7 Rekomendasi Game Memasak untuk Memacu Kreativitas Anak

Bisa menjadi referensi tersendiri nih, Ma!

17 Juli 2019

7 Rekomendasi Game Memasak Memacu Kreativitas Anak
Pixabay/ Olichel

Usia anak-anak hingga orang dewasa tentu senang sekali ketika harus bermain game ya, Ma. Berbagai koleksi game yang bisa diunduh ke dalam ponsel pribadi atau dimainkan secara online cukup beragam. 

Berbagai jenis permainan yang cukup banyak perlu disesuaikan dengan usia anak-anak. Jika usianya masih relatif kecil, sebaiknya hindari memilih permainan dengan unsur kekerasan dan akan lebih baik ketika memberikan sesuatu yang memacu tingkat kreativitas serta nilai edukasi. 

Game memasak biasanya cukup digemari terlebih untuk anak perempuan karena bisa berkreasi dari berbagai jenis makanan. Kali ini Popmama.com telah merangkum 7 game memasak yang dapat menjadi referensi sebagai sebuah permainan mengisi waktu luang.

Tetap perhatikan jenis permainan yang akan diberikan kepada anak-anak di rumah ya, Ma! 

1. Cooking Madness mengasah kemampuan anak belajar mengelola restoran

1. Cooking Madness mengasah kemampuan anak belajar mengelola restoran
Youtube.com/OGL Gameplays

Hobi memasak tidak hanya bisa diasah di dalam kehidupan nyata saja, namun dapat diasah ke dalam sebuah permainan terutama mengenai strategi agar tidak mudah kalah atau mendapatkan poin tertinggi. 

Salah satu game di ponsel yang bisa diunggah yaitu Cooking Madness. Permainan keluarga Girl Games ini mengasah kemampuan anak untuk berusaha membuka restoran sebanyak-banyaknya apalagi dengn berbagai tingkatan level, sehingga perlu memiliki strategi tersendiri untuk menakhlukan permainan dan bisa menjadi pemenang. 

Jenis makanan yang bisa si Anak buat lewat permainan Cooking Madness yaitu dessert pencuci mulut seperti pancake. Seiring permainan ini naik ke level-level selanjutnya, mqka anak mama dapat melakukan upgrade seluruh peralatan dan beberapa barang di dalam restoran. 

Melalui peralatan serta kondisi restoran yang semakin bagus, maka akan semakin banyak pengunjung yang datang dan berniat mencicipi berbagai menu andalan di restorannya. 

2. Cooking Fever memberikan permainan memasak yang tak membosankan

2. Cooking Fever memberikan permainan memasak tak membosankan
Youtube.com/Duniatipskita

Kemampuan memasak anak-anak dapat diuji atau bahkan ditingkatkan melalui sebuah permainan, walaupun berbentuk digital ia dapat menciptakan berbagai macam menu makanan. Di dalam permainan ini, anak mama dapat membuat lebih dari 400 jenis makanan pada 16 lokasi berbeda yang dapat dihidangkan untuk para pelanggan. 

Dengan berbagai tingkatan level yang nantinya dapat diselesaikan anak mama, dirinya tentu bisa meningkatkan peralatan serta interior dapur. Semakin kualitas semuanya diperbaharui secara tidak langsung dapat mengundang berbagai pengunjung restoran. 

Permainan yang sudah diunduh lebih dari 100 juta kali ini memiliki lebih dari 400 level, sehingga dapat dipastikan bahwa permainan ini cukup digemari anak-anak saat sedang mengisi waktu luang. 

3. Crazy Cooking Chef belajar menyajikan makanan dengan sajian minuman tertentu

3. Crazy Cooking Chef belajar menyajikan makanan sajian minuman tertentu
Youtube.com/DeKeTV GamePlay

Anak mama ingin bercita-cita menjadi seorang chef handal yang mampu mengolah berbagai menu makanan nggak nih, Ma?  

Untuk anak-anak yang gemas memasak dan ingin menjadi seorang chef saat usianya dewasa, Crazy Cooking Chef direkomendasikan sebagai salah satu permainan. Hampir mirip dengan gake sebelumnya, Crazy Cooking Chef mengajarkan si Anak untuk mengelola restoran sendiri.

Tak hanya itu, dirinya pun dapat memasak berbagai makanan untuk pengunjung dengan berbagai cita rasa mulai dari asam, pahit, manis hingga pedas. Bahkan anak-anak dapat belajar menghidangkan berbagai hidangan minuman bersamaan dengan menu makanan tertentu seperti burger atau sandwich dapat disajikan bersama jus buah. 

Editors' Picks

4. Cooking Joy mengajak anak berkeliling ke berbagai restoran mewah

4. Cooking Joy mengajak anak berkeliling ke berbagai restoran mewah
Youtube.com/RebelYelliex

Anak-anak yang senang berpetualang dan mencari hal-hal baru perlu mencoba permainan Cooking Joy. Game memasak yang satu ini memberikan pengalaman berbeda karena mengajak pemain untuk berkeliling ke berbagai restoran mewah di pulau tropis.

Nantinya anak-anak akan membuat berbagai makanan serta minuman paling populer di setiap tempat yang akan dijelajahinya. Berbagai level yang dimainkan olehnya akan semakin menantang dan seru untuk diselesaikan.

Dengan cita rasa makanan yang baik dan interior restoran yang terus ditingkatkan, ini menjadi cara tersendiri untuk membuat pengunjung semakin bertambah lagi.

Permainan ini juga dapat meningkatkan daya saing lho, Ma! 

5. Pizza Maker melatih anak membuat pizza sendiri

5. Pizza Maker melatih anak membuat pizza sendiri
Youtube.com/doctor games

Jika anak mama termasuk orang yang menyukai pizza sebagai makanan favoritnya berarti permainan Pizza Maker sangat cocok nih, Ma. Apalagi permainan ini dirancang agar anak-anak bisa menumbuhkan keinginan untuk bisa memasak. 

Melalui aplikasi permainan ini, si Anak dapat belajar membuat makanan asal Italia ini dengan berbagai topping pilihan. Secara tidak langsung, anak-anak akan berubah menjadi sosok koki yang mampu berkreasi saat memasak sebuah varian pizza versi dirinya sendiri. 

Dari sebuah permainan memasak pizza di dalam sebuah aplikasi, Mama pun bisa sesekali menyempatkan waktu untuk membuat pizza bersama di dapur. Keahlian ini perlu semakin diasah agar dirinya dapat menciptakan sajian menu yang unik dari sebuah pizza. 

6. World Chef cocok untuk anak yang bercita-cita menjadi chef ternama

6. World Chef cocok anak bercita-cita menjadi chef ternama
Youtube.com/World Chef

Bercita-cita menjadi chef tentu bisa menjadi pilihan dari banyak orang, termasuk anak mama. Jika ingin mulai mengarahkan anak sesuai dengan bidang yang dicita-citakannya, maka tidak ada salahnya untuk memulai melalui sebuah permainan. 

Permainan yang satu ini akan mengajarkan pengunanya untuk belajar berbagai resep masakan di seluruh dunia. Lalu nantinya akan disajikan untuk para tamu ternama yang mengunjungi restoran. 

Bukan hanya memasak menu-menu baru, namun anak-anak juga dapat belajar untuk mengelola restoran miliknya sendiri mulai dari mencari lokasi strategis, mendekorasi setiap sudut ruangan hingga bertukar makanan dengan restoran lain. Walau hanya permainan, anak-anak dapat belajar berbagai macam hal demi perkembangan otaknya. 

7. Cook, Serve, Delicious mengajarkan tentang managemen saat memiliki restoran sendiri

7. Cook, Serve, Delicious mengajarkan tentang managemen saat memiliki restoran sendiri
store.steampowered.com

Memiliki restoran sendiri tentu menyenangkan ya, Ma. Namun perlu diingat bahwa mengelola restoran tidak semudah yang dibayangkan karena  perlu memerhatikan banyak hal. 

Salah satu permainan yang bisa anak-anak coba ketika ingin mengelola restoran sendiri yaitu Cook, Serve, Delicious. Selain mengajarkan anak-anak untuk membuat resep makanan tertentu, permainan ini juga mengajarkan berbagai cara dalam membuka restoran serta melayani customes dengan baik. 

Permainan yang cukup detail ini cocok untuk anak mama dengan usia 7 tahun ke atas karena membutuhkan strategi tersendiri. Permainan ini mengajarkan anak-anak untuk memahami urutan bahan serta pengolahan makanan yang baik. 

Lalu durasi memasak juga perlu diperhatikan karena berpengaruh terhadap poin yang akan diperoleh. Jika pemain masih menyajikan makanan mentah, maka poinnya akan berkurang. Selain itu, strategi serta kecepatan memasak selama bermain dapat memengaruhi jalan permainan. Cook, Serve, Delicious cocok untuk anak-anak yang menyukai tantangan. 

Itulah beberapa rangkuman permainan memasak untuk anak-anak yang bisa dicoba agar semakin mengasah kemampuannya di bidang kuliner. Namun, Mama sebagai orangtua tetap perlu memastikan durasi yang cocok untuk anak bermain game agar tidak terlalu berlebihan dan kurang bersosialisasi. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.