9 Doa Agama Kristen untuk Korban Musibah dan Bencana Alam

Ajarkan pada anak untuk memohon kekuatan bagi para korban musibah atas segala hal yang terjadi

17 Januari 2021

9 Doa Agama Kristen Korban Musibah Bencana Alam
Freepik/A3pfamily

Belakangan ini beberapa wilayah Indonesia mengalami musibah yang hampir berbarengan. Yaitu, banjir di Kalimantan Selatan pada hari Minggu (3/1/2021), jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dan tanah longsor di Sumedang pada hari Sabtu (9/1/2021), gempa bumi di Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021), kemudian Gunung Semeru meletus pada hari Sabtu (16/1/2021).

Semua musibah tersebut telah memakan korban-korban serta kerugian yang dialami oleh masyarakat. Kejadian ini dapat mengajarkan anak untuk berempati pada korban yang mengalami musibah bencana.

Walaupun tidak dapat menolong secara langsung, upaya yang bisa turut Mama dan anak berikan adalah melalui dukungan doa.

Kali ini Popmama.com akan memberikan 9 inspirasi doa agama Kristen untuk korban musibah. Sisipkan doa di bawah ini saat berdoa pagi setelah bangun tidur atau sebelum tidur di malam hari.

1. Doa memohon kedamaian

1. Doa memohon kedamaian
Freepik/Sewcream

Doa memohon kedamaian bertujuan untuk medoakan para korban bencana agar tidak dikuasai oleh rasa ketakutan, namun diberikan ketenangan dan damai sejahtera di hatinya. Berikut adalah doa memohon kedamaian yang bisa diucapkan:

Bapa, kami berdoa agar para korban musibah dan bencana dapat ditenangkan hatinya. Biarlah damai sejahtera-Mu yang melampaui segala akal dapat melenyapkan ketakutan mereka, dan membuat mereka bersandar pada pertolongan-Mu saja, Amin.

2. Doa memohon kecukupan

2. Doa memohon kecukupan
Freepik/Sewcream

Bencana alam mengakibatkan korbannya kehilangan harta benda dan sumber kehidupannya. Untuk itu, Mama bisa mengajak anak untuk berdoa memohon kecukupan agar Tuhan dapat mencukupkan kebutuhan para korban bencana. Berikut adalah doa memohon kecukupan yang bisa diucapkan:

Bapa, kami berdoa agar para korban bencana dapat terpenuhi kebutuhannya. Engkau mengerti dan tentu menyediakan apa yang sejatinya mereka butuhkan. Jadikan mereka tidak khawatir akan apa yang hendak dimakan, minum, ataupun pakai. Akan tetapi, biarlah mereka percaya sepenuhnya kepada-Mu bahwa Engkau sungguh peduli terhadap mereka, Amin.

3. Doa perlindungan untuk tim penyelamat

3. Doa perlindungan tim penyelamat
Freepik

Setiap korban bencana membutuhkan orang lain seperti tim medis, tim SAR, petugas keamanan untuk memastikan mereka mendapatkan tempat perlindungan yang tepat, dan lain-lain. Selain berdoa untuk para korban, Mama dan anak bisa panjatkan doa pada tim yang bertugas. Berikut isi doanya:

Bapa, kami berdoa supaya Engkau dapat menolong setiap orang yang diberikan tanggung jawab untuk memastikan keselamatan korban bencana. Beri mereka perlindungan dari marabahaya dan juga keberanian untuk dapat menolong para korban, Amin.

Editors' Picks

4. Doa memohon hikmat

4. Doa memohon hikmat
Freepik

Saat bencana terjadi, para korban dan tim penyelamat harus dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Sehingga, ucapkan doa memohon hikmat agar korban serta tim penyelamat dapat mengambil keputusan yang tepat, berikut doanya:

Bapa, kami berdoa supaya para korban dan tim penyelamat diberikan hikmat dan keberanian untuk menyelamatkan mereka yang terjebak dalam bahaya. Selain itu, berikan juga mereka kekuatan dan perlindungan, Amin.

5. Doa untuk korban yang meninggal

5. Doa korban meninggal
Freepik/Rawpixel-com

Musibah serta bencana alam yang terjadi seringkali ada kehilangan atau kematian orang-orang yang dikasihi. Berikut ini adalah doa yang dapat Mama dan anak ucapkan untuk mendoakan para korban musibah dan becana yang telah meninggal, yaitu seperti berikut:

Bapa, kami berdoa untuk para korban yang tak selamat pada musibah atau bencana ini. Tuhan, sambutlah mereka di surga, di mana tidak akan ada kesedihan, tidak ada tangisan dan rasa sakit, hanya ada kedamaian serta kegembiraan, karena mereka berada bersama-Mu selama-lamanya, Amin.

