Penyebab dan Cara Mengatasi Perubahan Warna pada Gigi Anak

Penting bagi Mama untuk senantiasa memerhatikan kebersihan gigi anak

8 Februari 2021

Penyebab Cara Mengatasi Perubahan Warna Gigi Anak
parenting.firstcry.com

Menjaga kesehatan gigi anak merupakan hal penting yang perlu diperhatikan setiap orangtua. Hal ini karena gigi berperan dalam sistem pencernaan untuk menyerap asupan nutrisi dengan maksimal. 

Namun, kesehatan gigi terkadang masih sering diabaikan sehingga anak mengalami beberapa masalah. Misalnya, adanya penggelapan warna pada gigi mereka. Gigi pun berubah warna menjadi kuning, cokelat, atau hitam. 

Meski dalam beberapa kasus kondisi ini termasuk hal yang normal, tetapi Mama dan Papa sebaiknya tetap waspada. Jadi, lebih baik mengetahui apa yang menjadi penyebab berubahnya warna pada gigi anak. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan penjelasan mengenai penyebab yang mungkin menimbulkan perubahan warna pada gigi anak. Disertai cara mengatasinya yang dikutip dari laman momjunction

Editors' Picks

1. Penyebab warna gigi anak berubah

1. Penyebab warna gigi anak berubah
Pexels/cottonbro

Secara umum, perubahan warna gigi anak dibagi menjadi 2 jenis, Ma. Pertama, perubahan warna gigi intrinsik yang terjadi pada lapisan dalam gigi. Kedua, perubahan warna gigi ekstrinsik yang terjadi pada permukaan gigi. 

Berubahnya warna gigi anak mama ternyata dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut di antaranya:

  • pengaruh genetik

Genetika atau adanya cacat keturunan dalam pembentukan dentin atau enamel mungkin dapat bertanggung jawab atas perubahan warna gigi pada lapisan dalam (intrinsik) anak mama. Jadi, perubahan warna gigi kekuningan, kuning kecokelatan, atau biru kecokelatan bisa saja terjadi secara alami karena pengaruh keturunan itu tadi. 

  • konsumsi antibiotik

Beberapa antibiotik yang dikonsumsi mungkin dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi anak. Misalnya, antibiotik jenis tetrasiklin yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi permanen jika diminum oleh anak di bawah usia 8 tahun.

  • fluorida

Paparan fluorida yang berlebihan melalui pasta gigi atau air minum dengan kandungan fluorida tinggi bisa saja menyebabkan perubahan warna gigi anak. Fluorida tersebut dapat menyebabkan bintik-bintik coklat pada email gigi yang disebut sebagai fluorosis.

  • efek cedera 

Cedera traumatis yang dialami anak, seperti pendarahan atau paparan jaringan gigi mungkin bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi. Gigi akan berubah warna menjadi abu-abu tua, kuning, atau merah muda bergantung pada cederanya.

  • makanan tertentu

Beberapa makanan dengan warna alami dapat menodai gigi anak sementara. Misalnya, saat anak mengonsumsi cokelat, buah bit, atau kecap. 

  • kebersihan gigi yang buruk

Tidak menyikat atau membersihkan gigi secara teratur dapat juga dapat menodai gigi dan menyebabkan perubahan warna gigi anak. Jadi, sebaiknya biasakanlah mereka untuk membersihkan gigi secara teratur setiap harinya. 

  • kondisi lainnya

Beberapa kondisi lain bisa saja menyebabkan perubahan warna pada gigi anak. Misalnya, anak-anak penderita asma yang menggunakan inhaler secara teratur atau adanya penambalan gigi yang mungkin dapat menyebabkan gigi berubah warna, Ma. 

2. Mengatasi perubahan warna gigi anak secara alami

2. Mengatasi perubahan warna gigi anak secara alami
Pixabay/jenniefriedrichs

Apabila anak mama mengalami salah satu kondisi di atas sehingga warna gigi mereka cenderung berubah. Mungkin dapat menggunakan beberapa cara alami berikut ini untuk mengatasinya di rumah. 

