7 Hal yang Orangtua Perlu Tahu Saat Mengasuh Anak 9 Tahun

Jadi teman yang baik untuk anak usia sembilan tahun adalah hal yang penting

18 Januari 2022

7 Hal Orangtua Perlu Tahu Saat Mengasuh Anak 9 Tahun
Pexels/Ron Lach

Setiap anak akan mengalami perkembangan secara fisik dan mental sesuai bertambahnya usia mereka. Ketika anak berusia sembilan tahun, ini adalah saat segalanya mulai berubah. Anak tampaknya mulai meninggalkan masa kanak-kanak dan menantikan tahun-tahun masa remaja yang akan datang.

Sembilan tahun dianggap sebagai awal dari "dua belas" tahun, tempat di mana anak-anak memasuki masa pubertas. Seperti yang Mama ketahui, membuat lompatan dari satu tahap perkembangan ke tahap berikutnya tidak pernah mudah, bagi anak dan juga bagi orangtua.

Ketika anak berusia sembilan tahun, beberapa perubahan signifikan terjadi, inilah yang membuat orangtua harus mengetahuinya atau mengubah gaya pengasuhannya. 

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 hal yang orangtua perlu tahu tentang cara mengasuh anak 9 tahun, di bawah ini!

1. Jadilah teman yang baik bagi anak

1. Jadilah teman baik bagi anak
Pexels/Ivan Samkov
Ilustrasi

Anak-anak berusia sembilan tahun biasanya tidak berbagi banyak dengan orangtua mereka. Mereka sering ragu untuk bertanya dan berbagi hal-hal kecil, dan penting bagi setiap orangtua agar tidak mempermasalahkannya.

Usia sembilan tahun ini adalah tahap yang tepat di mana Mama harus menjadi sahabat terbaik anak. Lakukan percakapan yang sehat dan santai dengan anak, dan sebut ia sebagai teman cerita yang menyenangkan.

Anak-anak muda sering berbagi segalanya dengan teman-teman mereka. Namun tak menutup kemungkinan ada orang-orang di sekitar anak yang mengajarkannya hal yang tidak baik.

Sehingga ketika Mama dapat menjadi teman untuk anak, Mama dapat mengajarkannya apa yang benar dan salah. Oleh karena itu cobalah untuk menjadi teman yang baik bagi anak mama.

2. Bantu anak memiliki pubertas yang lancar

2. Bantu anak memiliki pubertas lancar
Freepik

Pada kebanyakan anak, pubertas dimulai pada usia sembilan tahun. Setiap anak pada usia sembilan tahun membutuhkan pengasuhan yang tepat dan terbaik.

Kebanyakan anak berusia sembilan tahun memiliki sikap khusus terhadap makanan dan pola makan. Mereka mungkin mempertanyakan perubahan bentuk tubuhnya, sehingga membutuhkan bimbingan yang tepat untuk menjaga pola makan dan gaya berpakaiannya.

Oleh karena itu, setiap orangtua harus mengajari anaknya cara memenuhi kebutuhan makanan dengan zat gizi makro dan mikro yang tepat. Ini membantunya dalam mempertahankan pola makan yang seimbang.

Selanjutnya, Mama juga harus mengajari anak-anak tentang gaya berpakaian yang sesuai usia dan tetap sopan.

Editors' Picks

3. Minta anak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga

3. Minta anak melakukan pekerjaan rumah tangga
Freepik/jiboom

Kebanyakan anak biasanya menganggap pekerjaan rumah tangga itu membosankan dan monoton, atau menganggap bahwa itu adalah tugas Mama atau pekerjaan asisten rumah tangga. Sehingga, mereka memilih untuk tidak melakukannya dan memilih untuk bermain.

Namun, orangtua harus melibatkan anak-anak mereka dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Karena pekerjaan rumah sangat diperlukan untuk mempertahankan keterampilan organisasi, tanggung jawab, serta kemandirian.

Tak hanya itu, bekerja tepat waktu sangat penting dan merupakan keterampilan manajerial yang penting bagi anak di usia remaja dan dewasa. Karena itu, jangan pernah biarkan anak mengabaikan tugas. Melainkan berikan motivasi atau susun jadwal bersama untuk menyelesaikannya.

