9 Alat Musik Terbaik untuk Dipelajari Anak Sejak Usia Muda

Bisa bermain musik adalah keterampilan yang paling banyak diinginkan lho!

26 Juli 2021

9 Alat Musik Terbaik Dipelajari Anak Sejak Usia Muda
Freepik

Saat ini, salah satu penyesalan paling umum yang terdengar dari banyak orang dewasa adalah tidak mempelajari alat musik sejak usia muda. Yup, memiliki kemampuan memainkan alat musik adalah hal yang luar biasa dan banyak diinginkan.

Tak hanya itu, mengajarkan anak bermain musik dapat memberikan banyak manfaat, seperti membangun kepercayaan diri, mengembangkan keterampilan, meningkatkan memori, mengurangi stres, dan meningkatkan kreativitas anak. 

Jadi, mari kita lihat sembilan instrumen terbaik untuk dipelajari anak sejak usia muda yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Gitar

1. Gitar
Freepik

Gitar adalah salah satu alat musik terbaik untuk dipelajari karena gitar dapat dipelajari pada usia berapa pun, sehingga menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak dan orangtua untuk dilakukan bersama.

Selain itu, gitar untuk pemula juga memiliki harga yang cukup terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan instrumen lain di dalam daftar ini , dan dapat berfungsi sebagai hadiah ulang tahun yang unik dan menarik perhatian anak untuk dimainkan.

2. Piano

2. Piano
pixabay.com/nightowl

Mungkin sulit untuk memulai anak agar bermain piano, sebagian besar karena ukurannya dan banyak tuts yang mungkin membuat anak bingung bagaimana memainkannya.

Namun, jika Mama bisa mendapatkan guru piano terdekat, maka itu tidak akan menjadi masalah. Beberapa tutorial dan kelas berbayar secara online juga bisa mengajarkan anak cara sederhana bermain piano.

Jika piano terlalu besar, keyboard bisa menjadi pengganti yang bagus dan juga jauh lebih mudah dipelajari daripada piano yang besar.

Satu hal tentang piano adalah, piano mengajarkan anak untuk melakukan banyak tugas, keterampilan yang dapat digunakan pada bidang lain dalam kehidupan. 

3. Biola

3. Biola
Pexels/MART PRODUCTION

Biola memang bukanlah instrumen yang paling ramah, terutama berkaitan dengan telinga ketika dimainkan dengan cara yang tidak tepat. Pada awalnya, ini mungkin bisa sangat sulit untuk didengarkan.

Namun, belajar bermain biola dapat mengajarkan anak ketekunan, dengan hasil akhir yang lebih dari memuaskan.

Ini juga melatih anak tentang menyelesaikan tantangannya, dengan memainkan biola dengan benar sehingga tidak terdengar seperti teriakan kucing dan lebih seperti malaikat yang mulia. Sehingga mengajarkan anak untuk terus berusaha, tidak peduli betapa sulitnya sesuatu.

Editors' Picks

4. Harmonika

4. Harmonika
bestharmonica.com

Harmonika adalah salah satu instrumen yang tampak terlihat mudah dipelajari, tetapi sebenarnya agak sulit. Namun, meskipun mungkin sulit untuk dipelajari, ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan anak pada dunia musik yang indah dan juga sangat terjangkau.

Ditambah lagi, harmonika juga dapat dimainkan bersamaan dengan instrumen lainnya, mengajarkan keterampilan multitasking kepada anak serta memberinya kesempatan untuk menjadi lebih kreatif.

5. Drum

5. Drum
beautifulcity99.xyz

Sayangnya, drum sering disalahpahami dan tampaknya mendapat banyak kekurangan dari para orangtua. Padahal, drum sebenarnya adalah alat musik yang bagus untuk dimainkan oleh anak sejak usia muda dan dapat mengajari anak berbagai keterampilan yang berguna dan bermanfaat.

Mengapa drum menjadi pilihan instrumen yang tepat?

Anak-anak pada dasarnya bermain drum sejak hari mereka dilahirkan, terus-menerus memukul dan memukul apa pun yang terlihat dan berusaha untuk membentuk semacam komunikasi.

Drum sebagai instrumen pada dasarnya adalah hal yang sama, dan juga dapat membantu anak-anak melepaskan energi negatif dan agresi yang terpendam.

6. Seruling

6. Seruling
Pexels/MART PRODUCTION

Seruling adalah alat musik umum yang dimainkan di banyak sekolah di seluruh dunia. Sebagian besar seruling digunakan oleh banyak sekolah karena ukurannya, selain itu juga dapat dibawa dan disimpan dengan mudah.

Selain itu, seruling tidak terlalu sulit untuk dipelajari dan dapat terdengar sangat indah jika dimainkan dengan benar. Seruling dapat menjadi pengantar yang bagus untuk instrumen tiup secara keseluruhan dan bertindak sebagai awal belajar instrumen musik lainnya, seperti recorder dan klarinet.

Beberapa instrumen tiup memiliki teknik fingering yang sama, sehingga membuka pintu bagi anak untuk memulai instrumen lain seiring bertambahnya usia.

7. Harpa

7. Harpa
violettamarianorrie.com

Seringkali tak disadari, harpa memiliki sejumlah manfaat dan dapat mengajari anak sejumlah keterampilan yang bermanfaat dan berguna. Misalnya, karena harpa adalah alat musik yang agak rumit, sehingga membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Namun dapat dimengerti, bahwa membeli harpa untuk di rumah bisa menjadi hal yang menyulitkan karena membutuhkan banyak ruang.

tetapi penting untuk diingat bahwa harpa datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh setiap anak.

8. Saksofon

8. Saksofon
Pexels/Cottonbro

Saksofon adalah salah satu instrumen yang serbaguna, karena ini dapat dimainkan di marching band, jazz band, dan band apa saja dan masih terdengar halus dan nyaman di telinga.

Selain itu, dilansir dari Consordini, mempelajari instrumen seperti saksofon juga meningkatkan fungsi memori, mengajarkan kesabaran, ketekunan, dan keterampilan kepemimpinan penting lainnya, karena ini membutuhkan banyak kekuatan otak, memori otot dan kontrol neurologis.

Fakta menarik lainnya adalah saksofon menjadi instrumen yang dikatakan sebagai latihan atau olahraga yang positif untuk otak.

9. Triangle

9. Triangle
Amazon.co.uk

Setiap anak butuh langkah awal untuk mulai mempelajari bidang baru, bukan? Maka triangle adalah alat musik yang tepat untuk memperkenalkan anak pada musik dan ritme, serta bermain dalam sebuah band atau tim.

Selain itu, ini juga mengajarkan disiplin dan dapat memicu minat anak pada usia berapapun untuk bemain musik secara keseluruhan.

Nah itulah beberapa alat musik terbaik yang dapat diajarkan pada anak sejak usia dini. Walaupun awalnya sulit, bermain musik dapat memberikan manfaat bagi anak. Mulai dari meningkatkan memori hingga membuat anak merasa lebih percaya diri.

Dari sembilan pilihan di atas, alat musik apa yang membuat Mama tertarik untuk mengajarkannya pada anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.