Anak Sering Malas Sahur? Ceritakan 5 Manfaat Ini

Esoknya ia pasti jadi semangat bangun sahur

7 Mei 2021

Anak Sering Malas Sahur Ceritakan 5 Manfaat Ini
Shutterstock/Aunging

Saat mengajarkan si Kecil berpuasa, PR para Mama dan Papa yang pertama adalah mengajaknya bangun pagi-pagi buta untuk sahur. Popmama.com paham ini bukan tugas mudah yang bisa dilakukan dalam sekali waktu.

Tapi, coba deh Mama kasih lima penjelasan berikut ini pada mereka. Apalagi mengingat sahur punya peran yang krusial terutama untuk menjaga si Kecil agar tetap berenergi selama berpuasa. Coba baca artikel ini sampai selesai ya, Ma!

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Shutterstock/Kornnphoto
Shutterstock/Kornnphoto

Puasa membuat siapa saja punya pola makan yang lebih teratur. Dengan jadwal makan yang lebih teratur yaitu pada saat berbuka puasa dan sahur, ternyata ini punya dampak positif lho Ma untuk sistem pencernaan kita.

Yang terpenting Mama perlu memastikan si Kecil tetap dapat memenuhi nutrisi yang si Kecil butuhkan ya. Yuk, Mama pasti bisa!

2. Mengontrol berat badan pada anak

2. Mengontrol berat badan anak
Shutterstock/Ruslan Shugushev
Shutterstock/Ruslan Shugushev

Mama pasti pernah mendengar omongan pujian yang diarahkan untuk si Kecil karena tubuhnya yang gemuk. Walau mungkin terlihat menggemaskan, si Kecil tetap disarankan punya berat badan yang ideal untuk menghindari obesitas.

Nah, sahur dapat mengontrol berat badan si Kecil, karena ia jadi terhindar dari rasa ‘kalap’ saat buka puasa, Ma. Kalau berat badannya terjaga, pasti ia juga jadi lebih aktif ‘kan, Ma?

Editors' Picks

3. Membantu anak dalam meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi

3. Membantu anak dalam meningkatkan daya ingat juga konsentrasi
Shutterstock/MIA Studio
Shutterstock/MIA Studio

Yang perlu Mama ketahui sahur tidak hanya memenuhi kebutuhan energi basal atau dasar Si Kecil saja, tetapi juga energi cadangannya. Apalagi saat Ramadan ini, banyak anak yang masih harus menjalankan aktivitasnya secara normal. Nah, agar ia tidak mudah mengantuk dan tetap bisa konsentrasi penting nih buat memberikan nutrisi yang optimal untuknya saat sahur. Nah, agar si kecil juga lebih semangat untuk bangun sahur, berikan mereka sereal favorit mereka, Koko Krunch.

Anak Sering Malas Sahur Ceritakan 5 Manfaat Ini
Popmama.com/Koko Krunch
Popmama.com/Koko Krunch

Koko Krunch memang sudah dikenal sebagai sereal favorit anak yang terbuat dari dari gandum utuh, tinggi vitamin B (B2, B3, B5, B6, Asam Folat) dan tinggi zat besi dengan rasa cokelat yang lezat serta dengan sereal berbentuk kepala koko, bisa jadi menu sahur andalan untuk si kecil. Selain itu dengan mengajak si Kecil sahur dengan Koko Krunch, Mama bisa mempersiapkan awal berpuasa yang baik sekaligus lebih simpel

Sahur jadi lebih menyenangkan deh sekarang. Nah, buat Mama yang mau tahu info selengkapnya seputar Koko Krunch, bisa langsung klik di sini ya!

4. Meningkatkan sekaligus menjaga sistem imun

4. Meningkatkan sekaligus menjaga sistem imun
Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET
Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Sahur adalah salah satu momen krusial bagi tubuh selama bulan Ramadan ini. Ibarat kendaraan, sahur adalah momen mengisi bahan bakar agar kuat berjalan seharian. Namun nggak hanya sebagai sumber energi, asupan yang dikonsumsi si Kecil juga berfungsi sebagai bahan untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Konsumsi berupa karbohidrat, vitamin dan mineral lainnya penting nih Ma agar sistem imun tubuh si Kecil tetap kuat.

5. Mengajarkan si Kecil nilai-nilai spiritual

5. Mengajarkan si Kecil nilai-nilai spiritual
Shutterstock/Odua Images
Shutterstock/Odua Images

Terakhir, sahur juga bisa jadi momen yang tepat bagi Mama untuk menanamkan nilai-nilai spiritual kepada baik itu berupa rasa patuh seruan untuk berpuasa hingga rasa cinta untuk meneladani nilai-nilai positif dari Rasul-Nya. Ternyata dari aktivitas yang terlihat sederhana ini tersimpan banyak makna ya, Ma!

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa Mama sampaikan kepada si Kecil biar ia semangat untuk bangun sahur. Jadi, sudah sedia menu favorit si Kecil belum untuk sahur nanti? (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.