6. Doa untuk memohon kekuatan hati agar tetap percaya

6. Doa memohon kekuatan hati agar tetap percaya
Freepik/Sewcream

Bencana yang terjadi tak jarang menorehkan luka secara fisik dan psikis kepada para korban serta keluarga. Selain kehilangan harta benda, mereka mungkin saja kehilangan anggota keluarga atau orang-orang yang dikasihi.

Maka dari itu, ajak anak untuk berdoa agar di dalam masa-masa sulit tersebut, korban maupun keluarga tetap mampu mempercayai Tuhan dengan rancangan-Nya yang baik. Berikut isi doanya:

Bapa, kami berdoa agar mereka yang kehilangan orang-orang yang dikasihi dapat dikuatkan dan diteguhkan hatinya. Tolong mereka agar dapat melihat rancangan Engkau di balik bencana yang saat ini menimpa mereka, Amin.

7. Doa memohon pemulihan

7. Doa memohon pemulihan
Freepik/A3pfamily

Setelah bencana terjadi, korban harus kembali melanjutkan kehidupannya sehari-hari. Segala luka dan kehancuran dari bencana alam ditinggalkan, karena mereka harus bangkit kembali seperti sedia kala. Untuk itu doakan mereka agar kembali pulih untuk melanjutkan kehidupannya dengan kuat, seperti berikut ini:

Bapa, kami berdoa supaya Engkau boleh memulihkan kehidupan mereka dengan memberikan sukacita yang sempat hilang oleh bencana. Kami percaya bahwa Engkau sanggup memenuhi apa yang mereka butuhkan, baik itu tempat tinggal, pakaian, makanan, dan kedamaian hatinya, Amin.

8. Doa memohon perlindungan

8. Doa memohon perlindungan
Freepik/Nastyaofly

Seperti yang Mama dan anak yakini, bahwa Allah merupakan tempat perlindungan serta kekuatan, Allah juga penolong dalam kesesakan, sehingga manusia tidak boleh takut. Oleh karena itu, Mama dan anak bisa mendoakan para korban bencana agar mendapatkan perlindungan dan pertolongan, berikut doa yang dapat disampaikan:

Bapa, kami berdoa kiranya Engkau menjadi tempat perlindungan yang teguh, dan sumber pertolongan satu-satunya saat musibah dan bencana melanda. Biarlah mereka boleh mengenal Engkau secara pribadi agar mereka tahu bahwa sesungguhnya Engkau selalu ada untuk mereka, Amin.

9. Doa untuk Indonesia

9. Doa Indonesia
Freepik/Sewcream

Selain itu, Mama dan anak juga dapat berdoa untuk Indonesia agar kembali pulih dan dijauhkan dari segala marahabaya musibah serta bencana, dan juga untuk seluruh perlindungan masyarakat Indonesia. Berikut adalah doa yang dapat Mama dan anak sampaikan:

Allah, Bapa kami, Engkau telah menciptakan alam semesta untuk kediaman umat manusia. Engkau berikan kami tanah air yang subur dan berlimpahan, dengan isinya yang beragam, lautan dengan ribuan pulau, gunung dan dataran, hutan, semuanya menghidupkan tanah air kami.

Ya Tuhan, mohon pulihkanlah negara ini dari setelah musibah dan bencana yang baru melanda, dan bebaskanlah tanah air kami dari marabahaya bencana alam, kelaparan, perang, dan wabah penyakit. 

Serta lindungkanlah masyarakatnya agar dapat mewujudkan negara yang adil, makmur, aman, damai dan sejahtera.Kami mohon berkat-Mu bagi kami yang mendiami tanah air ini, agar tetap memelihara dan memajukannya. Doa ini kami unjukkan kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, Amin.

Itulah 9 doa agama Kristen untuk mendoakan korban musibah dan bencana alam yang melanda Indonesia. Dengan keimanan yang dimiliki, Mama dan anak percaya bahwa Allah akan memberikan kekuatan, perlindungan, dan rancangan terbaik-Nya bagi korban musibah dan bencana, serta untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Semoga inspirasinya bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.