7 Cara Membersihkan Macam-Macam Noda pada Pakaian Anak

Jangan langsung buru-buru dibawa ke laundry ya Ma!

23 September 2020

7 Cara Membersihkan Macam-Macam Noda Pakaian Anak
Freepik/Mastergotjj

Melakukan aktivitas sehari-hari terkadang membuat anak tak sadar, ada noda yang tertinggal di pakaiannya. Mungkin anak dan Mama termasuk orang yang kesal ketika pakaian yang digunakan, terkena noda yang mengganggu.

Apalagi jika pakaian yang digunakan berwarna cerah sehingga nodanya jelas terlihat. Masalahnya seringkali pencuciannya yang tidak benar. Bukan membersihkan noda justru, membuatnya semakin menyebar.

Pastinya akan membuat anak makin kesal, apalagi jika itu merupakan pakaian kesenangannya atau seragam sekolah yang setiap hari ia pakai.

Namun, kini Mama tidak perlu khawatir lagi. Berikut ini Popmama.com akan membahas cara membersihkan noda pada pakaian anak.

1. Noda kekuningan akibat deodoran atau berkeringat

1. Noda kekuningan akibat deodoran atau berkeringat
Freepik

Saat menggunakan deodoran sebelum berolahraga, seringkali anak meninggalkan noda kekuningan pada pakaiannya. Noda kekuningan karena menggunakan deodoran dan berkeringat pada pakaian merupakan masalah yang cukup umum.

Cara membersihkannya pun sangat mudah, Mama bisa menggunakan hidrogen peroksida yang dicampur dengan baking soda dan air. Rendam pakaian selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas.

Untuk mendapatkan hidrogen peroksida, Mama bisa membelinya di apotek terdekat ataupun secara online.

2. Noda akibat terkena cipratan saus atau sambal

2. Noda akibat terkena cipratan saus atau sambal
Freepik/Dashu83

Pasti anak bisa kesal jika sedang menikmati jajanan yang menggunakan saus atau sambal, tapi tiba-tiba sausnya jatuh atau terciprat ke pakaian.

Agar tidak meninggalkan noda di pakaian, Mama bisa mengatasinya dengan menggunakan cuka putih sebelum dicuci kembali menggunakan sabun cuci.

Nah kini noda saus atau sambal hilang deh!

Editors' Picks

3. Noda akibat minuman seperti sirup atau jus

3. Noda akibat minuman seperti sirup atau jus
Freepik

Ketika anak menikmati sirup atau jus tapi kemudian minuman itu menetes atau malah tumpah ke baju dan meninggalkan noda, ingatkan anak untuk jangan terburu-buru mencucinya.

Mama dapat menghilangkan nodanya dengan melumuri bagian terkena noda dengan garam yang cukup banyak, yang diikuti dengan siram pakaian dan rendam dengan air mendidih.

Namun Mama hati-hati saat membersihkannya dengan air mendidih ya, agar tidak terkena tangan dan menimbulkan luka.

4. Noda akibat ketumpahan minuman seperti teh, susu, atau kopi

4. Noda akibat ketumpahan minuman seperti teh, susu, atau kopi
Freepik

Ketika anak panik saat bajunya ketumpahan teh, susu, atau kopi, mereka akan reflek membasahi pakaiannya dengan air. Namun, hal ini justru membuat nodanya semakin menyebar dan warnanya semakin menyerap.

Agar tidak menyebar, Mama siapkan segera air lemon dan secepatkan aplikasikan air lemon pada bagian baju yang terkena noda.

5. Noda akibat terkena tanah atau klorofil pada tanaman

5. Noda akibat terkena tanah atau klorofil tanaman
Freepik

Bercocok tanam bersama anak memang menyenangkan, namun jika terkena noda tanah atau tanaman mungkin akan membuat anak menjadi kesal.

Untuk mengatasinya, Mama bisa membersihkan noda pakaian akibat tanah atau klorofil pada tanaman dengan menggunakan pembersih cat kuku atau yang dikenal sebagai Acetone.

Mama bisa membelinya langsung di toko khusus kosmetik, beberapa apotek, atau di toko bahan-bahan kimia.

6. Noda akibat terkena lilin atau lilin pada krayon

6. Noda akibat terkena lilin atau lilin krayon
Pexels/Pixabay

Lilin atau lilin pada krayon bisa meninggalkan noda pada pakaian anak. Namun Mama tidak perlu bingung, karena noda tersebut bisa dihilangkan dengan mudah!

Caranya dengan menggunakan suhu beku, alias pengaplikasian es batu pada bagian yang terkena noda. Kemudian cuci dengan sabun hingga bersih.

7. Noda terkena cokelat

7. Noda terkena cokelat
Freepik

Jika anak suka makan cokelat mungkin tak sengaja terjatuh pada pakaiannya. Noda akibat cokelat seringkali dianggap sudah tidak ada harapan agar kembali bersih. Padahal ternyata Mama bisa membersihkannya dengan sabun cuci piring.

Cokelat meninggalkan noda pada pakaian anak, karena lemaknya. Lemak dapat mudah tersingkir dengan sabun pencuci piring daripada sabun cuci baju. Tentunya, setelah dibersihkan dengan sabun cuci piring, dicuci lagi dengan deterjen baju biasa ya! Agar baju anak tidak sama dengan “bau piring”.

Sekarang Mama sudah tahu cara membersihkan noda pada pakaian anak, namun perlu diketahui bahwa ini khusus untuk pakaian yang memang bisa dicuci ya!

Cara di atas makin efektif jika Mama membersihkannya secepat mungkin setelah baju anak terkena noda, jangan menunggunya terlalu lama ya! Karena nantinya noda akan semakin susah dibersihkan dan bercaknya semakin awet.

Itulah rangkuman cara membersihkan noda di baju anak yang suka membandel. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.