Kembangkan Bakat Anak dengan Ikut Pencarian Bakat, Ini Kata Psikolog

Ayo coba mulai terapkan hal-hal ini pada anak-anak mama

20 Mei 2022

Kembangkan Bakat Anak Ikut Pencarian Bakat, Ini Kata Psikolog
Freepik/pvproductions

Setiap anak terlahir dengan bakatnya masing-masing. Namun, menemukan bakat tidaklah mudah, Ma. Menurut Yasinta Indrianti, M.Psi, untuk menyadari bakat anak harus bersusah payah terlebih dahulu ibarat membangun jalan tol. 

"Rata-rata orang kalau ditanya tujuannya apa, jawabnya bahagia. Nah, anggap saja bahagia itu pelabuhan Merak. Nah, jadi pelabuhan Merak itu tujuan akhir kita misalnya. Mengenali bakat, kita seperti sedang membangun jalan tol ke Merak," ujar  Yasinta dalam acara Media Gathering Yupi's Got Talent 2022, Rabu (18/5/2022).

"Membangun jalan tol itukan nggak gampang, ya. Mulai dari harus cari tempatnya, dari pembebasan tanah, dan segala macamnya kita harus mengenali dulu. Kalo orang yang ingin mengenali bakat, itu ibarat membangun jalan tol, bersusah payah dahulu," imbuhnya.

Layaknya jalan tol, bakta pun walaupun sulit pada akhirnya dapat jadi alias terlihat. Sayangnya, kadang kala ketika bakat ini sudah muncul, anak-anak atau orangtua suka langsung menjadi bingung harus melakukan apa. 

Untuk itu, berikut ini Popmama.comtelah merangkum beberapa tips mengembangkan bakat anak beserta manfaatnya menurut Yasinta Indrianti selaku psikolog. Simak yuk!

1. Jadi diri sendiri 

1. Jadi diri sendiri 
Youtube.com/Yupi Gummy

Dalam mengembangkan bakat, Yasinta Indrianti menyampaikan jika mental health anak harus tetap sehat dan terjaga. 

"Kesehatan mental dan bakat itu sebenarnya seperti ayam dan telur, kita nggak tau siapa yang duluan. Karena begitu kita bisa mengembangkan bakat, kita juga sedang membangun kesehatan mental yang baik," kata Yasinta

"Sebaliknya, ketika kesehatan mental kita baik, kita pun bisa menemukan bakat kita dengan lebih baik sehingga dapat mengembangkannya lebih baik lagi," lanjutnya.

Dengan menjadi diri sendiri, kita pun akan lebih tahu harus mengambil langkah-langkah apa untuk mengembangkan bakat kita. 

Selain itu, perlu diingat kembali jika setiap orang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing dalam bakatnya. Jika hal tersebut terus diasah, maka akan semakin membuat dirimu menonjol dan bakatmu diketahui banyak orang. 

Contohnya saja dalam hal bernyanyi, si A pandai bernyanyi lagu dangdut dengan cengkok-cengkok yang sangat luar biasa. Anak mama pun memiliki suara yang merdu namun tak bisa melakukan seperti A. Tidak apa-apa, siapa tahu suaranya lebih cocok untuk lagu-lagu pop atau lagu jazz. 

Jadi walaupun sama-sama pintar menyanyi, setiap orang berbeda. Untuk itu, jadilah diri sendiri.

Editors' Picks

2. Belajar jadi lebih percaya diri 

2. Belajar jadi lebih percaya diri 
Youtube.com/Yupi Gummy

Terkadang, bakat si Anak telah terlihat, namun mereka tidak percaya diri untuk menunjukkan bakatnya. Jika hal ini terjadi, kebanyakan orangtua pasti akan menekan anak-anak dengan menyuruhnya percaya diri. Namun, hal itu belum pasti berhasil. 

