5 Cara Mudah Ajari Si Kecil Berpuasa, Ramadan Makin Berwarna

Yuk para Mama ajak si Kecil belajar puasa sejak dini

28 Mei 2019

5 Cara Mudah Ajari Si Kecil Berpuasa, Ramadan Makin Berwarna
Shutterstock/People Image Studio

Menjalani bulan puasa, biasanya jadi momen yang paling ditunggu bagi sebagian besar orang, termasuk para Mama di rumah. Berbagai alasan pun mereka ungkapkan, salah satunya adalah sebagai momentum yang tepat untuk mengajari si Kecil berpuasa. Mungkin Mama dibuat bingung bagaimana mengajari si Kecil berpuasa untuk pertama kalinya. Tenang, berikut ini cara mudah untuk mengajak si Kecil untuk berpuasa bersama.

1. Bikin menu sahur dan berbuka yang menarik

1. Bikin menu sahur berbuka menarik
Shutterstock/vkuslandia

Pasti untuk para Mama sering dibuat kebingungan saat nafsu makan anak menurun. Apalagi jika harus ikut berbuka dan sahur, namun anak susah makan. Padahal asupan gizi adalah hal penting untuk diperhatikan agar ia tetap kuat puasanya. Tenang, Mama bisa mulai membuatkan menu yang menarik hati anak untuk berbuka dan sahur.

Beberapa menu bisa dihias semenarik mungkin. Bisa juga menggunakan bahan makanan favorit anak. Dijamin, minat anak untuk berpuasa bersama keluarga bisa meningkat.

2. Nggak masalah kalau harus puasa setengah hari dulu

2. Nggak masalah kalau harus puasa setengah hari dulu
Shutterstock/arapix

Belajar berpuasa untuk anak tak perlu langsung harus satu hari full seperti orang dewasa. Ajari anak untuk berpuasa setengah hari, paling tidak ia sudah mencoba untuk ikut serta dalam ibadah puasa, ya 'kan Ma? Siapa tahu kalau tahun ini mereka sudah belajar puasa setengah hari, puasa di tahun depan bisa langsung full 1 hari. 

Editors' Picks

3. Membiasakan minum susu sebelum tidur dan saat sahur

3. Membiasakan minum susu sebelum tidur saat sahur
Shutterstock/A3pfamily

Pastikan asupan gizi anak terpenuhi ya Ma. Mama bisa membantu lengkapi asupan nutrisi anak dengan memberikan segelas DANCOW FortiGro sebelum tidur dan saat sahur, supaya ia tetap semangat dan tidak lemas lagi deh meski seharian berpuasa. Mama juga jadi tenang, karena anak tetap bisa fokus belajar di sekolahnya dengan baik.

5 Cara Mudah Ajari Si Kecil Berpuasa, Ramadan Makin Berwarna
Popmama.com/DANCOW

Kalau anak sudah dibiasakan untuk minum susu saat sahur dan sebelum mereka tidur, percaya deh Ma, pasti mereka makin siap berpuasa. Masih ada sisa waktu kok Ma buat ajari mereka, semangat!

4. Beri mereka pujian setelah lulus berpuasa

4. Beri mereka pujian setelah lulus berpuasa
Shutterstock/PR Image Factory

Tak ada salahnya ya Mama untuk memberikan pujian kepada anak saat ia berhasil menjalankan puasa. Pujian sekecil apapun pasti mampu membuat semangat anak untuk berpuasa menjadi semakin meningkat. Jangan lupa, beri anak kecupan hangat agar senyumnya semakin terpancar.

5. Berikan hadiah sebagai rewards berpuasa anak

5. Berikan hadiah sebagai rewards berpuasa anak
Shutterstock/szefei

Tak ada salahnya memberikan anak hadiah berupa baju Lebaran atau mainan di akhir bulan Ramadan. Hitung-hitung sekalian memberinya rewards sekalian baju baru untuk lebaran, ya ‘kan Ma? Dengan begitu, minat anak untuk berpuasa di Ramadan tahun depan akan muncul dengan sendirinya.

Gimana, Ma? Siap ‘kan mengajarkan anak untuk berpuasa bersama keluarga? Mama juga bisa lho follow akun Instagram @dancow untuk cari tahu tips seputar mendampingi anak berpuasa.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.