Agar Postur Anak Tidak Bungkuk, Ini yang Harus Diperhatikan

Hal-hal sederhana ini bisa berpengaruh besar

12 Juni 2019

Agar Postur Anak Tidak Bungkuk, Ini Harus Diperhatikan
Freepik

Semakin besar, semakin terlihat bagaimana gaya berjalan anak. Jika Mama menyadari si Kecil agak bungkuk, jangan dianggap enteng. Karena bisa berpengaruh pada kesehatannya.

Jika anak sudah memiliki potensi bungkuk, segera datangi tenaga ahli untuk ditangani dengan tepat. Sementara itu, Dikutip dari Livestrong memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua untuk memperbaiki postur bungkuk anak.

1. Memeriksa postur skoliosis anak

1. Memeriksa postur skoliosis anak
Freepik

Tubuh bungkuk bisa jadi karena skoliosis. Skoliosis adalah kelengkungan tulang belakang yang terjadi dari sisi satu ke sisi yang lain dan berbeda dengan kelengkungan normal. Serta, berlangsung dari depan ke belakang. Jika kelengkungannnya masih dalam derajat yang kecil, tak perlu menjalani operasi.

Jika Mama mendapati si Kecil memiliki satu bahu yang lebih tinggi, atau melihat pakaian anak saat digunakan tidak rata, kemungkinan ia mengalami gangguan dengan tulangnya. Segera periksakan ke ahlinya untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

2. Cek beban tas sekolahnya

2. Cek beban tas sekolahnya
Rawpixel/4941

Salah satu penyebab anak bungkuk adalah penggunaan tas ransel. Terlebih jika mereka sudah sekolah dan harus membawa buku pelajaran di setiap harinya. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa tulang belakang. 

Pierre dHemecourt, seorang dokter olahraga anak dari Boston Children's Hospital menuturkan anak yang secara teratur membawa beban berat akan cenderung membuat badannya membungkuk. Jika  dirasa bawaannya terlalu berat, segera buat rencana baru untuk meringankan isi tas si Anak. 

3. Memberikan kursi dan meja yang tepat

3. Memberikan kursi meja tepat
today.com
Memotivasi anak untuk belajar

Saat ingin memberikan meja belajar pada si Anak, pastikan untuk memberikan ukuran yang tepat. Sebuah kursi harus memiliki tinggi yang tepat agar anak bisa duduk dengan tegak. Selain itu, posisi kaki yang baik adalah saat lutut membentuk sudut 90 derajat dan kaki mendatar di lantai. 

Meja yang ukurannya pas, sehingga ia tak perlu membungkuk saat sedang membaca atau menulis. 

Editors' Picks

4. Beri pengertian pada anak

4. Beri pengertian anak
womenshealthmag.com
Senangnya mendengar suara Mama.

Kebanyakan anak perempuan yang menjelang pubertas memiliki kecenderungan untuk membungkukkan badan. Mereka malu jika bentuk payudaranya terlihat. 

Daripada anak jadi bungkuk dan merugikan diri sendiri di masa depan, lebih baik memberikan pengertian yang tepat padanya. Berikan keyakinan bahwa ia tak perlu menunduk saat berjalan lantaran malu atau tidak nyaman. 

5. Berikan porsi olahraga yang cukup

5. Berikan porsi olahraga cukup
Pixabay/leoleobobeo

Olahraga bisa membantu fisik anak berkembang dengan baik. Salah satu olahraga yang cocok untuk anak yang terindikasi bungkuk adalah berenang. Olahraga ini menyediakan semua latihan tubuh bagian atas yang dapat membantu mengembangkan otot tanpa merusak sendi.

6. Beri latihan di rumah

6. Beri latihan rumah
c1.staticflickr.com

Saat tubuh si Anak bungkuk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk memperbaiki posturnya. Misal, menyuruh anak berjalan di jalur lurus sambil menaruh buku di atas kepalanya. 

Kepala anak diharuskan untuk agak terangkat, bahu ke belakang dan perut dalam posisi yang benar. Selain itu ingatkan anak untuk duduk dengan posisi yang benar jika sudah terlihat anak membungkuk. 

Dengan latihan yang rajin, anak bisa terbiasa untuk tegap sehingga bungkuk tak perlu jadi masalah di masa depan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!