Beri Tahu Anak 8 Perbuatan Baik yang dapat Mendatangkan Rezeki

Kebaikan yang sederhana untuk dilakukan setiap hari ini bisa dipraktikkan oleh anak sejak dini, Ma

19 April 2021

Beri Tahu Anak 8 Perbuatan Baik dapat Mendatangkan Rezeki
Freepik/Paansaeng

Mengajarkan anak tentang agama sangatlah penting. Hal tersebut harus diajarkan sejak dini. Salah satunya mengajarkan anak tentang mendapatkan rezeki dari Allah SWT.

Rezeki dapat didatangkan dalam berbagai bentuk, seperti kesehatan, nikmat islam, nikmat iman, dan materi. 

Selain itu, memiliki keluarga yang baik, orangtua yang baik, teman yang baik, itu juga nikmat dan rezeki yang bisa anak peroleh.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa perbuatan baik yang bisa mendatangkan rezeki. Yuk, ajak anak mama mulai melakukannya!

1. Memberi makan hewan dan merawat tumbuhan

1. Memberi makan hewan merawat tumbuhan
bigblogofgardening.com

Manusia hidup di bumi berdampingan dengan beberapa makhluk hidup lainnya. Sebagai sesama makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT kita harus saling memperdulikan dan menyayangi.

Salah satu bentuk peduli dan kasih sayang yang dapat ditunjukkan yaitu dengan merawat tanaman dan memberi makan hewan. 

Dalam sebuah riwayat dikatakan,

"Pada setiap sedekah kepada mahluk yang memiliki hati (jantung) yang hidup, akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim). 

Dengan merawat tanaman dan memberi makan hewan maka dihitung seseorang tersebut bersedekah. Jika sudah bersedekah maka Allah SWT akan menggantikannya dengan rezeki yang berlimpah. 

2. Tersenyum 

2. Tersenyum 
Freepik/User16766420

Tersenyum. Hal yang sangat mudah dilakukan bukan? Hal sederhana ini ternyata dapat menjadi magnet pendatang rezeki lho! 

"Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama Muslim) dengan wajah yang ceria." (HR Muslim Nomor 2626)

Senyuman yang kamu berikan dan perlihatkan pada orang lain bernilai sedekah. 

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.  (HR At-Tirmidzi Nomor 1956, Ibnu Hibban Nomor 474 dan 529, dll. Dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, dan dinyatakan hasan oleh At-Tirmidzi dan Syekh Al Albani dalam Ash-Shahihah Nomor 572)"

Allah subhanahu wa ta’ala sudah menjanjikan bahwa setiap umatnya yang berinfaq maupun bersedekah di jalan Allah ta’ala, maka merka tidak akan pernah merasa berkurang hartanya. Allah akan menggantinya berkali-kali lipat dari yang ia keluarkan.

Allah berfirman dala QS Saba ayat 39,

“Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang terbaik.” (Saba’/34 : 39).
 

3. Bersedekah pada fakir miskin dan anak yatim 

3. Bersedekah fakir miskin anak yatim 
Pexels/RODNAE Productions

Anjuran untuk bersedeqah kepada fakir miskin dan anak yatim tertera dalam QS. Al-Baqarah ayat 215:

Allah Ta'ala berfirman:

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ
"Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: 'Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu, bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang yang sedang dalam perjalanan". Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha mengetahuinya." (Al-Baqarah: 215)

Dengan mengeluarkan uang untuk bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim tidak akan mengurangin rezeki kita lho, Ma!

Sebab Allah SWT akan menggantikannya dengan rezeki yang berlimpah lainnya. 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

"Harta tidak akan berkurang dengan sedekah." (HR Muslim)

Allah Ta'ala berfirman:

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Allah berfirman, “Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang terbaik.” (Saba’/34 : 39).
 

