7 Kebiasaan Baik Anak yang Perlu Dibiasakan di Kehidupan Sehari-hari

Membangun anak memiliki karakter yang positif dan gaya hidup yang sehat

19 Oktober 2020

7 Kebiasaan Baik Anak Perlu Dibiasakan Kehidupan Sehari-hari
Freepik

Setiap orangtua tentunya ingin memiliki anak dengan karakter yang positif. Membangun karakter yang positif pada anak tidak bisa dengan cara yang instan, namun dapat dibangun dengan mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik pada anak sejak dini.

Selain itu, dengan memiliki kebiasaan-kebiasaan ini, nantinya akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Mama juga bisa melihat dampak jangka panjangnya pada keseharian anak setelah dewasa.

Kebiasaan baik apa saja yang harus ditanamkan pada anak sejak dini?

Kali ini Popmama.com akan membahas 7 kebiasaan baik yang harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini. Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Kebiasaan pola tidur berkualitas

1. Kebiasaan pola tidur berkualitas
Pexels/Sam K

Kebiasaan tidur yang baik dapat membantu anak untuk tumbuh sehat. Tidur lebih awal dapat membuat anak bisa bangun lebih awal, serta ia dapat merasakan udara pagi yang segar dan berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan Vitamin D.

Kebiasaan pola tidur yang berkualitas ini menjaga jam biologis di tubuh anak, sehingga bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, mengontrol berat badan, meningkatkan daya pikir, meningkatkan daya ingat, membantu sistem pencernaan dan sirkulasi, serta memperbaiki suasana hati.

Bangun lebih pagi juga membuat lebih bersemangat untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari, dan Mama tidak perlu takut anak terlambat sekolah!

2. Kebiasaan makan makanan yang sehat dan bergizi

2. Kebiasaan makan makanan sehat bergizi
Freepik/bearfotos

Anak yang suka sulit makan atau pilih-pilih makanan, akan cenderung lebih mudah sakit karena asupan gizi yang kurang seimbang. Untuk menghindarinya, Mama perlu ajarkan anak kebiasaan untuk pola makan sehat sejak kecil.

Mama dapat mulai mengenalkan anak dengan 4 sehat 5 sempurna, yang tentunya memiliki menu yang berbeda setiap harinya. Mulai menerapkan 4 sehat 5 sempurna pada anak sejak dini, akan membantu agar ia tidak pilih-pilih makanan.

Serta anak bisa memiliki tumbuh kembang yang optimal dengan asupan gizi seimbang yang menunjang kesehatan dan kekebalan tubuhnya.

Editors' Picks

3. Kebiasaan membaca buku

3. Kebiasaan membaca buku
Freepik

Saat Mama dan Papa bekerja, anak mungkin akan memiliki banyak waktu luang. Seringkali mereka memilih untuk menonton televisi atau bermain game di gadget tanpa ada pengawasan.

Agar membuat waktu luang yang dihabiskan anak menjadi lebih bermanfaat, Mama dapat memberikan anak beberapa buku anak yang menarik. Seperti buku dongeng Indonesia, fabel, atau buku-buku pengetahuan dengan gambar yang dapat menarik perhatian anak.

Dengan menanamkan kebiasaan membaca sejak dini, anak nantinya akan memiliki hobi membaca hingga usianya dewasa. Kebiasaan membaca juga dapat mengembangkan imajinasi anak, yang membantu anak menjalani masa akademis dan mendukung proses belajarnya.

4. Kebiasaan menjaga kebersihan dan kerapihan

4. Kebiasaan menjaga kebersihan kerapihan
Freepik

Sejak dini, Mama dapat mengajak anak untuk bantu membereskan rumah atau membereskan mainannya sendiri. Membiasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya, merapikan tempat tidur, dan menaruh baju kotor pada keranjang cuci.

Selain itu, ajak anak untuk menyimpan sepatu dan sandal yang telah dipakai dengan rapih, dan tidak menaruhnya di sembarang tempat.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini akan membuat anak menjadi lebih produktif, rapih, dan peduli pada kebersihan. Tentunya dengan menerapkan kebiasaan ini, anak nantinya akan memiliki gaya hidup yang bersih dan sehat.

5. Kebiasaan menabung

5. Kebiasaan menabung
Freepik/Howtogoto

Kebiasaan menabung ini dapat Mama ajarkan pada anak dari cara-cara yang mudah, seperti menyisakan uang jajannya dan dimasukkan ke wadah atau celengan. Setelah terkumpul, anak dapat membeli sesuatu yang diinginkannya.

Dengan membiasakan menabung, anak diajarkan untuk tidak boros, tidak bersifat impulsif dalam membeli sesuatu, dan tentunya mengajarkan anak untuk mandiri. Mama juga bisa mengajarkan anak menabung dengan cara-cara yang menyenangkan lainnya ya!

6. Kebiasaan bermain

6. Kebiasaan bermain
Freepik/prostooleh

Dorong anak untuk bermain di luar rumah, dengan mengajak anak pergi ke taman atau taman bermain yang tersedia berbagai macam permainan untuk anak. Minta anak untuk melakukan permainan apapun yang membuat tubuhnya bergerak aktif.

Selain membangun kesehatan tubuhnya, dengan bermain di luar rumah juga membantu anak untuk bersosialisasi. Jika rutin dilakukan, perlahan-lahan anak akan terbiasa berolahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat.

7. Kebiasaan belajar tentang moral dan budi pekerti

7. Kebiasaan belajar tentang moral budi pekerti
Freepik

Mengajarkan anak tentang moral dan budi pekerti baik dilakukan agar ia memiliki kepribadian dan karakter yang positif. Mengajarkan tentang moral ini juga bisa dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan, seperti storytelling dengan boneka, robot-robotan, atau diambil dari buku cerita.

Usahakan untuk memberikan pelajaran moral dari setiap permainan yang dilakukan bersama, bisa dilakukan setiap hari atau setiap malam sebelum tidur. Kebiasaan ini akan mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) agar anak menjadi lebih baik dan mengingat pelajaran ini hingga dewasa.

Nah di atas adalah 7 kebiasaan baik yang perlu dibiasakan pada anak sejak dini. Peran Mama dan Papa harus lebih banyak dalam memberikan perhatian pada anak. Anak juga belajar dari contoh yang dilakukan oleh orangtuanya. Sehingga ajarkan dan lakukan kebiasaan baik ini bersama anak ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.