  • lemon

Ekstrak lemon yang dicampur dengan garam dan sedikit soda kue mungkin dapat membantu memutihkan gigi anak kembali. Campuran ini bisa dioleskan sebagai pasta gigi lalu disikat. Namun, sebaiknya tidak digunakan dalam waktu yang lama, ya. 

  • kulit jeruk kering

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak yang terkandung dalam kulit jeruk diketahui bermanfaat sebagai pemutih gigi alami. Mama mungkin dapat memanfaatkan kulit jeruk kering untuk menggosok gigi anak sehingga mengembalikan warna gigi aslinya. 

  • minyak kelapa

Minyak kelapa yang benar-benar alami (extra virgin) mungkin dapat dijadikan solusi dalam mengatasi gigi anak yang mengalami perubahan warna. Mama bisa mengarahkan mereka untuk berkumur dengan minyak kelapa selama beberapa detik setiap harinya. 

Beberapa cara alami tersebut bisa saja berhasil atau mungkin tidak. Namun, tidak ada salahnya bagi Mama untuk mencoba. Jadi, ketiga cara di atas bukan acuan khusus yang harus dilakukan, Ma. 

3. Tindakan medis yang dapat mengatasi perubahan warna gigi anak

3. Tindakan medis dapat mengatasi perubahan warna gigi anak
Unsplash/Yusuf Belek

Jika beberapa cara alami yang telah dijelaskan belum juga bisa mengatasi permasalahan berubahnya warna gigi anak mama, mungkin tindakan medis dapat dijadikan pilihan. Apalagi, perubahan warna gigi telah berlangsung cukup lama sehingga semakin bertambah parah. 

Biasanya, dokter spesialis gigi akan merekomendasikan beberapa tindakan medis, yaitu:

  • resin komposit

Tindakan ini melibatkan resin yang memiliki bentuk seperti pasta. Dokter gigi mungkin akan mengpaplikasikan resin pada bagian gigi yang berubah warna sehingga warna gigi anak dapat kembali normal. Penggunaan resin ini bisa untuk sebagian atau seluruh gigi, tergantung pada sejauh mana perubahan warna gigi.

  • strip pemutih gigi

Cara ini dilakukan dengan menggunakan sepotong kain kasa yang dibasahi hidrogen peroksida. Kemudian, kasa akan ditempelkan pada gigi anak yang berubah warna sehingga dapat membantu mengembalikan warna aslinya.

  • zat pemutih gigi

Seorang dokter gigi mungkin juga akan menggunakan berbagai macam senyawa atau zat tertentu untuk memutihkan gigi yang berubah warna. Bahan pemutih dan metode pemutihan yang digunakan tergantung pada warna dan luas noda. 

  • sinar UV

Dalam proses perawatan kosmetik ini, dokter gigi akan mengoleskan bahan perbaikan gigi pada gigi anak yang berubah warna dan kemudian merawatnya dengan sinar UV atau suhu panas tertentu. Masa pemanasan ini bertujuan untuk membuat bahan perbaikan gigi menempel pada gigi anak sehingga dapat menutupi bagian gigi yang mengalami perubahan warna.

  • pemutih gigi untuk perawatan mandiri

Jika perubahan warna gigi anak hanya sedikit atau belum terlalu parah, dokter gigi mungkin akan meresepkan larutan pemutih, permen karet, benang pemutih, atau gel untuk digunakan di rumah.

Namun, bahan-bahan pemutih gigi semacam itu biasanya harus digunakan hanya atas saran dokter gigi. Jadi, tidak boleh digunakan tanpa resep. 

Itulah beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan gigi anak mama mengalami perubahan warna. Dilengkapi cara mengatasinya secara alami atau perawatan dokter. Semoga dapat bemanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.