4. Bantu anak mencapai tujuan-tujuan kecil di hidupnya

4. Bantu anak mencapai tujuan-tujuan kecil hidupnya
Freepik/DCStudio

Anak usia sembilan tahun membutuhkan dorongan dan motivasi yang tepat untuk mempertahankan akuntabilitas dan tanggung jawab. Kedua keterampilan ini berjalan ketika Mama dapat memberikan anak kesempatan untuk mengatur berbagai hal.

Namun, jangan menetapkan tujuan yang terlalu tinggi ya Ma! Sebaliknya, mulailah dengan tujuan kecil sehingga anak dapat mencapainya dengan cepat dan mensyukuri keberhasilan kecil dalam hidupnya. Juga, bantu anak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kompetensi penting.

Terakhir, dukung anak dalam merencanakan harinya, dan jika perlu, Mama dapat meminta anak untuk memperkenalkan teman-temannya kepada Mama. Hal-hal kecil ini akan mengembangkan citra baik Mama di benak anak-anak.

5. Mendaftarkan anak pada kegiatan ekstrakulikuler

5. Mendaftarkan anak kegiatan ekstrakulikuler
Freepik/Standret

Anak berusia sembilan tahun berada pada tahap belajar dalam hidup mereka. Jadi, Mama perlu membantunya terlibat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau kursus tambahan di luar sekolah, seperti tim olahraga atau klub drama.

Ini akan membantu anak dalam mengembangkan keterampilan sosialnya juga. Selain itu, anak dapat mempelajari banyak keterampilan kecil lainnya dari mengikuti kegiatan ini.

Keterampilan sosial sangat berguna dalam kehidupan seorang anak berusia sembilan tahun. Karena kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan keluarga dan teman-teman mereka.

Dari ekstrakulikuler dapat mengajarikan anak bagaimana ia bisa membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

6. Mengajarkan anak tentang kontrol diri

6. Mengajarkan anak tentang kontrol diri
Freepik

Kontrol diri adalah kemampuan untuk menangani kemarahan dan frustrasi. Setiap anak pada usia sembilan tahun menghadapi masalah tekanan, kemarahan, dan banyak konflik emosional muncul.

Jadi akan membantu jika Mama mengajarkannya pengendalian diri dan bagaimana ia dapat memecahkan masalah dengan pendekatan yang lebih baik. Ini pasti akan membantu anak di sebagian besar proses kedewasaannya.

Anak-anak perlu memahami bagaimana menyelesaikan konflik kecil dan bagaimana mereka dapat mengelola kemarahan dan frustrasinya. Orangtua tentu tidak dapat menemani anak di setiap tahap kehidupan, sehingga jangan ragu untuk mengajarkannya keterampilan ini sejak usia muda.

7. Persiapkan anak ketika ia harus beraktivitas tanpa ditemani oleh orangtua

7. Persiapkan anak ketika ia harus beraktivitas tanpa ditemani oleh orangtua
Freepik/Master1305

Berada di usia sembilan tahun, tentu anak akan memiliki lebih banyak kegiatan di mana orangtua tidak menemaninya lagi seperti saat kanak-kanak dulu.

Maka itu, penting bagi Mama untuk mempersiapkan hal ini dengan berbicara tentang perilaku yang pantas atau tak pantas ketika anak sedang tidak bersama orangtua atau keluarga.

Yakinkan anak bahwa ia dapat mengatakan tidak kepada anak atau orang dewasa lain jika ia merasa tidak nyaman dengan situasi yang dihadapi.

Semakin bertambahnya usia, anak akan berada dalam situasi di mana ia harus memutuskan hal yang benar dan salah untuk dilakukan sendiri. Pada saat-saat itu lah pemahamannya tentang perilaku pantas atau tak pantas ini akan bermakna.

Nah itu dia beberapa hal yang orangtua perlu tahu saat mengasuh anak 9 tahun. Pada saat anak berusia sembilan tahun, ia mengembangkan pola pikir, cara menganalisis, memilih teman, dan kualitas dalam dirinya. Oleh karena itu tahap ini sangat penting untuk semua anak-anak.

Orangtua harus tahu segalanya tentang tahap kehidupan ini, dan harus mengajari anak hal-hal kecil di atas. Namun, faktor yang paling penting untuk menjalani seluruh tips di atas adalah menjadi teman yang baik bagi anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk