Cara Membersihkan Mainan Action Figure Anak dengan Tepat

Yuk cari tahu cara membersihkan kotoran dan debu di Action Figure milik anak

17 Januari 2021

Cara Membersihkan Mainan Action Figure Anak Tepat
Pxhere.com/Tvargas

Action figure atau figur aksi merupakan mainan karakter yang umumnya terbuat dari plastik, dan seringkali diambil dari tokoh film, buku komik, militer, video game, program televisi, atau tokoh fiksi. Mainan ini biasanya dikoleksi oleh anak laki-laki.

Apakah anak laki-laki mama memiliki atau bahkan mengoleksi action figure? Beberapa pajangan atau mainan action figure tergolong langka dengan harga yang tidak murah, sehingga penyimpanannya tidak bisa sembarangan.

Jika jarang dibersihkan, akan muncul sedikit kotoran yang menumpuk di persendiannya, atau ada debu yang menempel di bagian tubuhnya. Hal ini membuat action figure kesayangan anak sangat membutuhkan mandi.

Bukan masalah besar, yang Mama dan anak butuhkan hanyalah beberapa perlengkapan kebersihan dasar yang ada di rumah. Kali ini Popmama.com akan membagian tips membersihkan action figure anak dengan tepat. Yuk simak informasinya di bawah ini!

Apa Saja yang Diperlukan?

Apa Saja Diperlukan
Freepik/Tatianakim

Mama perlu mencari sikat gigi dengan bulu yang lembut. Sikat gigi baru dapat bekerja lebih baik karena bebas dari residu pasta gigi. Pasta gigi dapat bersifat abrasif dan menyebabkan goresan pada cat action figure.

Mama juga membutuhkan sabun cair, seperti sabun tangan atau cairan pencuci piring yang tidak mengandung pelembab.

Pelembap dapat membuat action figure jadi lebih berminyak dan dapat berdampak buruk pada cat atau plastik.

Jangan lupa mengambil beberapa tisu kertas dan jangan lupakan figur aksi yang ingin dibersihkan! 

Setelah mengetahui apa saja yang diperlukan, ikuti cara-cara di bawah ini ya Ma!

1. Pastikan memeriksa action figure dengan hati-hati

1. Pastikan memeriksa action figure hati-hati
Pxhere.com

Perhatikan action figure dengan sangat hati-hati, perhatikan titik masalah terbesar. Perhatikan bagaimana figur dapat mengeluarkan banyak kotoran di dalam atau di sekitar persendiannya. Selain itu juga cari area bermasalah atau ada kotoran tebal seperti, goresan krayon atau pulpen.

Action Figure yang sering dimainkan biasanya jika dipakai oleh anak yang lebih kecil, telah mengalami beberapa ‘petualangan’ yang menarik, sehingga Mama tidak akan pernah tahu apa yang ditemukan pada action figure-nya

Maka, jika Mama melihat area yang bermasalah, pastikan memberikan perhatian yang cukup saat membersihkannya.

2. Rendam action figure dalam air hangat selama 5 menit

2. Rendam action figure dalam air hangat selama 5 menit
Freepik/Bowonpat

Sebelum dibersihkan dengan sikat gigi, rendam action figure di dalam air hangat selama sekitar lima menit. Cara ini dapat menghilangkan sebagian besar debu dan mulai mengangkat area-area yang penuh kotoran dan zat lain yang mungkin menumpuk.

Editors' Picks

3. Gosok permukaan action figure dengan perlahan

3. Gosok permukaan action figure perlahan
blog.fromjapan.co.jp

Taruh sedikit sabun pada sikat gigi, sekitar setetes saja, dan mulailah menggosok dengan lembut pada action figure yang masih basah setelah terendam. Jangan gunakan terlalu banyak tekanan, cukup gerakan perlahan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

Dengan menggunakan sapuan pendek dan rata, gosok action figure dari kepala sampai kaki, pastikan Mama juga membersihkannya masuk ke dalam persendian dan area lain yang sulit dijangkau.

4. Biarkan sabun pada action figure selama 1 menit

4. Biarkan sabun action figure selama 1 menit
Happyhooligans.ca

Setelah Mama meratakan sabun di semua sudut dan celah, diamkan figur tersebut di atas tisu kertas selama sekitar satu menit. Ini akan memberi deterjen sabun lebih banyak waktu untuk menghilangkan bintik-bintik kotoran yang sangat membandel pada action figure.

Namun, pastikan untuk tidak membiarkannya terlalu lama, karena tentunya Mama tidak ingin sabun mengering pada action figure dan menimbulkan jejak padanya.

5. Gosok kembali action figure hingga noda membandelnya hilang

5. Gosok kembali action figure hingga noda membandel hilang
blog.fromjapan.co.jp

Tempatkan kembali action figure tersebut ke dalam mangkuk berisi air hangat dan gunakan sikat gigi secara perlahan untuk menggosok figur tersebut. Langkah ini harus benar-benar menghilangkan noda membandel yang lebih sulit dibersihkan.

Sekali lagi, pastikan Mama menggunakan sikat gigi yang lembut dan bertekanan sama pada setiap areanya.

6. Bilas action figure dengan air hangat sampai bersih

6. Bilas action figure air hangat sampai bersih
Freepik/Bilanol

Bilas action figure ke wastafel dapur atau kamar mandi, Mama bisa membilasnya dengan air hangat untuk membersihkan sisa sabun dan kotoran. Balikkan figur, ke samping, ke atas, ke bawah, ke belakang, atau ke segala arah di mana Mama meletakkan sabun.

Ini akan memastikan bahwa setiap area kecil pada gambar dibilas dengan baik dan tidak meninggalkan sisa sabun.

7. Lakukan pengeringan dengan lembut

7. Lakukan pengeringan lembut
Freepik/Fabrikasimf

Dengan tisu kertas, tepuk-tepuk action figure dengan lembut, serap kelebihan air sebanyak yang Mama bisa. Mama juga perlu berhati-hati untuk tidak menggosoknya dengan tisu kertas karena akan merusak cat pada action figure, hal ini karena beberapa tisu kertas bisa sedikit abrasif.

Selain itu, jangan gunakan pengering rambut! Walaupun terlihat seperti menghemat waktu yang menggiurkan, tetapi pada akhirnya pengering rambut bisa merusak action figure anak yang terbuat dari plastik, hal ini karena action figure tidak dirancang untuk menahan panas dari pengering rambut.

8. Biarkan action figure lebih kering dengan meletakkannya di atas tisu kertas bersih

8. Biarkan action figure lebih kering meletakkan atas tisu kertas bersih
Pxhere.com

Setelah figurnya sebagian besar mengering, Mama perlu mengambil selembar tisu kertas bersih lagi, dan membiarkannya mengering lebih jauh. Ada banyak area kecil pada action figure yang tidak bisa dijangkau oleh tisu dapur.

Sehingga Mama harus membiarkan angin sekitar untuk mengeringkannya. Letakkan figur dan tisu kertas di tempat yang aman, jauh dari sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat merusak figur aksi, dan sebaiknya di tempat yang tidak terlalu berdebu.

Biarkan action figure mengering kurang lebih selama sekitar 12 jam sebelum dimasukkan kembali ke box penyimpanan atau rak pajangan.

Nah itu dia beberapa langkah atau cara untuk membersihkan action figure dengan tepat.

Tips di atas diharapkan dapat membantu Mama dan anak untuk menjaga kebersihan koleksi action figure agar bisa lebih terjaga! Semoga informasinya bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.