7 Fakta Planet Neptunus, si Biru sang Pembuat Masalah yang Menarik

Neptunus merupakan salah satu planet yang memiliki warna biru seperti bumi

19 Oktober 2021

7 Fakta Planet Neptunus, si Biru sang Pembuat Masalah Menarik
infoastronomy.org

Neptunus merupakan salah satu planet yang juga dijuluki planet biru selain bumi. Planet ini juga disebut sebagai planet pembuat masalah karena menganggung orbit dari planet yang berada disekitarnya.

Planet ini memiliki medan gravitasi sebesar 11,15 m/s² dengan medan magnetnya sebenar 27 kali kekuatan medan magnet bumi. Karena memiliki kekuatan yang besar ini pula membuat Neptunus serang sekali mengganggu planet yang berada di dekatnya, yaitu Uranus.

Dulunya juga diperkirakan terdapat sebuah bulan besar di Neptunus yang diperkirakan merupakan sebuah planet kecil yang dapat mengorbit matahari di dekat neptunus. Bulan ini disebut dengan Triton.

Planet Neptunus berada di letak yang paling jauh dari matahari. Selain itu, planet ini juga memiliki nama yang berasal dari Dewa Laut Romawi. Planet ini juga memiliki diameter terbesar keempat di massa tata surya.

Berikut Popmama.com sudah merangkum fakta menarik dari planet Neptunus yang perlu kamu ketahui.

1. Diambil dari nama Romawi Kuno

1. Diambil dari nama Romawi Kuno
Freepik/wirestock

Nama Neptunus diambil dari nama Dewa Laut Romawi menggunakan nama yang sama. Pada awalnya planet ini diberi nama Le Verrier. Nama ini diambil dari Jean Joseph Le Verrier, ia merupakan seorang astronom yang pertama kali menemukan planet ini.

Kemudian, namanya diubah menjadi Dewa Neptunus karena memiliki warna baru seperti warna lautan. Nama ini juga dipercayakan dalam Romawi Kuno.

2. Ditemukan dengan tidak sengaja

2. Ditemukan tidak sengaja
Freepik/macrovector

Neptunus memiliki lokasi yang sangat jauh dari matahari dan juga bumi. Selain itu, keberadaannya pun juga sangat sulit ditemui pada malam hari.

Galileo, merupakan orang yang pertama melihat planet ini. Semula ia pun menganggap Neptunus adalah bintang dan bukan sebuah planet. Keberadaan planet ini ditemukan oleh para ilmuwan yang sedang memperhatikan orbit Uranus yang tidak beraturan.

Hal inilah yang akhirnya menimbulkan berbagai spekulasi bahwa terdapat planet lain yang sedang berusaha menarik Uranus agar dapat lebih dekat dengannya.

Tak berlangsung lama, spekulasi ini ternyata menjadi kenyataan yang akhirnya Neptunus pun ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 1846.

Editors' Picks

3. Mempunyai usia yang sama dengan matahari

3. Mempunyai usia sama matahari
Pexels/Pixabay

Fakta menarik lainnya yang ditemukan pada planet Neptunus yaitu mengenai usianya. Planet Neptunus memiliki usia yang lebih tua dibandingkan dengan bumi, yaitu berusia 1 miliar tahun lebih tua dari bumi.

Bumi sebagai tempat tinggal dari umat manusia memiliki usia sekitar 4,5 miliar tahun, sementara untuk planet Neptunus sendiri memiliki usia sekitar 4,6 tahun. Dengan kata lain, planet ini memiliki usia yang hampir sama dengan usia matahari.

4. Termasuk planet paling jauh dan yang paling lama

4. Termasuk planet paling jauh paling lama
Freepik/macrovector

Neptunus termasuk dalam planet yang letaknya berada paling ujung dari tata surya. Sebelumnya Pluto sempat disebut sebagai planet yang paling jauh, namun pada tahun 2006, International Astronomical Union akhirnya menetapkan bahwa pluto merupakan planet terkecil.

Karena hal inilah akhirnya membuat Neptunus ditetapkan sebagai planet yang memiliki letak terjauh dalam tata surya.

Selain itu, planet juga merupakan planet yang lebih lambat dibandingkan dengan planet lainnya. Hal ini karena planet ini dalam sekali orbit Neptunus membutuhkan waktu sekitar 164,8 tahun pada waktu bumi.

5. Memiliki julukan sebagai planet biru

5. Memiliki julukan sebagai planet biru
solarsystem.nasa.gov

Tidak hanya bumi, planet Neptunus juga memiliki julukan sebagai planet biru karena mempunyai atmosfer yang terdiri dari helium dan juga hidrogen. Atmosfer yang terdapat pada Neptunus terdiri atas metana, amonia, air dan juga es.

Kandungan metana yang terkandung ini juga membuat Neptunus menjadi planet yang berwarna biru.  Selain itu, susunan atmosfer dan juga lautan menutupi sekitar 70% permukaan planet ini.

6. Selalu menyebabkan masalah

6. Selalu menyebabkan masalah
theconversation.com

Planet Neptunus ini juga sering disebut sebagai planet yang selalu menyebabkan masalah. Hal ini karena planet ini selalu dapat menarik salah satu satelit alami Triton agar dapat mendekat pada permukaan planet ini.

Ini diakibatkan karena Neptunus merupakan planet kedua yang mempunyai daya gravitasi yang kuat setelah Jupiter. Maka tidak heran apabila planet ini diberi julukan sebagai Si Pembuat Masalah.

7. Memiliki badai yang menakutkan

7. Memiliki badai menakutkan
nasa.gov

Badai merupakan salah satu fenomena alam yang dapat mengakibatkan banyak kerugian. Tidak hanya di Bumi, Neptunus ternyata juga memiliki badai dan badai tersebut diketahui lebih kuat dan menakutkan dibandingkan badai yang ada di Bumi.

Badai yang terdapat di Neptunus pertama kalinya ditemukan oleh Voyager 2 pada tahun 1989 yang pada saat itu terbang secara khusus untuk meneliti planet ini lebih dalam.

Voyager 2 pun menemukan fakta bahwa terdapat dua dark spots atau titik biru gelap yang diketahui sebagai badai besar yang pernah terjadi di Neptunus. Salah satu dari badai ini pun juga memiliki ukuran sebesar bumi serta memiliki angin yang paling kencang dengan kecepatan 1.340 km per detik.

Nah, itulah penjelasan mengenai fakta menarik dari planet Neptunus yang wajib anak mama ketahui.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.