TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Kegiatan untuk Menjaga Bonding Mama dan Anak

Ciptakan hubungan yang hangat dengan anak sedari kecil dengan cara ini, Ma!

3 Oktober 2022

7 Kegiatan Menjaga Bonding Mama Anak
Freepik/Racool_studio

Hubungan kedekatan antara Mama dan Anak biasanya akan semakin renggang seiring berjalannya waktu. Terlihat dari kecil biasanya anak-anak pasti sangat lengket dengan Mama, melakukan berbagai hal harus bersama dengan mama. 

Namun, ketika anak sudah tumbuh besar dan memasuki bangku sekolah, terkadang hubungan antara mama dan anak merenggang.

Biasanya, mereka mulai disibukkan dengan bermain bersama teman sekolah, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya sehingga hubungan dengan mama tidak selekas semasa kecil. 

Jika renggangnya hubungan antara mama dan anak tetap dibiarkan, maka akan membuat anak tumbuh dengan keadaan cemas, takut dan bahkan bisa tidak percaya diri.

Itu karena munculnya rasa khawatir akan membuat kesalahan saat melakukan sebuah tindakan. Anak juga belum kenal betul siapa dirinya. 

Berbagai kondisi tersebut membuat Milkita menginisiasi campaign  #MyKidsMyFriends untuk membantu para mama memiliki hubungan erat dengan anaknya.

Tidak hanya menjadi orangtua, Mama juga diajak menjadi teman untuk anak-anaknya agar dapat dipercaya oleh sang Anak. 

“Kami terinspirasi dari kisah perjalanan para Ibu yang gigih untuk membangun hubungan dekat dengan si Kecil ditengah kesibukan rumah tangganya. Kami berharap melalui campaign ini, Milkita bisa menjadi perantara dan solusi bagi para Ibu untuk membangun ikatan dengan si Kecil. Secara emosional, kami ingin Ibu juga tidak merasa sendiri dalam mengarungi perjalanan untuk membesarkan si Kecil karena Milkita akan selalu ada membantu para Ibu,” ujar Anastasia A. R., Marketing Communication Manager PT United Family Food (UNIFAM).

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum 7 kegiatan menjagabonding mama dan anak. Simak dan praktikan di rumah yuk, Ma! 

1. Buat jadwal untuk bermain bersama secara rutin

1. Buat jadwal bermain bersama secara rutin
Freepik/Frimufilms

Semakin tumbuh besar, aktivitas anak semakin banyak. Hal ini kerap membuat hubungan Mama dan si Anak merenggang. 

Untuk menjaga bonding dengan anak-anak, Mama dapat membuat jadwal bermain bersama mereka secara rutin. Alangkah baiknya jadwal ini dibuat bersama-sama untuk merundingkan kapan waktu yang tepat untuk bermain bersama. 

Misalnya, Mama memiliki waktu luang di hari Minggu sementara anak memiliki jadwal kosong di hari Sabtu dan Minggu. Maka, pilihlah hari Minggu untuk bermain bersama. 

Permainan yang dilakukan bisa beraneka ragam, seperti monopoli, ular tangga, kartu UNO, dan lain sebagainya. Sambil bermain Mama dan anak-anak pasti akan bercanda dan tertawa sehingga kedekatan di antara keduanya akan terus terjaga. 

2. Membersihkan rumah

2. Membersihkan rumah
Freepik

Kegiatan lain yang bisa Mama lakukan untuk menjaga bonding dengan anak yakni dengan membersihkan rumah. Kegiatan ini sekaligus membantu melatih kemandirian anak-anak. 

Misalnya, saat weekend semua anggota keluarga bergotong royong membersihkan halaman rumah. Satu sama lain saling membantu sehingga mempererat hubungan kekeluargaan, termasuk bonding antara Mama dengan Anak. 

Editors' Picks

3. Memasak bersama

3. Memasak bersama
Freepik/tirachardz

Memasak juga dapat menjaga bonding Mama dengan Anak lho! Selama memasak, Mama dan si Anak pasti saling mengobrol terkait masakan yang dibuat. Misalnya, membicarakan langkah apa yang selanjutnya harus dikerjakan, potongan atau cara memasak sudah benar atau belum, dan lain sebagainya. Dengan demikian, selalu ada percakapan antara Mama dan anak-anak setiap hari sehingga hubungan tetap dekat dan hangat. 

