7 Alasan yang Membuat Seorang Papa Dikagumi Anaknya

Seorang pemimpin keluarga yang patut diteladani anak-anaknya

17 September 2020

7 Alasan Membuat Seorang Papa Dikagumi Anaknya
Freepik

Dalam sebuah keluarga pasti terdapat Mama, Papa, anak-anak yang melengkapi. Namun, jika dibandingkan sosok Mama adalah yang paling sering dibahas, sosok seorang Papa kurang mendapatkan sorotan perthatian.

Padahal menjadi seorang Papa juga merasakan kesulitan yang sama di dalam keluarga, ada banyak perjuangan bahkan pengorbanan yang dilakukan Papa demi keluarganya.

Tidak hanya dari sosok Mama, berikut ini popmama.com akan membahas lima bentuk ketulusan dan pengorbanan yang patut anak teladani dari seorang Papa, simak ya!

Apa saja sih alasan seorang Papa dikagumi oleh anaknya?

1. Meski tidak dieskpresikan secara langsung, namun cinta seorang Papa sangatlah besar

1. Meski tidak dieskpresikan secara langsung, namun cinta seorang Papa sangatlah besar
Freepik/master1305

Mungkin ada hal yang belum anak pahami, kalau sudah bukan suatu hal yang baru bila seorang laki-laki cenderung lebih sulit mengekspresikan rasa cintanya dibanding perempuan. Nah, begitu juga untuk seorang Papa pada keluarga dan anaknya.

Karena jarang menunjukkan perhatian dan cintanya, sosok Papa mungkin sering dinilai berkarakter keras dan menakutkan. Namun ketahuilah bahwa sebenarnya seorang Papa juga mempunyai rasa cinta pada keluarga yang tidak bisa diukur besarnya.

2. Tidak takut celaka demi melindungi anak dan keluarga

2. Tidak takut celaka demi melindungi anak keluarga
Freepik/tirachardz

Menjadi seorang kepala keluarga, seorang Papa juga berarti menjadi pelindung utama dalam keluarga, dan dengan tanggung jawab tersebut membuat sosok Papa bisa sampai tidak takut untuk mencelakai dirinya sendiri demi melindungi keluarga.

Pengorbanan yang tak ternilai inilah yang sangat patut untuk diteladani bagi anak-anak.

Editors' Picks

3. Memiliki tanggung jawab besar dalam memimpin keluarga dan memberi contoh yang baik

3. Memiliki tanggung jawab besar dalam memimpin keluarga memberi contoh baik
freepik/freepik

Kepemimpinan adalah karakter yang paling menonjol pada diri seorang Papa. Ia harus memimpin keluarga dan anak-anaknya menuju kebaikan. Tentunya tidak mudah lho, karena seorang Papa tidak boleh bersikap sembarangan, ia dan Mama harus menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya.

Karena menjadi Papa merupakan sebuah amanah yang nantinya akan dimintai pertanggungjawabannya kelak. Sebagai pemimpin dalam keluarga, Papa menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada anak-anak dan keluarga.

4. Kerja kerasnya yang tak terhingga demi mencukupi kebutuhan dan membahagiakan keluarga

4. Kerja keras tak terhingga demi mencukupi kebutuhan membahagiakan keluarga
Freepik

Ketulusan serta pengorbanan lainnya yang patut anak teladani dari sosok seorang Papa adalah kerja keras. Kerja keras serta usahanya untuk mencukupi kebutuhan keluarga, kebutuhan sekolah anak, dan tentunya hal itu untuk membuat keluarga menjadi bahagia.

Contoh sederhananya, sang Papa rela bekerja sepanjang hari dari pagi hingga sore hari, demi membuat kebutuhan istri dan anak-anaknya tercukupi dengan baik.

5. Sosok Papa juga pandai membuat suasana rumah penuh kehangatan setiap harinya

5. Sosok Papa juga pandai membuat suasana rumah penuh kehangatan setiap harinya
Freepik

Selain ketulusan, seorang Papa juga dituntut untuk memiliki kehangatan dalam keluarga setiap harinya. Di dalam rumah, ia merupakan salah satu pusat “kehidupan”. Ia akan menjaga kehangatan dalam setiap interaksi dan komunikasi dengan anak-anaknya.

Sehingga, sosok Papa ini juga pandai membuat suasana yang dingin menjadi lebih hangat dan menyenangkan. Memiliki jiwa yang hangat, membuatnya juga menjadi lebih akrab dengan anak.

Suasana inilah yang membuat anak menjadi lebih betah tinggal di rumah dan nyaman berada di dekat Papa.

6. Sedikit berbicara dan lebih banyak bertindak untuk menunjukkan ketulusannya

6. Sedikit berbicara lebih banyak bertindak menunjukkan ketulusannya
Freepik/Tirachardz

Kalau anak sering melihat, biasanya seorang Papa sedikit berbicara dan lebih banyak bertindak. Sehingga segala ketulusannya dapat terlihat dari apa yang ia lakukan demi keluarga.

Walaupun ditengah kesibukannya, sosok Papa juga tidak lupa untuk mengajarkan anak berbagai pelajaran penting tentang kehidupan dan mendisiplinkan anak-anaknya agar dapat menjalani kehidupan dengan baik.

7. Mengalah untuk banyak hal demi kebahagian keluarga

7. Mengalah banyak hal demi kebahagian keluarga
Freepik/tirachardz

Seorang Papa juga manusia yang pastinya memiliki keinginannya sendiri, entah itu ingin bermain bersama teman, atau melakukan apapun yang ia inginkan.

Namun, dirinya lebih memilih untuk mengorbankan kesenangan pribadinya demi keluarga, sangat tulus bahwa ia pun merasa bahagia jika melihat istri dan anak-anaknya juga bahagia.

Ada banyak ketulusan dan pengorbanan lainnya dari peran seorang Papa, namun dari lima hal di atas setidaknya terlihat kan bahwa cinta seorang Papa sangatlah besar dan ada banyak hal yang dapat anak teladani dari sosoknya.

Itulah alasan seorang Papa dikagumi oleh anaknya. Semoga Papa di rumah bisa memiliki hubungan yang dekat dengan si Kecil ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.