Mengajarkan Anak Tata Cara, Niat, dan Keutamaan Salat Qobliyah Subuh

Mengajarkan anak menambah amalan dengan cara mengerjakan hal-hal yang disunahkan

17 April 2021

Mengajarkan Anak Tata Cara, Niat, Keutamaan Salat Qobliyah Subuh
Freepik/Raw Picture

Mulai ajarkan anak Mama untuk melakukan hal-hal sunah yang dianjurkan oleh islam. Salah satunya salat Qobliyah Subuh. 

Salat Qobliyah Subuh adalah salat sunah dua rakaat yang dilakukan sebelum mengerjakan salat subuh. 

Mengerjakan salat sunah ini sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. 

Hadist Nafi dari Ibnu ‘Umar yang berkata jika Ummul Mukminin Hafshoh pernah memberikan kabar,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga shalat Shubuh. Sebelum shalat Shubuh dimulai, beliau dahului dengan dua raka’at ringan.” (HR. Bukhari no. 618 dan Muslim no. 723).

Kali ini Popmama.com akan membagikan berbagai informasi tentang Qobliyah Subuh yang diambil dari beberapa sumber. Mulai dari tata cara, niat, hingga keutamaan Qobliyah Subuh. Simak yuk Ma! 

Editors' Picks

1. Tata cara salat Qobliyah Subuh

1. Tata cara salat Qobliyah Subuh
pixabay.com/chidioc

Tata cara salat sunah ini sama dengan salat fardu dan salat sunah lainya, seperti:

1. Membaca niat salat Qobliyah Subuh
2. Membaca takbiratulihram
3. Membaca surat Al-Fatihah lalu dilanjutkan membaca surat pendek dalam Al-Quran. Pada rakaat pertama dianjurkan membaca surat pendek al-Kafirun atau al-insyirakh setelah surat Al-Fatihah. Sedangkan pada rakaat kedua dianjurkan membaca surat al-Ikhlas atau al-Fiil setelah surat Al-Fatihah.
4. Rukuk
5. Iktidal
6. Sujud
7. Duduk di antara dua sujud
8. Sujud kedua
9. Berdiri dari sujud dan melakukan rakaat kedua.  Ulang kembali tata cara di atas, mulai dari membaca Al-Fatihah hingga sujud.
10. Duduk tasyahud 
11. Mengucapkan salam, menoleh ke kanan dan ke kiri. 

Dua surat pendek dalam Al-Quran yang dianjurkan tersebut sesuai dengan hadis. 

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah pada salat sunah sebelum subuh membaca surah al-Kafirun dan surah al-Ikhlas (H.R. Muslim 726).
 

2. Niat salat Qobliyah Subuh

2. Niat salat Qobliyah Subuh
Popmama.com/Novy Agrina

Sebelum memulai salat pasti membaca niat terlebih dahulu. Hal tersebut berlaku pula saat mengerjakan salat Qobliyah Subuh. Adapun bacaan niat salat Qobliyah Subuh seperti berikut ini: 

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatash shubhi rak’ataini qabliyyatan lillaahi ta’aala.

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah ta’ala." 

3. Keutamaan salat Qobliyah Subuh 

3. Keutamaan salat Qobliyah Subuh 
Freepik/Bugphai

Ada beberapa keutamaan salat Qobliyah Subuh, antar lain:

1. Lebih baik dari dunia dan seisinya

Barang siapa yang mengerjakan sholat ini, maka ia akan memperoleh kebaikan yang nilainya lebih dari pada kebaikan seisi dunia. 

Keutamaan sholat qobliyah subuh ini  tertuang dalam hadis dari Aisyah, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Dua raka’at fajar (sholat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

2. Akan bertemu ALLAH SWT 

Salah satu cara yang dapat membantu manusia bertemu dengan Sang Pencipta adalah dengan menjaga salat Qobliyah Subuh. 

Seperti yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah SAW bersabda,

“Kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata, ‘sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah”. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

3. Selalu Dalam Perlindungan Allah SWT

Umat muslim yang melaksanakan sholat qobliyah subuh senantiasa akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Keutamaan ini ditegaskan dalam sebuah hadis.

Diriwayatkan Jundab bin Sufyan, Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa melaksanakan shalat Subuh maka ia dalam jaminan ALLAH SWT. Maka jangan coba-coba membuat ALLAH SWT membuktikan janji-NYA. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, ALLAH SWT akan menuntutnya, sehingga ia akan membenamkan mukanya kedalam neraka.” (HR Muslim).

4. Menyempurnakan salat wajib

Tak ada manusia yang sempurna. Begitupun dalam melakukan salat. Mungkin ada beberapa kekurangan di bagian-bagian tertentu saat menjalankan salat fardu. Untuk menutupi kekurangan tersebut bisa dengan mengerjakan salat sunah Qobliyah Subuh.

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah? Jika ia memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan shalat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud).

5. Mendapatkan balasan rumah di Surga

Memiliki rumah sendiri di dunia sudah sangat membuat bahagia. Apalagi bisa memiliki rumah di surga yang dibangun oleh Allah SWT, pasti kebahagiaannya akan berlipat ganda.

Keutamaan ini dijelaskan dalam hadis yang disampaikan dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha,

Istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia berkata,

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut.” (HR. Muslim).

Keutamaan-keutamaan salat Qobliyah Subuh sangat luar biasa. Mama dapat mulai mengajarkan anak-anak untuk melaksanakan salat sunah ini. Semangat terus ya Ma mendampingi dan mengajarkan anak mengerjakan hal-hal baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.