Syarat Mendaftarkan Anak Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2020

Jangan sampai ada yang kurang, begini syarat masuk SD untuk anak mama

20 Mei 2020

Syarat Mendaftarkan Anak Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2020
freepik.com/Pressfoto

Tahun ajaran baru akan segera dimulai pada bulan Juli mendatang. Agar tidak bingung Mama perlu mengetahui syarat mendaftarkan anak ke Sekolah Dasar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, anak-anak memang sudah cukup lama melaksanakan sekolah online. Namun ada tata cara dan persyaratan daftar sekolah yang masih sama. 

Persyaratan telah disebutkan dalam Peraturan Mendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Berikut ini Popmama.com akan menyampaikan syarat masuk SD tahun ajaran 2020/2021.

Editors' Picks

1. Berdasarkan usia anak

1. Berdasarkan usia anak
Pexels/Anna Shvets

Anak berusia 7-12 tahun pada tanggal 1 Juli 2020.
Berusia 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2020 dapat mendaftar.

Jika ada kekurangan usia baik beberapa bulan atau beberapa minggu, maka akan diprioritaskan bagi anak yang usianya sudah mencukupi sesuai persyaratan. 

2. Memiliki Akta Kelahiran

2. Memiliki Akta Kelahiran
Pexels/Kaboompicscom

Anak memiliki Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Kelahiran.

Kedua surat penting ini gunanya untuk membuktikan bahwa usia anak sesuai dengan syarat utama yaitu sudah 7 tahun atau mencapai 6 tahun pada 1 Juli 2020.

Diberikan dua pilihan, jika tidak ada Akta Kelahiran, maka diperbolehkan memakai Surat Keterangan Kelahiran yang sudah dilegalisir oleh lurah sesuai domisili anak.

3. Memiliki NIK 

3. Memiliki NIK 
Freepik/pressfoto

Memiliki NIK yang tercatat dalam Kartu Keluarga (KK). 

KK biasanya diperlukan untuk membuktikan domisili anak. Ini menjadi dokumen penting jika anak mendaftar dengan jalur zonasi dan perpindahan tugas orangtua.

Jalur zonasi mewajibkan anak menyertakan KK karena di situ akan disesuaikan dengan alamat yang terlampir di KK atau keterangan domisili dari RT/RW.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk mengisi formulir pendaftaran dan siapkan beberapa foto anak berukuran 2x3 dan 3x4. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan Mama sudah siap dan tinggal melampirkannya dalam berkas persyaratan.

Itulah syarat mendaftarkan anak masuk Sekolah Dasar tahun ajaran 2020/2021. Meski sekarang masih dalam suasana pandemi, ikuti terus kabar PPDB terbaru ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.