11 Cara untuk Mendorong Kesuksesan Anak Belajar di Sekolah

Aktif berpartisipasi dalam kegiatan sekolah anak juga berpengaruh lho!

9 April 2021

11 Cara Mendorong Kesuksesan Anak Belajar Sekolah
Freepik/Mariiaboiko

Setiap orangtua tentunya ingin memiliki anak yang berhasil di masa depan. Bukan rahasia umum lagi jika orangtua memiliki pengaruh besar dalam membentuk kehidupan anak-anaknya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga menjadi tanggung jawab orangtua untuk bertindak sebagai jembatan antara anak dan dunia nyata, karena ini akan membantunya menjadi mandiri.

Mengajari anak kebiasaan baik selama tahun-tahun sekolahnya dapat berdampak positif di masa dewasanya. Lalu bagaimana cara yang tepat membantu anak mama berhasil di sekolah?

Kali ini Popmama.com akan memberikan kiat-kiat yang diharapkan bisa bermanfaat untuk membantu anak mama dalam meningkatkan kesuksesan akademiknya. Yuk simak tipsnya di bawah ini!

1. Jadwalkan pertemuan reguler dengan wali kelas anak

1. Jadwalkan pertemuan reguler wali kelas anak
Freepik/Yanalya

Coba kenali wali kelas anak pada awal tahun ajaran, sehingga Mama dapat memberi tahu guru untuk menghubungi Mama jika ada masalah yang mengganggu anak selama belajar di sekolah.

Sekolah merupakan bagian utama dari rutinitas sehari-hari anak. Jika Mama merasa tidak nyaman atau tidak sempat berbicara dengan wali kelas anak, carilah kerabat atau teman untuk membantu Mama dalam membicarakannya dengan guru.

2. Selalu menghadiri rapat pertemuan orangtua dan guru secara teratur

2. Selalu menghadiri rapat pertemuan orangtua guru secara teratur
Freepik/Standret

Hampir setiap sekolah memiliki rutinitas rapat pertemuan dengan orangtua dan guru. Pertemuan ini umumnya diatur oleh wali kelas dari setiap kelas untuk memberikan informasi terbaru secara keseluruhan tentang setiap siswa kepada orangtuanya.

Manfaatkan pertemuan ini untuk memahami bagaimana anak mama bersikap adil di kelas. Cobalah untuk mengetahui minat dan bidang yang perlu anak tingkatkan. Respon wali kelas akan membantu Mama mengubah gaya pengasuhan agar sesuai dengan kebutuhan anak.

Selain itu, ingatlah untuk selalu meninjau rapor anak setiap kali akhir semester.

3. Pastikan pekerjaan rumah yang ditugaskan kepada anak selesai

3. Pastikan pekerjaan rumah ditugaskan kepada anak selesai
Freepik

Bantu anak menyadari bahwa pendidikan adalah bagian penting dari pertumbuhannya dan pekerjaan rumah (PR) memainkan peran yang sangat penting di dalamnya. Anak perlu menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh gurunya.

Siapkan jadwal waktu pekerjaan rumah, dan hilangkan gangguan apapun pada saat jam tersebut. Jika anak tidak paham tentang topik yang harus diselesaikannya, Mama dapat menawarkan bantuan untuk mengatur materi yang ia butuhkan.

Periksa apakah pekerjaan rumah sudah selesai dan selalu berikan pujian setiap anak menyelesaikan tugas sebagai penguatan energi untuknya.

4. Mengidentifikasi kebutuhan anak ADHD untuk mendapatkan perhatian khusus di sekolah

4. Mengidentifikasi kebutuhan anak ADHD mendapatkan perhatian khusus sekolah
Freepik/Seventyfour

Jika Mama memiliki anak dengan kondisi ADHD, mungkin Mama bertanya-tanya bagaimana cara membantunya agar berhasil di sekolah.

Mengidentifikasi kebutuhan anak untuk mendapatkan perhatian khusus di sekolah sangat penting. Sebagian besar sekolah mampu mengevaluasi siswanya, dan dapat mengidentifikasi anak-anak yang membutuhkan bimbingan khusus agar tetap melakukan yang terbaik di sekolah.

Bicaralah dengan wali kelas anak dan kepala sekolah tentang cara terbaik untuk membimbing anak di kelas.

Editors' Picks

5. Bantu anak mempersiapkan diri untuk ujian

5. Bantu anak mempersiapkan diri ujian
Freepik/User18526052

Setiap anak dapat sangat mudah terganggu konsentrasinya, maka dari itu Mama dapat menawarkan untuk duduk bersama anak dan membantunya mempersiapkan ujiannya.

Terlibat dalam studinya adalah cara yang efektif untuk membuat anak tetap terlibat dan fokus. Mama juga bisa mendesain kertas ujian sendiri untuk latihan tes di rumah. Cara ini akan memberikan anak kepercayaan diri yang tinggi selama ujian di sekolah.

6. Ajarkan nilai-nilai yang baik dan ciptakan sikap positif terhadap pendidikan

6. Ajarkan nilai-nilai baik ciptakan sikap positif terhadap pendidikan
Freepik/Photoroyalty

Belajar adalah proses yang abadi, tak hanya di masa sekolah saja namun juga selepas masa pendidikan anak, ia akan terus belajar dalam hidupnya.

Penting bagi Mama untuk menumbuhkan pikiran positif terhadap pendidikan ini. Hal ini akan menanamkan kepercayaan pada anak-anak, dan tidak akan membuatnya menjadi malas dan berhenti belajar.

Seorang anak juga akan merasa antusias ketika melihat orangtuanya menunjukkan ketertarikan pada kegiatan sekolah dan pendidikannya.

7. Memantau gadget dan penggunaan internet anak setiap hari

7. Memantau gadget penggunaan internet anak setiap hari
Freepik/bristekjegor

Anak-anak yang hidup pada era modern saat ini mudah terpapar televisi, video game, dan internet. Anak mungkin tidak memiliki pengetahuan yang tepat untuk memahami apa yang baik atau buruk baginya.

Sehingga, sebaiknya Mama perlu terus memeriksa pola penggunaan internet anak setiap harinya, serta memasang filter di situs-situs tertentu untuk menjauhkan anak dari potensi bahaya.

8. Berbicara dengan anak setiap hari

8. Berbicara anak setiap hari
Freepik/Karlyukav

Anak dapat mengikuti apa yang dilakukan dan dikatakan oleh orangtuanya, ini tak hanya saat anak masih kecil saja lho Ma! Karena saat memasuki usia sekolahnya anak masih perlu belajar berkomunikasi dan membaca dengan tepat.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengamati orang-orang di sekitarnya melakukan hal yang sama. Maka dari itu, sangat penting untuk berinteraksi dengan anak sehingga ia tahu bagaimana cara berbicara, menanggapi pembicaraan, dan cara bagaimana membaca dengan fokus.

9. Jadilah relawan di sekolah anak

9. Jadilah relawan sekolah anak
Freepik/Javi_indy

Menjadi sukarelawan di sekolah anak, memberi Mama gambaran yang adil tentang bagaimana sekolah berjalan dan bagaimana anak dapat membuatnya lebih baik untuk membantu para siswanya, termasuk anak mama dalam mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Umumnya, sebagian besar sekolah memiliki kegiatan yang dapat dilakukan dan dibantu oleh orangtua murid sebagai sukarelawan. Seperti bisa membantu donasi buku untuk perpustakaan sekolah atau mengatur paket makanan untuk acara sekolah.

Mama juga dapat bergabung dengan kelompok orangtua yang bertemu secara teratur untuk membicarakan tentang sekolah.

10. Dorong anak untuk mengambil bagian dalam pembelajaran aktif

10. Dorong anak mengambil bagian dalam pembelajaran aktif
Freepik/Pressfoto

Pembelajaran aktif dan tenang, keduanya merupakan bagian penting dalam pendidikan anak. Pembelajaran yang aktif dapat berupa pemecahan masalah, menggali minat, atau bahkan mengajukan dan menjawab pertanyaan.

Pembelajaran aktif melibatkan banyak permainan peran, ikut serta dalam olahraga, memainkan alat musik apapun, atau mengunjungi museum. Mendorong anak agar menjadi seorang pelajar yang aktif di rumah, dapat meningkatkan semangat untuk mengejar minatnya di sekolah.

11. Sering mengajak anak untuk membaca buku

11. Sering mengajak anak membaca buku
Pexels/andreapiacquadio

Salah satu kebiasaan terbaik yang dapat dikembangkan oleh seorang anak adalah membaca. Membaca adalah pintu gerbang ke dunia pengetahuan dan penemuan.

Dorong anak untuk membacakan buku untuk Mama. Hal ini tidak hanya akan membuatnya tetap terlibat, tetapi juga akan membantu anak untuk menjadi lebih perhatian dan tetap fokus pada studinya.

Nah itulah beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk mendorong kesuksesan anak selama masa sekolahnya. Sekolah membantu mendidik anak, namun orangtua membangun fondasi untuk masa depan anak.

Komunikasi bersama anak harus selalu menjadi proses dua arah. Sehingga, tak hanya memberi tahu anak apa yang harus dilakukan, namun juga mendengarkan anak dengan penuh perhatian dan terlibat aktif dalam kegiatan sekolahnya.

Hargai anak atas kerja kerasnya di sekolah, dan Mama akan segera melihat anak berprestasi baik di sekolahnya. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.