Editors' Picks

4. Melaksanakan salat duha dan membaca surah Al-Waqi'ah

4. Melaksanakan salat duha membaca surah Al-Waqi'ah
Pixabay/shzern

Melaksanakan salat Duha hukumnya adalah sunah, namun hal sunah jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan rezeki dari Sang Pencipta. 

"Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku yaitu sholat empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu." (HR. Ahmad dan Abu Ya'la).

Setelah mengerjakan salat Duha, lanjutkan dengan membaca salah satu surah dalam Al quran yakni Surah Al-Waqi'ah.

Nabi Muhammad saw bersabda,

"Barang siapa yang membaca Surah Al-Waqi'ah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

5. Membca surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas

5. Membca surat Al-Fatihah Al-Ikhlas
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Saat mengerjakan salat lima waktu pertanda kita sudah membaca 20 kali Al-Fatihah. Dengan begitu Insya Allah akan diluaskan rezekinya, dimudahkan urusan dunianya, diberikan kebahagian untuk dirinya serta keluarganya, diberikan akhlak yang baik dan lain-lain oleh Allah SWT.

Selain itu, disunahkan untuk membaca surat Al-Fatihah 40 kali setelah melaksanakan salat Maghrib. 

Diriwayatkan dari Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi didalam kitab ‘Qaddasallaahusirrahu’:

“Siapa yang punya maksud maka sebaiknya ia membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis salat Maghrib dan sunatnya, selesai itu ia ajukan permohonan hajatnya kepada Allah SWT”

Selain surat Al-Fatihah, tenyata surat Al-Ikhlas pun dapat menambah rezeki lho! Bagaimana caranya? Bacalah surah al-Ikhlas setiap memasuki rumah. Hal ini sebagaimana hadis riwayat at-Thabrani dari Jarir bin Abdullah. 

Seorang sahabat pernah mengeluhkan kemiskinan dan impitan hidup kepada Rasulullah. Lalu Rasulullah memberikan resep tersebut yakni membaca sekali surah al-Ikhlas setiap memasuki rumah.

Selain itu sebuah hadis diriwayatkan:

“Barang siapa membaca surah Al Ikhlas hingga selesai 10x, maka Allah membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” [HR. Ahmad]

6. Berbakti Kepada Orangtua

6. Berbakti Kepada Orangtua
Rawpixel/Chanikarn Thongsupa

Berbakti kepada orangtua adalah hal paling sederhana dan paling mudah dilakukan. Namun, terkadang ada saja beberapa anak yang tidak melakukannya. Cobalah berbakti kepada kedua orangtuamu dan rasakan manfaatnya.

Rasulullah SAW bersabda,

"Barangsiapa yang berbakti kepada orangtuanya, dia akan memperoleh keberuntungan yang besar dan Allah akan menambah umurnya." (HR. Ahmad dan Abu Ya'la).

7. Silaturahim

7. Silaturahim
umma.id

Bersilaturahmi bisa dilakukan dengan mengunjungi tetangga, saudara, atau kerabat dekat. Selain bisa bersenang-senang, ternyata silaturahmi dapat mendatangkan rezeki.

Rasulullah SAW bersabda,

"Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia bersilaturahim." (HR. Bukhari)

8. Bersyukur dalam setiap keadaan

8. Bersyukur dalam setiap keadaan
Popmama.com/Novy Agrina

Allah SWT telah memberikan rezeki pada masing-masing hambanya. Sebagai hambanya, kita harus mensyukuri apa yang Dia berikab, mau kecil ataupun besar. Jangan sampai khufur nikmat ya! Sebab, jika kita bersyukur dalam setiap keadaan, Allah akan menambah kenikmatan untuk kita. 

Allah SWT berfirman,

"Dan ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka Aku pasti tambah (kenikmatan) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim [14]:7).

Nah itulah 8 amalan sederhana yang termasuk perbuatan baik yang bisa mendatangkan rezeki. Sangat mudah dilakukan oleh anak-anak dan orangtua. Yuk, mulai coba, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.