5 Pertanyaan untuk Membuktikan Anak Baik-Baik Saja saat Belajar Online

Coba beri pertanyaan ini kepada anak mama dan buktikan sendiri apakah ia baik-baik saja?

4 April 2021

5 Pertanyaan Membuktikan Anak Baik-Baik Saja saat Belajar Online
Freepik

Sudah satu tahun lebih pembelajaran tatap muka dialihkan menjadi daring (online). Apakah sistem pembelajaran ini menyulitkan anak mama? 

Walau terlihat baik-baik saja, mungkin anak mama memiliki beberapa kesulitan pembelajaran dari sekolah dipindah ke rumah.

Mama dapat menanyakan hal-hal terkait kesulitannya selama pandemi.

Mungkin ada kalanya anak mama akan menjawab "semua baik-baik saja", "aku gapapa kok", atau "aku baik-baik aja kok, Ma".

Namun, bisa jadi ia berbohong, mungkin itu bukan hal yang benar-benar anak mama rasakan. 

Coba Mama dapat menanyakan secara santai dengan beberapa pertanyaan yang ringan.

Berikut ini Popmama.com sudah membuat daftar pertanyaan yang dapat Mama tanyakan kepada anak untuk mengetahui keadaannya selama belajar di rumah.

1. Apakah kamu merasa kesulitan belajar tanpa mendengarkan penjelasan gurumu terlebih dahulu?

1. Apakah kamu merasa kesulitan belajar tanpa mendengarkan penjelasan gurumu terlebih dahulu
Freepik/karlyukav

Sistem pembelajaran jarak jauh sangat berbeda dengan belajar di sekolah. Saat pembelajaran jarak jauh, anak akan dijelaskan secara daring, baik melalui google classroom atau zoom meeting.

Saat pembelajaran secara daring, beberapa guru mungkin tidak menjelaskan secara detail. Malah ada beberapa guru mungkin yang langsung memberikan tugas tanpa memberi penjelasan. 

Hal tersebut bisa menjadi beban untuk anak mama. Sebab, bisa saja ada satu atau dua soal yang ia tidak paham karena tidak dijelaskan namun ia harus tetap mengumpulkan mengisi dan mengumpulkan soal tersebut.

Saat anak bercerita tentang masalah ini, Mama coba dengarkan dan beri empati terhadapnya. Jangan lupa beri motivasi dan dukungan yang menenangkan serta dapat membuatnya semangat.

Mama juga dapat membantunya mencari solusi, seperti memberikan rekomendasi website belajar online yang suka menjelaskan materi secara lengkap dan terperinci, atau Mama bisa saja berlangganan video pembelajaran untuk anak Mama. 

Editors' Picks

2. Apakah kamu merindukan teman-temanmu?

2. Apakah kamu merindukan teman-temanmu
Freepik/Vh-studio

Belajar sendiri mungkin sangat hening dan bisa jadi hal tersebut membuat anak Mama kesepian. Hal tersebut membuatnya merindukan teman-teman sekolahnya.

Selain itu, banyak aktivitas bersama teman sekolah yang dulu dapat dilakukan bersama-sama namun selama tidak dapat dilakukan karena harus berjauhan. 

Jika anak Mama mencurahkan isi hatinya tentang rasa rindunya dengan teman-temannya, coba tanyakan permainan apa yang ia ingin mainkan bersama teman-teman dan ajak ia bermain bersama.

Selain itu, Mama bisa juga mengundang teman-temannya yang tinggal di sekitar untuk bermain ke rumah. 

3. Apakah kamu bosan melihat ruang yang sama?

3. Apakah kamu bosan melihat ruang sama
Freepik/manupadillaphoto.dll

Ini juga menjadi salah satu pertanyaan penting yang tak boleh Mama lewatkan. Saat anak mama belajar offline atau ke sekolah, ia akan memasuki lorong sekolah, melihat kelas-kelas, dan memasuki kelasnya.

Sesampainya di kelas ia dapat duduk bersama dengan teman kelas. Mungkin saja anak mama dapat pindah dari satu tempat duduk ke tempat duduk lainnya. Atau mungkin anak mama berganti-ganti teman duduk di kelas. 

Suasana seperti di atas membuat anak tidak bosan saat belajar. Namun,bagaimana saat ini? ia harus berada di rumah, keluar masuk kamar saja.

Ia juga harus belajar secara daring dengan memandang laptop. Mama dapat menanyakan kepada anak apakah ia merasa bosan dengan melihat ruangan yang sama? 

Jika ya, yuk coba mulai dekorasi kamar dan buat suasanya lebih menarik agar anak lebih semangat belajar. 
 

4. Apakah kamu merasa lebih lelah belajar di rumah daripada di sekolah?

4. Apakah kamu merasa lebih lelah belajar rumah daripada sekolah
Freepik/odua

Hal ini sangat wajib Mama tanyakan kepada anak. Perbedaan sistem pembelajaran membuat anak merasa lelah.

Mungkin selama belajar online anak mama harus berjuang sendiri memahami materi dan soal yang diberikan oleh gurunya. 

Terkadang anak mungkin tidak langsung memahami pelajaran yang diberikan, namun ia menemui kendala setelah diberikan tugas sekolah. Ia mungkin saja kebingungan untuk mengatasinya.

Belum lagi tugas yang lama diselesaikan akan semakin menumpuk jika tidak langsung diselesaikan.

5. Apakah kamu merindukan jajanan sekolahmu?

5. Apakah kamu merindukan jajanan sekolahmu
hellosehat.com

Bel istirahat dan jam pulang sekolah adalah hal yang menyenangkan setelah anak belajar seharian. Hal yang tak kalah menyenangkan adalah membeli jajanan di sekolah bersama teman-teman. 

Tanyakan kepada anak mama apakah ia merindukan jajanan di sekolahnya. Pertanyaan ini memang sederhana, namun perlu untuk ditanyakan.

Jika anak mama benar-benar merindukan jajanan di sekolah, Mama dapat mengajaknya untuk masak bersama jajanan sekolahan. Dibuat sendiri di rumah membuat Mama tak perlu khawatir akan keamanan makanan tersebut. 

Itulah beberapa pertanyaan yang dapat Mama tanyakan kepada anak. Semoga saat menanyakan hal-hal di atas anak mama mau menjawab dengan jujur sehingga Mama dapat membantu sedikit bebannya dalam kegiatan belajar di rumah. Semangat terus ya Ma dalam mendampingi anak belajar! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.