Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Memilih Perlengkapan Sekolah Supaya Anak Semakin Semangat Belajar

Yuk Ma pilih perlengkapan sekolah yang berkualitas untuk anak!

10 Oktober 2022

Tips Memilih Perlengkapan Sekolah Supaya Anak Semakin Semangat Belajar
Pexels/Pavel Danilyuk

Sebagai orangtua, tentu ada banyak hal yang perlu disiapkan ketika anak bersekolah.  Salah satu yang tak kalah penting yakni perlu menyiapkan perlengkapan sekolah seperti tas, tempat pensil, botol minum, dan peralatan makan untuk membawa bekal makan anak ke sekolah.

Oleh karena itu, salah satu brand anak-anak asal Australia yakni Smiggle kini kembali resmi menambah cabang toko Smiggle Kiosk di Indonesia, tepatnya di lantai 3 Plaza Indonesia pada Jumat (7/10/2022).

Hadirnya toko ini tentu dapat memudahkan Mama untuk memilih dan memenuhi kebutuhan perlengkapan sekolah anak.

Lantas bagaimana cara memilih perlengkapan anak secara tepat? Berikut Popmama.com telah mengulas informasi mengenai tips memilih perlengkapan sekolah supaya anak semakin semangat belajar.

Yuk, disimak!

1. Siapkan perlengkapan sekolah anak sesuai kebutuhan

1. Siapkan perlengkapan sekolah anak sesuai kebutuhan
Pexels/Katerina Holmes

Ketika anak memasuki masa sekolah, Mama perlu menyiapkan banyak hal. Mulai dari memastikan si Kecil memiliki semua yang mereka butuhkan untuk memudahkan berkegiatan di sekolah.

Misalnya apabila anak mama baru akan masuk TK pastinya akan membawa botol minum atau makanan camilan sebagai bekal di sekolah.

Maka dari itu, keberadaan tas yang mempunyai kantong dan kotak bekal menjadi barang yang sangat penting guna membantu anak menaruh camilan atau pun botol minumnya.

Editors' Picks

2. Pilih perlengkapan yang sesuai dengan warna kesukaan anak

2. Pilih perlengkapan sesuai warna kesukaan anak
Popmama.com/Angeli Valencia P

Selain mengutamakan fungsi dan kebutuhan perlengkapan sekolah untuk anak, akan semakin baik juga apabila Mama membiarkan anak memilih sendiri barang yang disukai.

Tentu saja sangat menyenangkan melihat si Kecil memakai tas dan perlengkapan sekolah yang lucu serta memiliki warna-warna yang menarik pula.

Contohnya seperti produk yang ditawarkan oleh Smiggle saat melakukan opening store Smiggle Kiosk di Plaza Indonesia.

"Nama Smiggle sendiri berasal dari filosofi brand-nya, "Where a smile meets a giggle, it's the world's greatest place," yang diwujudkan dalam berbagai desain produknya yang modern dan penuh warna-warni," tutur Fannie Gozali selaku Merchandising General Manager MAP Active Kids Division.

Melalui banyak pilihan warna dan model, brand asal Australia ini memberikan kebebasan pada anak mama untuk memilih bermacam produk seperti pilihan backpack dan backpack trolley yang didesain penuh warna-warni tetapi tetap terlihat elegan

3. Libatkan anak saat memilih seluruh perlengkapan sekolahnya

3. Libatkan anak saat memilih seluruh perlengkapan sekolahnya
Popmama.com/Angeli Valencia P

Momen berbelanja kebutuhan perlengkapan sekolah bersama dengan anak akan terasa lebih efektif sekaligus seru apabila anak dapat secara langsung memilih sendiri berbagai macam produk yang tersedia di sebuah toko.

Ajak anak untuk secara langsung berkomunikasi dan mempertimbangkan barang yang dibutuhkan bersama Mama.

Hal ini bertujuan supaya anak puas dengan barang yang dipilih dan membuat Mama tidak merasa sia-sia atau menyesal setelah membelikan perlengkapan sekolah untuk anak.

Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi Mama untuk mengajak anak berbelanja kebutuhan perlengkapan sekolah di toko Smiggle Kiosk.

Smiggle hadir dengan ide untuk menyediakan koleksi dan inovasi terbaru setiap bulannya di Smiggle Kiosk. Smiggle menawarkan berbagai perlengkapan sekolah dan stationery seperti backpack, backpack trolley, kotak pensil, botol minum, hingga lunchbox.

“Smiggle ini setiap bulan akan terus menghadirkan barang atau koleksi dengan inovasi baru,” ucap Dea, Manager Brand Smiggle.

Dengan adanya bermacam perlengkapan ini, anak mama berkesempatan untuk memilih apa saja hal yang mereka butuhkan untuk sekolah.

4. Gunakan perlengkapan yang aman dan nyaman

4. Gunakan perlengkapan aman nyaman
Popmama.com/Angeli Valencia P

Tips yang tak kalah penting saat memilih perlengkapan sekolah bagi anak adalah memastikan anak menggunakan barang yang nyaman dan aman.

Jauhkan anak mama dari perlengkapan sekolah yang dapat membahayakan diri dan mengakibatkan tubuh anak sakit atau terluka. Pastikan juga pilih barang yang nyaman dan mudah dipakai oleh anak.

Contohnya saat memilih tas untuk anak. Bantalan bahu yang tebal pada sebuah tas dapat membuat si Kecil nyaman membawa beban berat yang berada di tasnya.

Sebaliknya, apabila bantalan bahu tipis atau bahkan tidak ada, maka anak akan merasa mudah pegal dan kesakitan pada bahu saat mengguanakan tasnya.

5. Pilih perlengkapan sekolah yang awet

5. Pilih perlengkapan sekolah awet
Pexels/Katerina Holmes

Untuk meminimalisir pengeluaran berkali-kali, Mama perlu secara tepat memilih perlengkapan sekolah yang awet untuk anak dengan cara memilih barang dengan kualitas yang bagus.

Pikirkan penggunaan jangka panjang. Belilah barang-barang berkualitas yang akan bertahan lebih dari satu tahun ajaran sekolah.

Anggap saja hal ini sebagai sebuah investasi ya, Ma. Semakin lama perlengkapan sekolah milik anak bertahan, semakin banyak uang yang dapat Mama simpan untuk bisa digunakan di tahun-tahun sekolah berikutnya.

Nah, itulah ulasan terkait tips memilih perlengkapan sekolah supaya anak semakin semangat belajar. Mama sekarang juga dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan perlengkapan sekolah anak dengan  banyaknya pilihan, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk