Inilah 5 Manfaat Baik dari Bermain Drum pada Anak

Hmm, siapa tahu nanti anak juga bisa jadi drummer ternama

9 Maret 2019

Inilah 5 Manfaat Baik dari Bermain Drum Anak
Freepik/lunamarina

Tahukah Ma? Bagi anak bermain drum itu sangatlah menyenangkan. Namun untuk beberapa orang yang kurang begitu menyukai musik, drum hanya alat musik menghasilkan suara berisik.

Nah, di sisi lain memiliki kepiawaian memainkan drum adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Dengan begitu orangtua pun tentunya sangat bangga jika anaknya dapat bermain drum.

Dengan sering menggebuk drum, maka ada manfaat baik untuk kebugaran, lho. Mau tahu apa saja manfaat anak dari bermain drum? Berikut 5 rangkumannya dari Popmama.com!

1. Mengatasi stres pada anak

1. Mengatasi stres anak
Unplash/David Martin

Anak yang suka bermain drum ternyata bisa menjadi sarana untuk merilekskan tubuhnya.

Saat ia menggebuk drum, maka pikiran dan perasaannya jadi lebih tenang. Sehingga dapat menjauhkan mereka dari stres.

Di mana stres merupakan masalah yang muncul pada mental seseorang, termasuk anak-anak.

Jadi bermain drum, bisa menurunkan tingkat stres dan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dalam darah yang menjadi salah satu faktor pembalikan dari respon hormon stres.

Dengan bermain drum maka ia bisa melawan perasaan stres yang ada pada dirinya, entah itu anak stres karena faktor pelajaran di sekolah atau lingkungan.

2. Meningkatkan sistem imun anak

2. Meningkatkan sistem imun anak
Freepik

Dari permainan drum, tentunya kita dapat melihat bahwa saat anak bermain drum maka akan mengeluarkan energi. Dimana selama menggebuk drum pastinya melibatkan aktivitas fisik secara terus menerus dengan tempo cepat. Oleh sebab itu bermain drum setara dengan berolahraga yang dapat meningkatkan kesehatan fisiknya.

Manfaat kesehatan dari bermain drum pun bisa melatih otot-otot tubuh anak dan sirkulasi darahnya pun tetap lancar. Dengan begitu bermain drum membuat sistem kekebalan tubuhnya jadi lebih tinggi, sehingga bisa melawan beberapa penyakit.

Editors' Picks

3. Memperkuat pendengaran

3. Memperkuat pendengaran
Freepik/evening_tao

Ma, salah satu cara terbaik dalam memberikan kegiatan untuk tumbuh kembang anak yakni dengan cara yang menyenangkan.

Bermain drum merupakan cara tepat untuk proses perkembangan pada pendengarannya, karena drum sebuah alat musik yang menghasilkan suara cukup keras.

Di sisi lain, bagi anak yang memiliki gangguan pendengaran pun bisa terbantu dengan bermain drum.

Saat memukul drum sesuai keras atau lemahnya bunyi drum, maka berguna untuk melatih kekuatan sistem pendengaran pada si Kecil.

Selain itu ia pun akan belajar mengenai kuat atau lemahnya bunyi drum berdasarkan kekuatan pukulan yang ia lakukan, sehingga anak belajar mengatur irama maupun ritme.

4. Merangsang kecerdasan anak

4. Merangsang kecerdasan anak
Freepik

Apakah anak masih gedebak-gedebuk cara memainkan drum?

Hmm, pasti membuat bising rumah bukan. Namun saat anak mengekspresikan diri melalui alat musik drum, ternyata dapat mengasah seni dan kecerdasan otaknya.

Dengan ritme musik drum akan melatih kecerdasan kognitifnya melalui penghitungan jeda pukulan dan jenis drum yang harus ia pukul.

Selain itu bermain alat musik drum juga dapat merangsang IQ anak, lho. Hal ini dikarenakan saat ia bermain drum maka akan menggerakkan seluruh anggota tubuhnya dan menjaga irama atau ritmenya, sehingga otak berproses lebih cepat.

5. Melatih konsentrasi anak

5. Melatih konsentrasi anak
Freepik/bignai

Ternyata Ma, drum adalah alat musik yang lebih mudah dipelajari oleh anak.

Melalui alat musik pukul ini, mereka akan mempelajari ketukan terlebih dahulu. Saat bermain drum ia pun akan mengenal tempo yang lambat atau cepat.

Nah, manfaat belajar bermain drum pun membantu melatih konsentrasinya melalui ketukan maupun ritme pada drum yang ia mainkan.

Sedangkan untuk waktu yang cukup lama, anak mampu melakukan gerakan berulang yang sesuai dengan ketukannya dengan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Sebab tanpa konsentrasi, irama yang dimainkan pun akan kacau. Semakin ia piawai bermain drum, itu artinya konsentrasi yang ia miliki bertambah baik.

Demikianlah 5 manfaat mainan drum untuk anak. Jangan pernah putus dalam mendukung kegiatannya ya, Ma!

Baca juga: