6 Cara Belajar Membuat Nasi Goreng Telur, Ajarkan pada Anak Ma!

Mengembangkan keterampilan memasak anak dengan cara yang sederhana dan lezat!

16 November 2021

6 Cara Belajar Membuat Nasi Goreng Telur, Ajarkan Anak Ma
Freepik/Tirachardz

Ajarkan cara membuat nasi goreng pada anak sejak sekarang Ma. Itu karena nasi goreng telah menjadi makanan favorit segala kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Nasi goreng ini menjadi favorit karena bisa dihidangkan dalam berbagai waktu, seperti untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Selain itu, nasi goreng juga bisa disajikan lebih variatif, seperti nasi goreng telur, nasi goreng ayam, nasi goreng ikan teri, dan masih banyak lagi.

Cara pembuatannya yang mudah pun bisa Mama ajarkan pada anak. Tak hanya untuk mengembangkan keterampilan masak anak, mengajarkan anak untuk memasak nasi goreng bersama juga bisa menjadi cara quality time yang bermakna.

Untuk memulai keterampilan memasaknya, berikut Popmama.com akan memberikan beberapa cara belajar membuat nasi goreng telur yang lezat di bawah ini!

1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan

1. Persiapkan bahan-bahan diperlukan

Sebelum mulai membuat nasi goreng telur yang sederhana, Mama dapat mengajak anak untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa bahan nasi goreng telur:

  • 1 telur
  • 1 porsi nasi
  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 sdtr minyak sayur
  • 4 daun bawang, cincang halus
  • 2 sdt kecap asin
  • Kacang polong dan wortel, secukupnya
  • Garam secukupnya

2. Dinginkan nasi di lemari es

2. Dinginkan nasi lemari es
Pixabay/SpencerWing

Untuk membuat nasi goreng, penting untuk memasak nasi sehari sebelumnya, atau gunakan sisa nasi yang diletakkan di lemari es. Yang penting untuk diingat adalah jangan memanaskan nasi, untuk menjaganya tetap dingin.

Mendinginkan nasi membuatnya tidak lengket. Keluarkan nasi dari lemari es tepat sebelum anak mulai memasak.
 

Editors' Picks

3. Siapkan telur

3. Siapkan telur
Freepik/BalashMirzabey

Untuk membuat nasi goreng telur, Mama dapat meminta anak untuk memecahkan dan mengocok telur. Kemudian campurkan minyak wijen bersama-sama dalam mangkuk kecil. Aduk kembali sampai rata. Lalu sisihkan.

Selain bisa dicampurkan dalam bentuk orak-arik, telur pada nasi goreng juga bisa dihidangkan dengan dibuat telur mata sapi dan juga telur ceplok. Anak dapat secara bergantian mengubah cara masak telurnya, agar bisa mencoba berbagai cara memasak telur.

4. Menumis sayuran yang digunakan

4. Menumis sayuran digunakan

Tuang minyak ke dalam wajan dan panaskan sampai mulai mengeluarkan asap. Lalu tuang kacang polong dan wortel dan daun bawang. Tumis sampai mulai terlihat renyah, dan dan empuk.

Saat mulai kecoklatan, tuang nasi ke dalam tumisan sayuran. Lanjutkan menggoreng campuran nasi dan sayuran selama 3-4 menit

Menumis adalah metode memasak di mana potongan-potongan kecil makanan dimasak dengan cepat dalam sedikit minyak panas dalam wajan, menggunakan api sedang-tinggi. 

Di sini Mama dapat memberi tahu anak bahwa menumis sayuran mempertahankan warna, kerenyahan, dan nutrisinya.

Ada banyak sekali sayuran yang cocok untuk nasi goreng, seperti tomat, brokoli, bawang, tauge, wortel, kacang polong, kacang hijau, paprika merah atau kuning, jagung muda, dan daun bawang.

5. Masak telur dan campurkan dalam nasi goreng

5. Masak telur campurkan dalam nasi goreng
Freepik/ikarahma

Dengan menggunakan spatula, Mama dapat meminta anak untuk menggeser campuran nasi dan tumisan sayur ke samping. Kemudian tuang kocokan telur sebelumnya ke tempat kosong di wajan, biarkan telur mengeras selama 10 detik.

Lalu orak-arik telur dengan menggunakan sumpit atau spatula. Setelah telur matang, campurkan ke dalam nasi dan tumis sayuran. Lanjutkan menggoreng selama satu menit lagi.

Untuk membuat nasi goreng dengan resep vegan, Mama dapat mengganti telur dengan tahu goreng atau sumber protein nabati lainnya.

6. Berikan bumbu pada campurannya dan sajikan

6. Berikan bumbu campuran sajikan
Freepik/Jcomp

Berikan kecap asin dan sedikit garam di atas campuran nasi goreng, dan aduk hingga selesai menggoreng. Sebagai tambahan, Mama juga bisa meminta anak untuk menuangkan sedikit minyak wijen dan aduk sampai rata.

Kemudian perlahan pindahkan ke piring dan sajikan dengan kerupuk.

Nah itulah 6 cara belajar membuat nasi goreng telur yang bisa Mama praktikan bersama anak di rumah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak bahan tambahan yang bisa dimasukkan, seperti ayam, udang, cumi, dan lain-lain.

Mudah bukan? Yuk ajari anak membuat nasi goreng dengan lauk-lauk yang ia sukai!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.