT.2/RW.1, Balekambang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur. Dengan jadwal operasional setiap hari pukul 09.00–17.00 WIB.

Di sini, anak bisa olahraga memanah di ruang alam terbuka sehingga terasa menyenangkan. Para pemula akan didampingi langsung oleh pelatih dan alat-alat memanahnya telah disediakan. 

Kometa Archery menawarkan pelatihan memanah dengan biaya yang cukup terjangkau mulai dari Rp10.000 saja. Selain datang langsung ke lokasi, bisa juga menghubungi nomor 0838 7203 2174 untuk mendapatkan informasi pendaftaran atau biaya. 

5. Braders Archery School

5. Braders Archery School
Instagram.com/braders.archery

Braders Archery School merupakan tempat belajar memanah untuk berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Dengan didampingi langsung oleh pelatih yang profesional di bidang olahraga memanah. Alat-alatnya juga disediakan sehingga cocok bagi pemula sekali pun.

Berlokasi di Jl. Mardani Raya No.183, RT.1/RW.9, Johar Baru, Kec. Johar Baru, Kota Jakarta Pusat. Dengan jadwal operasional setiap hari Sabtu pukul 13.00–17.00 WIB. 

Apabila berminat, bisa datang langsung ke alamat yang tertera atau Mama dan Papa dapat menghubungi nomor telepon 0896 3414 5145 untuk informasi lanjutan.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Belajar Memanah

Hal Perlu Diperhatikan saat Belajar Memanah
Pexels/RODNAE Productions

Adapun hal-hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum olahraga memanah, yaitu:

  • pemanasan

Sama halnya dengan olahraga lain, memanah juga perlu pemanasan, Ma. Pemanasan bertujuan agar tubuh bisa lebih lentur dan kuat saat memanah. Pasalnya olahraga ini harus bisa menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, otot dada, bahu, dan punggung. 

  • gunakan pelindung 

Bagi anak-anak yang hendak belajar memanah, sebaiknya menggunakan pelindung untuk meminimalisir risiko cedera. Misalnya, mengenakan arm guard (bantalan pelindung tangan) dan chest guard (bantalan pelindung dada).

  • berdiri yang tegak dan sejajar

Arahkan anak mama untuk berdiri tegak dan seimbang. Sikap berdiri ini mengharuskan kaki pada posisi terbuka dengan lebar sama dengan bahu. Sebaiknya, posisi kaki juga sejajar lurus terhadap garis tembak.

  • posisi tangan harus lurus

Saat belajar memanah, pastikan posisi kedua tangan telah lurus saat memegang anak panah dan busur. Namun, jangan menggenggamnya terlalu kuat, ya. 

  • fokus dan sabar

Ajarkan anak untuk fokus dengan mengarahkan pandangan mata ke depan sehingga anak panah dapat mencapai target dengan tepat.

Jelaskan juga tentang kesabaran saat memanah agar saat membidik tidak terburu-buru dan tidak kecewa jika anak panah meleset jauh dari target. Hal ini sangat wajar bagi pemula dan berikanlah anak semangat untuk terus belajar memanah.

Itulah beberapa informasi dan tips terkait olahraga memanah bagi anak-anak. Semoga dapat bermanfaat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.