Obat Penurun Demam untuk Anak yang Bisa Ditemukan di Apotek

Rekomendasi obat penurun demam untuk anak

25 Oktober 2021

Obat Penurun Demam Anak Bisa Ditemukan Apotek
Pexels/Polina Tankilevitch

Si Kecil yang mengalami demam pasti akan sangat membuat Mama khawatir. Apalagi jika mereka menjadi rewel dan tidak ceria seperti biasanya.

Pada kondisi demam tinggi tersebut, Mama sebenarnya bisa memberikan obat penurun demam sebagai bentuk pertolongan pertama.

Adapun daftar obat demam yang telah Popmama.com rangkum dan bisa diberikan yaitu sebagai berikut:

1. Proris

1. Proris
Shopee.co.id

Proris merupakan obat penurun demam yang memiliki kandungan anti radang ibuprofen. Setiap 5 mililiter Proris mengandung sebanyak 100 mg formula ibuprofen.

Manfaat Proris tidak hanya untuk menurunkan demam saja, namun juga bisa meringankan sakit gigi, nyeri, dan sakit kepala.

Obat penurun demam satu ini bisa diberikan pada anak usia 1 tahun hingga 12 tahun dengan dosis yang berbeda.

2. Tempra Paracetamol

2. Tempra Paracetamol
Instagram.com/mdn_mart
tempra drops paracetamol

Bagi Mama yang mencari obat penurun demam untuk anak usia 1 tahun ke bawah, Tempra Paracetamol bisa menjadi pilihan. Ada dua kategori tahapan yang tersedia yaitu 0-2 tahun dan 2-6 tahun.

Si Kecil pasti menyukai Tempra Paracetamol karena memiliki rasa yang lezat. Perhatikan anjuran pemakaian di kemasan sebelum memberikan pada si Kecil.

3. Termorex Paracetamol

3. Termorex Paracetamol
Shopee.co.id

Termorex Paracetamol sering dijadikan sebagai rekomendasi obat penurun demam dengan harga yang terjangkau. Harga yang ditawarkan di pasaran yaitu mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 20.000.

Namun Termorex Paracetamol sendiri hanya bisa diberikan pada anak usia 1-2 tahun. Rasa jeruk yang lezat biasanya sangat disukai oleh si Kecil.

4. Praxion Paracetamol

4. Praxion Paracetamol
goapotik.com

Praxion Paracetamol adalah obat penurun demam yang dikhususkan untuk anak mulai usia 1 tahun hingga 6 tahun. Akan tetapi dosis yang diberikan berbeda-beda.

Ada dua varian yang bisa Mama pilih yaitu Praxion Forte Syrup dengan kandungan 250 mg paracetamol dan Praxion Syrup dengan kandungan 120 mg paracetamol micronized.

5. Alphamol Paracetamol Sirup

5. Alphamol Paracetamol Sirup
shopee.co.id

Obat penurun demam satu ini adalah obat yang bisa didapatkan di apotek terdekat tanpa resep dari dokter. Usia anak yang bisa mengonsumsi Alphamol Paracetamol Sirup yaitu 6 bulan hingga 12 tahun.

Bukan hanya untuk demam saja, obat ini juga bisa diberikan pada si Kecil yang sedang sakit kepala dan sakit gigi. Adanya sendok takar di dalam kemasan membuat Mama lebih mudah memberikannya pada si Kecil.

Editors' Picks

6. Sanmol Paracetamol

6. Sanmol Paracetamol
shopee.co.id/ vivaapotekofficial

Sanmol Paracetamol biasanya direkomendasikan pada anak yang demam akibat efek samping imunisasi. Selain itu, obat ini juga bisa meringankan sakit gigi dan juga sakit kepala.

Si Kecil yang berusia 1-5 tahun bisa meminumnya dengan dosis yang berbeda sesuai tahapan usia. Anak usia 1-2 tahun hanya membutuhkan 2,5-5 ml. Sedangkan anak usia 2-5 tahun membutuhkan 5-10 ml per hari.

7. Farsifen Ibuprofen

7. Farsifen Ibuprofen
shopee.co.id

Manfaat Farsifen Ibuprofen untuk anak usia 1-12 tahun yaitu meredakan demam, sakit gigi, dan rasa nyeri. Meskipun begitu, obat ini tidak dianjurkan untuk anak dengan berat badan di bawah angka normal.

Efek samping setelah meminum Farsifen Ibuprofen biasanya yaitu mengantuk, pusing, mual, dan sakit perut. Hentikan pemakaian apabila ditemukan alergi pada si Kecil.

8. Mirasic Sirup Paracetamol

8. Mirasic Sirup Paracetamol
k24klik.com

Harga Mirasic Sirup Paracetamol sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 8.000 hingga Rp 10.000 saja. Manfaat yang ditawarkan obat ini yaitu menurunkan demam, sakit gigi, sakit kepala, dan juga nyeri.

Anak usia di atas 6 bulan hingga 12 tahun bisa mengonsumsi Mirasic Sirup Paracetamol.

9. Pamol Paracetamol

9. Pamol Paracetamol
shopee.co.id

Pamol Paracetamol yang bisa dikonsumsi oleh anak usia 1-5 tahun ini tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan demam saja. Obat ini juga bermanfaat untuk meredakan sakit gigi, nyeri ringan akibat gigi yang tumbuh, serta sakit kepala.

Berikan Pamol Paracetamol saat Si Kecil dalam keadaan panas tinggi dan setelah makan. Hanya dengan sekitar Rp 30.000 sampai Rp 35.000 saja Mama sudah bisa mendapatkan Pamol Paracetamol.

10. Panadol Anak-Anak

10. Panadol Anak-Anak
Dok. Panadol

Panadol Anak-Anak bisa langsung diberikan pada si Kecil yang mengalami demam. Selain itu, Mama juga bisa melarutkannya terlebih dahulu dalam air hangat, baru diberikan pada anak.

Obat ini aman untuk anak karena tidak mengandung alkohol.

11. Bufect

11. Bufect
blibli.com

Usia anak yang boleh mengonsumsi obat penurun demam ini yaitu mulai dari 3 tahun hingga 12 tahun. Kandungan ibuprofen dalam Bufect bisa membantu menurunkan demam pada si Kecil.

Bukan hanya oleh anak-anak saja, Bufect ternyata juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun tentu saja dosis yang diberikan untuk anak dan orang dewasa berbeda.

12. Hufagripp TMP

12. Hufagripp TMP
bukareview0.tumblr.com

Hufagripp TMP sering dijadikan pilihan para Ibu yang ingin menurunkan demam si Kecil. Anak usia 1-12 tahun bisa mengonsumsi sesuai dengan dosis masing-masing usia.

Selain menurunkan demam, Hufagripp TMP juga bermanfaat untuk meringankan nyeri, sakit kepala, dan sakit gigi.

Itulah 12 macam obat penurun demam yang bisa Mama berikan pada si Kecil. Segera bawa si Kecil ke dokter apabila demam tidak kunjung turun meskipun sudah diberi obat penurun demam.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.