Pandemi Belum Usai, Ini 5 Cara Dukung Belajar Si Kecil dari Rumah

Bikin si Kecil nggak bosen lagi

25 Februari 2021

Pandemi Belum Usai, Ini 5 Cara Dukung Belajar Si Kecil dari Rumah
Shutterstock/Creativa Images

Aduh, memang ya Ma, pandemi membuat si Kecil harus belajar online dulu. Tapi, Mama tahu kan kalau anak yang belajar online butuh konsentrasi dan fokus yang cukup. Nggak sedikit Ma si Kecil jadi malas dan rewel karena harus menatap layar terus. Nah, Popmama kali ini ingin share nih tentang tips agar Mama bisa siapkan beberapa hal ini dulu sebelum si Kecil sekolah online. Keep scrolling ya, Ma!

1. Pastikan tempat belajar nyaman bagi si Kecil

1. Pastikan tempat belajar nyaman bagi si Kecil
Shutterstock/DONOT6_STUDIO

Di tengah sistem pembelajaran jarak jauh, rata-rata siswa bisa menghabiskan 5-7 jam di depan layar, Ma. Oleh karena itu Mama perlu pastikan dulu tempat belajar bisa nyaman bagi anak. 

Mama bisa dengan menyiapkan meja dan kursi untuk si Kecil. Lalu berada di ruangan yang minim distraksi seperti suara TV, musik, dan percakapan yang terlalu keras. Sebab, tentu saja akan mengganggu proses belajarnya. Tapi, Mama bisa banget sesuaikan dengan keinginan anak yang nyaman menurutnya seperti apa. Dengan begitu si Kecil bisa menangkap ilmu dengan maksimal!

Editors' Picks

2. Siapkan semua peralatan untuk menunjang sekolah online

2. Siapkan semua peralatan menunjang sekolah online
Shutterstock/People Image Studio

Setelah itu, Mama perhatikan juga peralatan seperti handphone atau laptop yang bisa menunjang pembelajaran si Kecil. Pastikan juga bisa berfungsi dengan baik terutama perangkat komunikasi seperti audio dan visualnya. Karena itu merupakan hal yang paling penting anak bisa belajar dengan maksimal.

Oh iya, Ma, tentu yang tak boleh terlupakan adalah akses internet yang mumpuni agar tidak putus-putus saat belajar. Bisa saja hal itu dapat membuat anak nggak bisa maksimal dalam menyerap ilmu. Tak perlu khawatir, saat ini banyak juga yang menawarkan paket internet yang mantap dan tanpa gangguan untuk aktivitas online.

3. Sebelum mulai, ajak si Kecil untuk sarapan dulu

3. Sebelum mulai, ajak si Kecil sarapan dulu
Shutterstock/all_about_people

Ini juga jangan dilupakan ya, Ma! Sebab, menurut Colleen Halupa (2016) dalam studinya The Impact of Online Learning and Technology on Student Physical Mental Emotional and Social Health menjelaskan bahwa salah satu dampak penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat. 

Nah, Mama perlu pastikan nih pentingnya asupan gizi si Kecil terutama saat sarapan. Nggak perlu khawatir, Ma. Untuk menjawab kebutuhan tersebut Nestlé Breakfast Cereals berkomitmen untuk menjadikan sarapan si Kecil lebih baik dengan menghadirkan KOKO KRUNCH Nutrismarta yang mengandung gandum utuh yang terdiri dari tiga bagian yakni kulit, endosperma, dan inti. Sehingga mengandung lebih banyak serat, vitamin B, karbohidrat dan protein bila dibandingkan dengan gandum sosoh. Gandum utuh ini juga digunakan sebagai bahan baku utama lho Ma di KOKO KRUNCH Nutrismarta.  

Tak hanya itu, KOKO KRUNCH Nutrismarta juga diperkaya dengan kombinasi vitamin B2, B3, B5, B6, dan B9 serta zat besi yang dapat membantu proses metabolisme energi serta membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hidangkan dengan susu dan buah untuk melengkapi kandungan gizinya dan agar lebih nikmat Ma! Coba deh lihat varian kreasinya di @nestlebreakfastcerealsid. Si Kecil pasti suka! Oh iya, KOKO KRUNCH Nutrismarta juga unik karena serealnya berbentuk kepala KOKO. Lucu banget. Mama bisa dapatkan KOKO KRUNCH Nutrismarta di sini, Ma!

Lengkap ‘kan, Ma? Ini tentu cocok bagi anak sebelum melakukan aktivitas belajar online. Jangan lupa berikan sarapan bergizi seimbang setiap hari. Ingat, KOKO dulu baru sekolah! Jika ingin tahu lebih lengkap dari #KOKOKrunchNutrismarta ini, Mama bisa ikutan IG Live di Popmama pada Kamis, 25 Februari 2021 pukul 11.00 WIB bersama pakar gizi untuk menjelaskan kandungan lengkap dari KOKO KRUNCH Nutrismarta. Eits, Mama juga bisa ajukan pertanyaan juga lho. Set reminder-nya ya biar nggak ketinggalan!

4. Dampingi proses belajarnya

4. Dampingi proses belajarnya
Shutterstock/airdone

Semenjak pandemi, terkadang si Kecil perlu didampingi dalam pembelajarannya. Agar anak nggak cepat bosan Mama bisa menggunakan mainan favoritnya sebagai alat pengajaran agar lebih menyenangkan. 

Selain itu, Ma, jika si Kecil sudah terlihat bosan dan sudah tidak fokus boleh banget untuk istirahat sejenak, bermain, atau melakukan aktivitas fisik agar semangat anak terisi kembali dan siap untuk belajar. 

Nah, untuk aktivitas fisik, Mama boleh juga lho ajak si Kecil mengikuti gerakan KOKO dance untuk memulai belajar online di pagi hari atau di sela istirahat si Kecil. Gerakan mudah dan musiknya bikin anak ceria. Mama bisa akses di Instagram TV dan @nestlebreakfastcerealsid. Cobain deh, Ma, buat gerakan KOKO dance. Cek di sini dan jangan lupa share ya! Pasti seru!

5. Awasi anak dari penggunaan sosial media dan game

5. Awasi anak dari penggunaan sosial media game
Shutterstock/TheVisualsYouNeed

Tak dapat dipungkiri belajar dari rumah membuat si Kecil banyak waktu yang lebih fleksibel. Tetapi, bukan berarti screen time yang diperbolehkan untuk anak adalah untuk bersosial media dan bermain game

Karena game saat ini menjadi cara untuk anak bermain virtual bersama teman sebayanya, jadi penggunaannya cenderung lebih lama. Mama harus awasi ya durasinya. Mama bisa mengajak si Kecil untuk melakukan aktivitas lain seperti berkebun, memasak bersama, menggambar atau membuat mainan atau craft yang belajar dari tutorial di Youtube. Itu juga gak kalah asik! Oh iya, kasih tahu teman-teman yang lain ya, Ma tentang artikel ini. Karena sharing is caring! (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.