Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Menghilangkan Panu di Tubuh Anak Secara Alami

Sebagian besar infeksi jamur mudah disembuhkan dengan perawatan yang tepat

18 April 2022

7 Cara Menghilangkan Panu Tubuh Anak Secara Alami
Freepik

Tak dapat dimungkiri bahwa banyak anak-anak hingga orang dewasa yang menderita infeksi jamur setidaknya sekali dalam hidup mereka. Panu adalah salah satu infeksi jamur yang umum.

Alasan mengapa panu seringkali muncul, terutama pada anak-anak adalah iklim Indonesia yang cenderung panas dan lembab, yang menyebabkan anak memproduksi banyak keringat dan berminyak.

Inilah yang memungkinkan jamur yang biasanya ada di hampir semua kulit menjadi berkembang biak dan tumbuh tak terkendali.

Sementara banyak obat atau salep panu yang dijual bebas di pasaran, sebagian besar infeksi jamur termasuk panu efektif dengan pengobatan rumahan.

Jika Mama melihat panu pada tubuh anak, berikut Popmama.com telah merangkum 7 cara menghilangkan panu di tubuh anak secara alami. Yuk simak!

1. Mengonsumsi yoghurt dan probiotik

1. Mengonsumsi yoghurt probiotik
Freepik/nensuria

Yoghurt dan makanan atau minuman probiotik lainnya memiliki banyak bakteri baik yang membantu mencegah banyak infeksi jamur. Ini juga membantu anak dalam melawan mikroba yang menyebabkan infeksi kulit seperti panu.

Jika ini tidak membantu, Mama dapat berkonsultasi dengan dokter anak apakah anak perl mengonsumsi suplemen probiotik yang memiliki dosis bakteri baik yang lebih terkonsentrasi.

Selain itu, makanan fermentasi juga merupakan sumber probiotik yang sangat baik.

2. Mencuci area yang terkena panu dengan sabun dan air

2. Mencuci area terkena panu sabun air
Pexels/monstera

Pastikan anak mama telah membersihkan area yang terkena panu dengan sabun dan air dua kali sehari sebelum Mama menerapkan pengobatan rumahan atau obat lain apa pun. Ini akan mengontrol penyebaran infeksi.

Meskipun sabun dan air mungkin tidak selalu dapat menghilangkan panu sepenuhnya, cara ini membantu menjaga penyebaran dan menurunkan intensitas infeksi.

Editors' Picks

3. Mengoleskan minyak pohon teh

3. Mengoleskan minyak pohon teh
Freepik/Yanadjana

Minyak pohon teh atau yang dikenal dengan tea tree oil secara alami antijamur dan antibakteri.

Sebelum mengaplikasikan tea tree oil ke bagian tubuh anak yang terkena panu, pastikan Mama telah mencampurkannya dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Setelah itu baru dioleskan ke area yang terinfeksi sekitar tiga hingga empat kali sehari. Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mengobati infeksi jamur.

4. Menggunakan kunyit

4. Menggunakan kunyit
Freepik/stockimagefactorycom

Bagi Mama yang belum tahu, kunyit adalah rempah-rempah antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat untuk mengatasi jamur dan infeksi kulit, termasuk panu.

Untuk menggunakannya, campur bubuk kunyit dengan sedikit air dan oleskan di atas area kulit anak yang terinfeksi. Untuk mendapatkan manfaat pada bagian dalam tubuh, Mama dapat membuat teh kunyit untuk anak.

Kunyit adalah salah satu pengobatan rumahan termudah untuk panu dan segala infeksi jamur lainnya, karena umumnya kunyit ada di semua dapur di seluruh rumah tangga.

5. Menggunakan bawang putih

5. Menggunakan bawang putih
Freepik/jcomp

Bawang putih adalah salah satu herbal antijamur dan antimikroba yang paling ampuh untuk mengatasi jamur, bahkan jamur penyebab panu.

Dilansir dari Pharmeasy, seseorang yang mengonsumsi bawang putih secara teratur, memiliki risiko yang lebih rendah terhadap infeksi jamur.

Namun jika anak mama tidak suka mengonsumsi bawang putih secara langsung, Mama dapat menggunakannya secara topikal, dengan menghancurkan beberapa bawang putih, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun dan buat menjadi pasta.

Oleskan ke area yang terinfeksi selama sekitar tiga puluh menit sebelum anak mandi.

6. Mengoleskan madu

6. Mengoleskan madu
Freepik.com/ Racool_studio

Menggunakan madu juga merupakan salah satu pengobatan rumah yang paling mudah untuk mengatasi panu dan infeksi jamur lainnya, karena madu mengandung hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida yang terdapat dalam madu ini sangat efektif untuk membunuh jamur dan bakteri yang menyebabkan infeksi kulit.

Mama dapat mengoleskan madu murni ke daerah kulit anak yang terkena panu. Ini adalah solusi terbaik karena sarat dengan khasiat penyembuhan.

7. Menggunakan licorice bubuk

7. Menggunakan licorice bubuk
naturespathways.com

Licorice secara alami mengandung sifat anti-inflamasi atau anti-mikroba, inilah yang membuatnya sempurna untuk melawan infeksi jamur seperti panu.

Untuk menggunakannya, Mama dapat menambahkan bubuk licorice ke dalam secangkir air dan didihkan. Setelah beberapa menit, aduk dan biarkan mendidih sampai memiliki konsistensi seperti pasta.

Lalu biarkan dingin dan oleskan campuran ke kulit yang terkena panu dua kali sehari.

Nah itulah 7 cara menghilangkan panu di tubuh anak secara alami. Faktanya adalah, sebagian besar infeksi jamur mudah disembuhkan dengan perawatan yang tepat, Mama bahkan mungkin tidak menyadari bahwa panu yang anak alami semakin memudar hari demi hari.

Namun, pemeriksaan diri sangat membantu untuk mengidentifikasi panu sejak dini, terutama jika tidak ada gejala lain seperti gatal atau iritasi. Jika tidak ada perbaikan dengan pengobatan rumahan ini, pastikan Mama mencari bantuan medis untuk perawatan lebih lanjut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk