5 Langkah Mengenalkan Anak pada Keberagaman Sejak Dini

Selain menambah wawasan juga meningkatkan rasa toleransi anak

29 Juni 2020

5 Langkah Mengenalkan Anak Keberagaman Sejak Dini
Freepik/Kalinovskiy

Mengajarkan anak tentang keberagaman tentu menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan sejak masih kecil. Apalagi jika hidup di Indonesia yang memiliki tingkat keberagaman paling tinggi.

Selain dapat menambah wawasan anak tentang keberagaman, tentang berbagai suku budaya di Indonesia, mengajarkan tentang keberagaman tentunya akan membawa anak untuk menjadi lebih menghargai dan bertoleransi tentang perbedaan ragam suku dan budaya di Indonesia

Lalu apa saja yang bisa Mama lakukan untuk mengenalkan keberagaman pada anak?

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 5 langkah untuk mengenalkan anak pada keberagaman sejak dini.

1. Mengenalkan anak berbagai makanan dari setiap daerah

1. Mengenalkan anak berbagai makanan dari setiap daerah
Freepik/bearfotos

Mama dapat mulai mengenalkan anak pada keberagaman dimulai dari hal-hal yang sering ditemukan, contohnya dari makanan.

Misalnya saat makan rendang, Mama bisa menjelaskan bahwa makanan tersebut dari padang, atau saat makan pempek, Mama bisa menjelaskan bahwa itu adalah makanan khas dari Palembang.

Dengan mengenalkan keberagaman Indonesia dari makanan, anak tak hanya semakin mengenal budaya masyarakat saja, namun juga bisa mencicipi berbagai cita rasa khas dari berbagai daerah. Menambah wawasan sekaligus bisa kenyang lho!

Editors' Picks

2. Mengajarkan anak berbagai bahasa sekaligus melatih kecerdasan linguistiknya

2. Mengajarkan anak berbagai bahasa sekaligus melatih kecerdasan linguistiknya
Freepik/prostooleh

Selanjutnya, Mama bisa mengajarkan anak tentang keberagaman sekaligus dengan melatih kecerdasan linguistik anak. Salah satunya dengan memperkenalkan anak pada berbagai bahasa, dari bahasa daerah hingga bahasa internasional.

Anak perlu katu bahwa bahasa yang dipakai sehari-hari, bisa berbeda dan tak dipahami oleh orang lain. Sehingga, anak juga akan lebih mawas saat bertemu seseorang dengan bahasa yang berbeda.

3. Mengajak anak untuk bersilahturahmi saat saudara atau kerabat merayakan hari besar

3. Mengajak anak bersilahturahmi saat saudara atau kerabat merayakan hari besar
Freepik

Jika memiliki anggota keluarga, kerabat, atau tetangga yang memiliki budaya atau agama berbeda, Mama juga bisa memanfaatkan momen setiap hari raya besar untuk mengajak anak bersilahturahmi.

Misalnya, apabila Mama dan keluarga sedang merayakan hari raya, Mama bisa mengajak anak untuk membagikan bingkisan atau hadiah kecil pada tetangga sekitar.

Hal ini juga berlaku apabila kerabat atau tetangga sedang merayakan hari besar. Jangan lupa untuk saling mengunjungi dan bersilahturahmi untuk mengajarkan anak tentang arti toleransi pada keberagaman.

4. Mengunjugi tempat wisata budaya atau berlibur ke daerah yang memiliki adat dan suku berbeda

4. Mengunjugi tempat wisata budaya atau berlibur ke daerah memiliki adat suku berbeda
Freepik/A3pfamily

Indonesia memiliki 34 provinsi yang tentunya memiliki berbagai macam budaya, sehingga terdapat berbagai macam wisata budaya yang bisa dikunjungi bersama anak saat waktu luang.

Misalnya, mengunjungi museum, rekreasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), atau berlibur ke daerah lain dengan adat atau suku yang berbeda.

Wisata budaya ini dapat membuat anak mengerti tentang keberagaman sekaligus bersenang-senang. Namun perlu diingat ya, dalam masa pandemik ini, perlu lebih berhati-hati dan mengikuti prosedur apabila ingin berwisata.

5. Berikan contoh pada anak untuk saling menghormati dan toleransi pada keberagaman

5. Berikan contoh anak saling menghormati toleransi keberagaman
Freepik

Ketika mengajarkan anak untuk menghormati keberagaman, tentunya Mama dan Papa juga harus memberikan contoh sikap yang sesuai. Karena orangtua merupakan role model anak yang paling tepat.

Anak dapat belajar paling cepat dari apa yang orangtuanya lakukan. Sehingga, Mama dan Papa perlu menunjukkan sikap toleransi dan menghargai pada setiap keberagaman.

Cobalah untuk lebih banyak bergaul dengan orang-orang yang berbeda suku, budaya, atau agama, dan tunjukkan sikap yang baik pada mereka!

Pastinya dengan 5 cara mengenalkan anak untuk lebih mudah memahami keberagaman serta menunjukkan rasa toleransi akan sesamanya. Mudah bukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.