Dalam hal ini, langkah pertama yang dapat Mama lakukan adalah jadi percaya diri. Terkadang sebagai orangtua, Mama mungkin suka lupa, menyuruh anak percaya diri namun sendirinya pun juga kurang percaya diri. Langkah selanjutnya yakni kenali karakter anak mama.

"Tidak semua anak itu bisa langsung bernai percaya diri. Ada beberapa karakter anak yang perlu kenyamanan dulu, ada yang perlu penyesuaian dulu. Nah, seringkali kita lupa, membentuk anak sesuai persepsi dan maunya kita. Tidak membiarkan anak-anak tumbuh dengan wadah dan karakternya mereka masing-masing," tutur Yasinta. 

Jadi, mama dapat mengenali dulu anak ini suka dan nyaman di situasi apa. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan Mama dapat mengembangkan bakat si Anak tanpa mencederai mental health mereka.

3. Daftarkan anak pada kompetisi pencarian bakat

3. Daftarkan anak kompetisi pencarian bakat
Unsplash/Janko Ferlic

Langkah selanjutnya yang dapat Mama lakukan untuk mengembangkan bakat anak yakni dukung mereka melalui berbagai kompetisi bakat atau perlompbaan yang bisa terus mengasah bakatnya. 

Jika anak mama memiliki bakat dalam bidang seni, tak ada salahnya untuk mengikuti kompetisi adu bakat, salah satunya adalah Yupi’s Got Talent 2022. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi: Dapatkan informasi selengkapnya mengenai persyaratan di yupiland.com/product ya, Ma.

Setelah masuk ke bagian halaman registrasi Yupi’s Got Talent, peserta mengisi data-data tambahan seperti masukkan kode unik yang ada dalam product Yupi’s Got Talent, upload link video atau upload foto yang akan dilombakan sebagai syarat utama kepesertaan, siapkan identitas diri / anggota seperti ( KTP/Kartu Pelajar / Kartu Keluarga). 

Mudah kan?

4. Manfaat mengenali dan mengembangkan bakat anak sejak dini 

4. Manfaat mengenali mengembangkan bakat anak sejak dini 
Freepik/Kristina-igumnova

Menurut Yasinta Indrianti, mengenali dan mengembangkan bakat anak sejak dini sangatlah bermanfaat untuk mereka di masa mendatang. 

Seperti yang Yasinta utarakan, mengembangkan bakat ibarat membangun jalan tol. Di awal bersusah payah dahulu namun nanti jadi juga. Bakat pun demikian, di awal harus dikenali dulu, lalu dikembangkan, hingga akhirnya bakat tersebut terbentuk. 

Dengan demikian, anak bisa melakukan banyak hal bermanfaat untuk dirinya sendirinya dan lingkungan sekitarnya. Tak hanya itu saja, mereka pun akan lebih merasa bahagia karena melakukan apapun yang mereka suka sesuai dengan bakatnya yang telah matang. 

"Membangun jalan tol atau sebuah bakat itu memang bersusah payah di depan. Namun berkat ketekunannya, akhirnya terjadilah jalan yang mulus, yang lurus tidak ada hambatan untuk mencapai pelabuhan merak atau kebahagiaan," ucap Yasinta. 

Lain kalau misalnya kita tidak mengenali bakt, tidak mengenali potensi kita, mungkin jalannya lewat jalan biasa aja. 

Kedua jalan yang diumpamakan oleh Yasinta itu sama-sama bisa mencapai kebahagian, namun lebih cepat yang menggunakan jalan tol atau bakat yang telah dikenali dan dikembangkan sedini mungkin. 

"Dampaknya bisa kita lihat ketika dewasa. Orang yang melakukan pekerjaan, sesuai dengan bakat dan talentanya, itu pasti tidak akan tertekan. Dia akan enjoy, akan senang. Jika sudah happy mengerjakan tugasnya, pasti dia akan bahagia," kata Yasinta. 

Nah itulah beberapa informasi terkait tips mengembangkan bakat anak beserta manfaatnya. Yuk langsung coba terapkan pada anak, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk