Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Kota Terpanas di Indonesia, Ada Kota Bekasi

Apakah kota Mama termasuk dalam daftar kota terpanas berikut ini?

25 November 2022

10 Kota Terpanas Indonesia, Ada Kota Bekasi
Pexels/Tom Fisk

Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis dengan 2 musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa menyebabkan negara ini kaya akan curah hujan dan terik matahari.

Meskipun begitu, nyatanya terdapat beberapa kota di Indonesia yang mempunyai suhu udara terlampau panas di atas rata-rata dan melebihi dari kota-kota lainnya.

Penasaran kota mana saja yang masuk ke deretan kota dengan cuaca atau suhu udara terpanas?

Berikut Popmama.com telah menyiapkan rangkuman mengenai 10 kota terpanas di Indonesia. Yuk disimak!

1. Bima

1. Bima
Instagram.com/ridwanmarjuki91

Bima adalah sebuah kota di pesisir timur pulau Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota Bima terkenal sebagai salah satu kota dengan suhu terpanas di NTB.

Meskipun memiliki dua musim, kota ini tetap terasa panas. Ketika siang hari, suhu di Kota Bima mencapai 32-33 derajat celsius. Bahkan suhu di kota ini pernah tercatat berada di angka 39 derajat celsius.

2. Cirebon

2. Cirebon
Instagram.com/des.yooo

Kota Cirebon berada di daerah pantai utara Propinsi Jawa Barat bagian timur. Kota ini dikenal sebagai kota yang mempunyai suhu panas, gersang, dan kering.

Suhu udara panas tak hanya terjadi saat musim kemarau saja, terkadangan suhu harian di Kota Cirebon juga bisa terasa begitu panas hingga mencapai 38 derajat celsius.

3. Bekasi

3. Bekasi
Instagram.com/pilotdrone87

Bekasi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang memang dikenal sebagai kota dengan suhu yang panas.

Suhu udara di Kota Bekasi dapat mencapai 37 derajat celsius saat siang hari. Keberadaan pabrik dalam jumlah banyak dan kepadatan penduduk menyebabkan suasana gersang semakin terasa di kota ini.

4. Ciputat

4. Ciputat
Instagram.com/ade.irwn21

Kota dengan suhu udara terpanas selanjutnya ada Ciputat. Ciputat sebetulnya adalah nama sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Sebelum pendirian Kota Tangerang Selatan, Ciputat merupakan kecamatan dari Kabupaten Tangerang. Menurut data dari Balai Besar Wilayah 2 Ciputat, suhu di Ciputat bisa mencapai 36 derajat celsius. Wilayah Ciputat dan sekitarnya yang berada pada elevasi rendah dan cukup dekat dengan permukaan laut bisa jadi adalah faktor yang menyebabkan daerah ini menjadi panas.

Editors' Picks

5. Pekanbaru

5. Pekanbaru
Unsplash/Frank Zhang

Pekanbaru adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Provinsi Riau. Kota ini termasuk dalam daftar kota terpanas di Indonesia.

Suhu udara tertinggi kota ini pernah berada di kisaran 34 sampai 35 derajat celsius. Hal tersebut adalah temperatur normal yang tidak dipengaruhi oleh faktor apapun.

Sementara itu, sewaktu suhu normal, suhu terendah kota Pekanbaru ada di angka 23 derajat celsius saat pagi hari dan sekitar 33 derajat celsius di siang hari.

6. Palembang

6. Palembang
Unsplash/Hadi Utama

Palembang adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Kota yang mempunyai luas wilayah 400,61 km persegi ini dihuni oleh lebih dari 1,6 juta penduduk pada tahun 2020.

Suhu udara kota yang terkenal dengan Sungai Musinya ini juga termasuk terpanas di Indonesia. Menurut stasiun klimatologi Palembang, suhu udara paling panas di Kota Palembang bisa mencapai 35,1 derajat celsius.

7. Semarang

7. Semarang
Unsplah/Muhamad Guntur

Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang dikenal memiliki suhu wilayah yang cukup tinggi.

Ketika siang hari, kota yang dijuluki Kota Pelabuhan ini bisa mempunyai suhu udara mencapai 35 derajat celsius. Kombinasi dari kondisi geografis dan gerak semu harian matahari merupakan faktor penyebab cuaca di Kota Semarang cenderung lebih panas daripada kota-kota lain.

8. Surabaya

8. Surabaya
Unsplash/obi industri

Surabaya memang terkenal sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia. Meski kota ini juga mendapat julukan sebagai kota terbersih di Indonesia, nyatanya suhu udara di Kota Surabaya masih terasa begitu panas dan terik.

Saat musim kemarau tiba, suhu udara di Kota Surabaya dapat mencapai 35 derajat celsius dengan sinar matahari yang sangat terik. Bahkan ketika telah memasuki musim hujan, cuaca di Surabaya tidak berubah dan masih terasa panas serta gerah.

9. Medan

9. Medan
Unsplash/raja meliala

Kota selanjutnya yang memiliki suhu udara terpanas ada Medan. Medan adalah ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara. Kota Medan merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak kelima di Indonesia.

Berada hampir di wilayah ujung dari Pulau Sumatera, Balai 1 BMKG mecatat kota ini  sebagai kota terpanas dengan suhu udara mencapai 34,8 derajat celsius.

10. Jayapura

10. Jayapura
Unsplash/Asso Myron

Terletak di Provinsi Papua bagian Timur, Kota Jayapura menjadi salah satu deretan kota dengan suhu udara atau cuaca yang panas.

Kota yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini dan terletak di teluk Jayapura ini diketahui memiliki suhu udara mencapai 34,8 derajat celsius.

Nah, itulah tadi informasi terkait 10 kota terpanas di Indonesia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Mama dan anak mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk