7 Rekomendasi Mainan Edukasi yang Cocok untuk Anak 6 Tahun

Memilih mainan juga harus bijak dan tak boleh asal!

25 Mei 2020

7 Rekomendasi Mainan Edukasi Cocok Anak 6 Tahun
pxhere.com

Tak hanya makanan saja yang perlu diperhatikan ketika dikonsumsi oleh anak-anak, namun mainan pun perlu dipilih secara bijak oleh orangtua. Apalagi jika usia si Anak sudah masuk 6 tahun, maka mainan pun perlu dicari secara tepat.

Sebagai orangtua, Mama perlu sadar bahwa pemilihan mainan tidak hanya karena menarik atau unik saja. Mainan yang memiliki edukasi untuk si Anak pun bisa menjadi faktor tersendiri sebelum membelinya.

Anak-anak berusia 6 tahun sudah mulai mencari tahu jati dirinya dan mulai belajar mandiri, sehingga perlu dikembangkan dengan berbagai mainan edukasi yang tepat pilihan dari orangtuanya. 

Untuk Mama yang sedang mencari mainan edukasi anak 6 tahun, kali ini Popmama.com akan merangkumnya. 

Simak rekomendasinya yuk, Ma!

1. Brainbox Science Educational Flash Cards Game

1. Brainbox Science Educational Flash Cards Game
Toyskingdom.co.id

Ilmu pengetahuan bisa menjadi sesuatu yang menarik jika mulai diperkenalkan kepada anak-anak. Brainbox Science Educational Flash Cards Game bisa menjadi salah satu mainan edukasi yang dapat diberikan ketika anak mama telah menginjak usia 6 tahun. 

Rasa penasaran dan ingin tahu anak-anak yang tinggi bisa dipancing dan mulai diperkenalkan tentang banyak hal. BrainBox menghadirkan beragam kartu yang mengandung banyak pembelajaran baru mulai dari urutan rantai makanan, manfaat cahaya sebagai pendukung fotosintesis hingga gambaran mengenai tubuh manusia. 

Mainan edukasi ini bisa dimainkan bersama anak-anak di rumah untuk meningkatkan pengetahuan umumnya dengan cara-cara yang menyenangkan. 

2. Drawing Board

2. Drawing Board
Pinterest.com/Ecado

Mainan edukasi lain yang cocok diberikan untuk anak berusia 6 tahun yakni sebuah papan gambar. Kemampuan si Anak yang semakin bertambah tentu perlu sekali diberikan fasilitas agar dirinya lebih berkembang secara optimal. 

Papan gambar yang dimiliki anak-anak di rumah tidak hanya digunakan untuk bermain saja, namun juga belajar. Drawing board sebagai mainan edukasi biasanya dilengkapi dengan spidol warna, kepingan angka dan huruf yang bisa ditempel di area papan.  

Dengan pengarahan Mama sebagai orangtua, mainan edukasi ini bisa dijadikan sarana belajar bersama mulai dari menggambar, belajar menulis hingga mengenal huruf dan angka.

Mainan edukasi yang multifungsi nih, Ma. 

Editors' Picks

3. Kiddy Fun Electronic Arcade Basketball Game

3. Kiddy Fun Electronic Arcade Basketball Game
Youtube.com/Smyths Toys Superstores

Jika anak mama ingin diperkenalkan dengan olahraga basket, maka jenis permainan ini bisa dijadikan alternatif untuk anak-anak dengan usia 6 tahun. 

Kiddy Fun Electronic Arcade Basketball Game bisa jadi permainan yang dilakukan bersama-sama, sehingga si Anak menjadi lebih tertantang. Sama halnya dengan permainan bola basket, mainan edukasi ini dapat melatih anak untuk fokus agar bola bisa masuk ke dalam ring basket. 

Walau ini hanya mainan dan berukuran sangat kecil dari aslinya, namun perkembangan fokus anak dapat dilatih dengan baik. Apalagi si ANak hanya cukup menekan tombol untuk bisa menembak bola basket ke keranjang, dan skornya akan langsung muncul di papan skor.

4. Monster Xylophone 

4. Monster Xylophone 
toyskingdom.co.id

Ketika memberikan alat musik xylophone sebagai salah satu mainan edukasi, si Anak bisa mulai melatih jiwa seninya sejak usia dini. Tak hanya itu, anak-anak yang sudah diperkenalkan alat musik juga bisa melatih daya pendengarannya termasuk tinggi rendah nada.  

Saat memainkan xylophone, si Anak yang sudah berumur 6 tahun secara tidak langsung akan semakin seru dalam mengeksplorasi berbagai nada. Kehadiran xylophone sebagai mainan edukasi di rumah pun membantu tumbuh kembang anak, sehingga mereka tidak perlu lagi memukuli meja dengan alat-alat makan seperti sendok atau garpu.  

Jika Mama ingin mengembangkan potensi anak dalam bidang seni dan musik, usahakan memilih mainan edukasi yang tepat.

5. Parking Police Station

5. Parking Police Station
aliexpress.com

Walau sudah berusia 6 tahun, anak laki-laki tentu masih menyukai mainan yang ada mobil-mobilan atau pesawat. Parking Police Station bisa menjadi alternatif mainan edukasi yang juga dapat melatih keterampilan anak. 

Jika Mama perhatikan area trek balap dan garasi parkir di mainan ini bisa dirakit secara bersama-sama, sehingga membuatnya memahami sebuah proses sebelum memainkan mainan tersebut. 

Parking Police Station juga akan membuat imajinasi anak berkembang termasuk ketika seolah-olah sedang menjadi seorang polisi. Bahkan memberikan pemahaman kalau setiap kendaraan baik mobil atau pesawat memiliki tempat parkir tersendiri. 

6. Spin Master Games - Wobbly Worm

6. Spin Master Games - Wobbly Worm
spinmaster.com

Spin Master Games - Wobbly Worm bisa menjadi salah satu mainan edukasi yang membantu fisik anak-anak bergerak. 

Sebuah cacing jatuh dari pohon apel membuat tubuhnya bergerak-gerak, anak-anak yang terdiri dari 2 atau 3 orang pun bisa berlombang untuk saling melempar sebuah ring warna-warni ke tubuh cacing tersebut.

Jika membeli Spin Master Games - Wobbly Worm, Mama akan mendapatkan 1 wobbly worm, 9 ring berwarna warni dan 1 buku panduan sebagai instruksi. Untuk menemani waktu bermain anak-anak, Mama juga bisa meluangkan waktu untuk bermain bersamanya. 

7. Whipple Deluxe Set 

7. Whipple Deluxe Set 
www.toyskingdom.co.id

Whipple Deluxe Set bisa menjadi salah satu pilihan sebagai mainan edukasi untuk anak perempuan. Whipple deluxe set dilengkapi dengan creme tanah liat dan beberapa cetakan untuk meningkatkan imajinasi anak. 

Anak perempuan mama pun bisa berkreasi layaknya koki dalam membuat sebuah kue, donat hingga cupcakes hasil buatannya sendiri. 

Sebagai mainan yang mampu mengasah imajinasi saat menjadi seorang koki, jenis mainan seperti ini pun tentu akan meningkatkan perkembangan anak mulai dari aspek kognitif, kemampuan berbahasa serta kemampuan anak mengoptimalkan aspek sosial emosional pada dirinya di usianya yang masih 6 tahun. 

Selain itu, permainan imajinasi dapat berdampak besar untuk perkembangan keterampilan anak-anak di usia mendatang termasuk dalam bersosialisasi dengan orang lain. Saat bermain kreatif dengan temannya, si Anak akan belajar untuk bekerja sama dan saling berkompromi. 

Nah, itulah beberapa mainan edukasi anak yang bisa diberikan untuk usia 6 tahun. Perlu diingat sebenarnya ada beragam jenis mainan yang bisa diberikan untuk mendukasi perkembangan serta pertumbuhan si Anak. 

Namun, apapun mainannya sangat penting untuk tetap memprioritaskan kualitas serta keamanan terutama saat digunakan anak-anak. 

Tetap harus bijak dalam memilih dan membeli mainan ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.