4. Melakukan makan malam bersama secara rutin

4. Melakukan makan malam bersama secara rutin
Freepik/prostooleh

Makan malam bersama bisa menjadi agenda untuk menjaga bonding Mama dengan anak-anak. Sebab, makan malam bersama dapat Mama manfaatkan sebagai kegiatan bertukar cerita. 

Kegiatan ini dapat Mama lakukan setelah makan malam selesai. Mama dan anak-anak memakan camilan sambil dapat bercerita tentang apa saja kegiatan yang dilakukan pada hari ini. Selain itu, Mama juga dapat bertanya pada anak-anak apa ada kesulitan yang sedang mereka hadapi serta bantuan apa yang mereka butuhkan. 

Kegiatan ini membuat Mama dan Anak mengetahui keadaan satu sama lain dan menjadi lebih dekat. Dengan begitu anak tidak akan canggung dan menjauh dari Mama. 

5. Berolahraga

5. Berolahraga
Pexels/Gustavo Fring

Olahraga dapat menyehatkan tubuh dan hubungan antara Mama dan Anak lho! Mama dapat mulai melakukan olahraga yang disukai oleh anak-anak. Misalnya, si Anak senang berlari, maka Mama dan Anak dapat berlari berkeliling sekitar rumah. Contoh lainnya, Anak senang senam karena ada lagu-lagu yang seru, Mama dapat melakukannya di dalam rumah sambil memutar lagu favorit si Anak. 

Setelah berolahraga, Mama dapat mengajak Anak melakukan pendinginan sambil berbincang-bincang santai seperti bertanya perasaannya setelah melakukan olahraga bersama, olahraga apalagi yang ingin ia lakukan, dan lain sebagainya. 

6. Mendongeng

6. Mendongeng
Freepik/Gpointstudio

Mama dapat menjaga hubungan dengan Anak melalui aktivitas mendongeng. Di sini, Mama dan Anak padsti akan berdiskusi terlebih dahulu dongeng apa yang ingin dibawakan, bagaimana cara menyampaikan cerita dongengnya, dan hal-hal lain. 

Dengan demikian, kerja sama dan bonding Mama dengan si Anak tetap terjaga walaupun sama-sama memiliki kesibukan. 

7. Melakukan aktivitas seru di luar rumah

7. Melakukan aktivitas seru luar rumah
Dok. Milkita

Terakhir, Mama dapat mengikuti  kegiatan yang dilakukan oleh Mama Sally (@sallymardiyyaa) dan Mama Kalvin (@kalvinsiska22). Melalui live Instagram mingguan yang diadakan oleh Milkita dalam rangka memperluas campaign #MyKidsMyFriends, kedua mama ini bercerita jika mereka melakukan bonding bersama anak-anak melalui aktivitas seru di luar rumah. 

Mama Sally kerap mengadakan piknik di Taman bersama Anak dan saling bercerita tentang betapa sang Anak ingin sekali menjadi dokter ketika dewasa nanti.

Sementara Mama Kalvin melakukan bonding bersama Anak dengan mengajaknya berkunjung ke Laut dan Pantai.

Mama juga bisa melakukan bonding di luar rumah dengan Anak seperti yang dilakukan oleh Mama Sally dan Mama Kalvin.

Jika Mama merasa bingung memilih tempat yang dituju, Mama dapat bertanya pada anak-anak tempat apa yang sedang ingin mereka kunjungi. 

Setelah selesai berkegiatan di luar, Mama juga bisa menanyakan kesan dan apa yang anak mama rasakan di hari itu. Bergurau sambil ngobrol adalah waktu yang mudah diingat oleh anak. 

Nah itulah 7 kegiatan menjaga bonding mama dan anak. Dari ketujuh kegiatan di atas, sebenarnya kuncinya hanya satu yakni meluangkan waktu yang Mama punya untuk si Anak. 

Kira-kira kegiatan apa nih yang ingin Mama lakukan terlebih dahulu untuk menjaga bonding dengan Anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk