TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Organ Gerak pada Cacing beserta Ciri-cirinya yang Anak Perlu Ketahui

Cacing dikenal sebagai hewan panjang yang bergerak dengan cara melata

18 Agustus 2022

Organ Gerak Cacing beserta Ciri-ciri Anak Perlu Ketahui
Pexels/Karolina Grabowska

Seperti yang kita ketahui, hewan di dunia ini memiliki berbagai cara untuk begerak atau berpindah tempat. Ada yang berenang, terbang, berjalan menggunakan kaki bahkan melata.

Alat gerak pada hewan umumnya terdiri dari dua macam, yakni alat gerak pasif dan alat gerak aktif. Namun cacing hanya memiliki alat gerak aktif, karena itulah cacing berpindah tempat dengan cara melata.

Untuk mengetahui organ gerak yang dimiliki cacing secara lebih detail, simak ulasan Popmama.com mengenai organ gerak pada cacing, ciri-ciri cacing dan jenisnya di bawah ini!

Organ gerak utama cacing:

Organ gerak utama cacing
Pexels/Sippakorn Yamkasikorn

Cacing merupakan hewan yang tidak berkaki ataupun bersayap. Untuk bisa bergerak, cacing menggunakan permukaan tubuhnya. Cacing memiliki alat gerak berupa otot dan setae. Berikut ini penjelasannya:

1. Otot

Otot pada bagian tubuh cacing berfungsi untuk membantu cacing berpindah tempat. Tak hanya itu, otot juga dapat digunakan cacing untuk melakukan kontraksi atau relaksi agar bentuk cacing bisa mengerut menjadi pendek ataupun memanjang.

2. Setae

Cacing mempunyai alat gerak yang disebut setae. Setae berbentuk seperti rambut kecil yang letaknya berada di setiap segmen. Pergerakan dari setae ini diatur oleh otot melingkar dan longitudinal. Cacing mampu melenturkan setiap segmen di bagian tubuhnya, hal ini bertujuan agar cacing bisa bergerak seperti gelombang.

Ciri-ciri cacing:

Ciri-ciri cacing
Pexels/Leni

Selain mengatahui apa saja fungsi organ gerak cacing, Mama atau anak Mama juga perlu tahu bagaimana ciri-ciri cacing. Berikut ini beberapa ciri cacing:

  1. Tubuh cacing terdiri dari beberapa segmen
  2. Cacing memiliki sedikit rambut
  3. Cacing mempunyai klitelum (dimana bagian tubuh yang segmennya terlihat menyatu) sebagai alat reproduksi
  4. Cacing bersifat hemafrodit, artinya cacing memiliki alat kelamin jantan dan alat kelamin betina

Baca juga:

Jenis-jenis cacing:

Jenis-jenis cacing
Pexels/Karolina Grabowska

Cacing merupakan salah satu hewan yang berbentuk seperti tabung memanjang yang bergerak dengan cara melata. Cacing hidup di dalam tanah dan termasuk dalam kelompok hewan avertebrata.

Jenis cacing tidak hanya cacing tanah seperti yang sering kita temui. Ada juga beberapa cacing yang justru menjadi parasit yang hidup di tubuh manusia. Berikut ini jenis cacing parasit yang bisa hidup di tubuh manusia:

  1. Cacing pipih
  2. Cacing gelang
  3. Cacing beduri

Nah, itulah informasi tentang jenis-jenis cacing, organ gerak beserta fungsinya, dan ciri-ciri cacing. Semoga informasi ini bisa membuat Mama dan anak mama semakin kaya akan ilmu pengetahuan ya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk