TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Tetap Dekat dengan Anak di Tengah Kesibukan

Mama memiliki segudang aktivitas? Coba lakukan cara ini supaya lebih dekat dengan anak!

18 September 2022

Tips Tetap Dekat Anak Tengah Kesibukan
Freepik/Lookstudio

Memiliki hubungan yang dekat, hangat, dan selalu harmonis adalah dambaan para orangtua. Namun sayangnya, hal tersebut sulit untuk diwujudkan. Sebab, kebanyakan anggota keluarga jarang berinteraksi walaupun berada di dalam rumah yang sama. Hal ini akibat pekerjaan dan kesibukannya masing-masing.

Berdasarkan hasil studi yang dilansir bravotv.com di tahun 2018 menyebutkan, jam kerja dan kesibukan harian menjadikan momen waktu bersama keluarga hanya 37 menit setiap harinya. Benar-benar cuma sedikiti sekali ya, Ma. 

Padahal, interaksi dengan anggota keluarga sangat penting, apalagi dengan anak-anak. Sebab, mereka membutuhkan bimbingan dari Mama dan Papa, membutuhkan tempat bersandar dan bercerita, serta masih butuh perhatian yang banyak dari Mama dan Papa. Jangan sampai, kurangnya interaksi antara Mama dan Papa dengan anak-anak membuat mereka menjadi pribadi yang tertutup dan jauh dari orangtua. 

Jika, Mama dan Papa benar-benar memiliki waktu yang super padat untuk pekerjaan, berikut ini Popmama.com akan memberikan tips tetap dekat dengan anak yang simple namun dapat membuat anak merasa sangat disayang.

Simak dan coba terapkan yuk! 

1. Bangun bonding sejak bayi

1. Bangun bonding sejak bayi
Freepik/cookie_studio

Tidak ada ukuran durasi ideal untuk melakukan bonding dengan anak. Tidak ada pula jadwal dan aktivitas khusus. Hal yang terpenting adalah melakukan bonding secara konsisten dari anak usia bayi hingga  tumbuh besar. 

Sebenarnya, saat lahir kedekatan Anak dan Mama sangat kuat. Namun, seiring berjalannya waktu, atas kesibukan masing-masing hubungan keduanya kian merenggang. Jangan sampai hal ini terjadi pada Mama dan anak-anak, ya. 

2. Tetap biasakan ada kontak fisik

2. Tetap biasakan ada kontak fisik
Dok. Kata Oma

Mama pasti memberikan banyak pelukan hangat dan ciuman penuh kasih sayang ketika si Anak masih bayi. Namun, semakin ia tumbuh besar dan memasuki usia anak-anak biasnya hal tersebut tak lagi dilakukan. 

Padahal, peluk dab cium sangat diperlukan bagi anak-anak karena bisa membuatnya merasa nyaman, aman, dan terhubung dengan Mama. Kontak fisik tersebut pun menjadi sebuah sinyal rasa kasih sayang dan cinta kepada anak, Ma. 

Kontak fisik ini pun menjadi cara yang paling simple untuk berinteraksi dengan anak-anak. Mama bisa melakukannya pada si Anak di mana saja dan kapan saja. Jadi, jangan lupa untuk melakukan kontak fisik pada anak ya, Ma! 

3. Ciptakan waktu santai dan ngobrol bersama keluarga

3. Ciptakan waktu santai ngobrol bersama keluarga
Dok. Kata Oma

Mama dan Papa bisa menciptakan ritual keluarga yang seru dan menyenangkan agar anak-anak tergerak untuk berkumpul dan berinteraksi dengan Mama dan Papa. Contohnya, bermain game online, bermain game board, menonton film bersama, membuat kreasi makanan, karaoke, dan masih banyak lainnya. 

Untuk lebih mengakrabkan diri antar keluarga, Mama dapat menyediakan camilan seperti Telur Gabus Kata Oma.

Camilan legendaris ini dibuat dengan bahan alami pilihan berkualitas tinggi, tanpa pengawet, tanpa MSG, dan gluten free sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari dan pas untuk seluruh keluarga. 

Dengan demikian, hubungan Mama dan Papa bersma anak-anak semakin dekat serta hangat. Hal ini membuat Anak akan selalu merasa disayang dan dicintai sehingga dia akan tubuh sebagai pribadi yang positif. 

Semangat terus mendampingi anak dan berkembang ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk