Bukan Sekedar Permainan, Ini 5 Manfaat Positif Anak Bermain Catur

Sambil melakukan physical distancing, dapatkan manfaat mengajarkan permainan catur ke anak

29 Maret 2020

Bukan Sekedar Permainan, Ini 5 Manfaat Positif Anak Bermain Catur
kiddosmagazine.com

Anak-anak di rumah biasanya bermain apa nih, Ma?

Di masa yang sudah semakin canggih, permainan anak-anak pun sudah banyak menggunakan teknologi tinggi. Tak jarang si Anak lebih tertarik terhadap permainan jenis ini dibandingkan permainan lain. 

Padahal permainan jenis ini hanya akan membuat si Anak menjadi kecanduan apalagi kalau sudah berhubungan dengan gadget. 

Kalau Mama dan pasangan suka bermain catur, permainan ini bisa lho diperkenalkan ke si Anak. Permainan catur bukan hanya permainan yang mampu mempererat hubungan orangtua dengan anak saja. Si Anak akan mendapatkan banyak pelajaran positif lebih daripada itu. 

Mengenal dan memahami cara bermain catur bisa membantu si Anak dalam berbagai hal di kehidupannya sehari-hari. Tanpa disadari, ia mendapatkan banyak pelajaran berharga yang mungkin tidak akan didapatkan dari anak-anak lainnya. 

Berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai pelajaran yang bisa diperoleh anak-anak dengan bermain catur. 

1. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif

1. Kemampuan berpikir kritis kreatif
Unsplash/Michał Parzuchowski

Perlu disadari kalau permainan yang menggunakan pion ini bisa membuat si Anak memiliki keterampilan berpikir kritis.

Dalam permainan catur, pemain tidak boleh manja dalam proses berpikir. Si Anak harus berusaha untuk berpikir kritis karena ini akan membantu dirinya dalam menganalisis tindakan lawan, menyusun strategi, konsekuensi yang diambil dalam setiap langkahnya hingga berusaha memvisualisasikan kemungkinan yang terjadi di depan.

Jika si Anak sering kali terbiasa dimanja, mungkin permainan ini cocok diperkenalkan kepadanya. Mengajari perlahan-lahan permainan catur ini akan membuatnya terbiasa belajar dan berpikir sendiri.

Editors' Picks

2. Kedisiplinan

2. Kedisiplinan
sheknows.com

Membiarkan si Anak terbiasa mengasah permainan catur bisa membantu dirinya dalam meningkatkan kedisiplinan juga lho.

Dalam permainan catur, si Anak diajarkan untuk mengantisipasi pergerakan lawan. Pemain pun disarankan untuk tidak salah langkah karena bisa menyulitkan dirinya sendiri.

Jika sewaktu-waktu si Anak salah melangkah berarti ada konsekuensi yang bisa didapat. Inilah yang mengharusnya si Anak sebisa mungkin bisa mendisiplinkan setiap langkah selama jalannya permainan.

Namun di dunia sesungguhnya dengan si Anak bisa belajar disiplin dari permainan catur, dirinya akan mampu menjadi sosok yang lebih mudah diatur dan lebih bisa menerima berbagai jenis informasi.

3. Mengajarkan tentang sebuah proses

3. Mengajarkan tentang sebuah proses
Unsplash/rawpixel

Bukan hanya pendidikan akademik saja yang bisa memberikan si Anak sebuah pembelajaran hidup, namun bisa juga diperkenalkan melalui sebuah permainan. Dalam berbagai hal terkadang anak-anak dituntut untuk menjadi nomor satu, juara atau bisa meraih kemenangan. Perlu disadari untuk tidak selalu menuntut hasil pada anak, namun juga sebuah proses.

Dalam sebuah permainan termasuk catur, tidak ada yang prosesnya instan karena membutuhkan kerja keras dalam memenangkan kompetisi. Untuk itu, saat si Anak berhasil memenangkan permainan perlu sekali untuk menghargai usaha dan segala prosesnya.

4. Mempertajam memori

4. Mempertajam memori
Unsplash/JESHOOTS.COM

Di usia anak-anak yang masih memiliki waktu untuk berkembang lebih baik, permainan catur bisa membantu dalam mempertajam memori. Saat si Anak bermain catur, dirinya dituntut untuk menyusun strategi agar pion miliknya tidak termakan oleh lawan.

Butuh strategi yang tepat memang, kemudian harus selalu diingat di dalam otak. Saat si Anak mengingat strategi-strategi selama permainan berlangsung, memori otaknya akan terasah secara tidak sengaja. Semakin sering melatih ingatannya sendiri akan strategi permainan, maka kemampuan otaknya dalam hal mengingat akan semakin tajam dari biasanya.

5. Melatih dalam mengendalikan diri

5. Melatih dalam mengendalikan diri
Unsplash/Randy Fath

Terkadang anak-anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang kurang mengendalikan diri dan terkesan grasah-grusuh. Padahal semua hal dalam hidup tidak bisa disamaratakan atau selalu melakukannya dengan tergesa-gesa. Jika ini terus dibiarkan, si Anak akan terbentuk menjadi pribadi yang selalu asal selesai dalam mengerjakan sesuatu tanpa memikirkan konsekuensi yang akan terjadi.

Dalam permainan catur, si Anak diajarkan untuk bisa melatih dalam mengendalikan diri. Sebuah strategi di permainan ini yang membantunya menjadi pribadi yang tidak gegabah dalam bertindak. Anak-anak yang terbiasa bermain catur, saat dewasa nanti akan memiliki pengendalian diri yang jauh lebih baik.

Banyak sekali manfaat positif yang bisa dirasakan si Anak ketika diperkenalkan permainan catur nih, Ma. Sambil meluangkan waktu bermain catur bersama anak, ia juga bisa mendapatkan pelajaran baru yang mungkin tidak akan didapatkan anak-anak lainnya. 

Yuk Ma, asah kemampuan si Anak bersama permainan catur!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.