TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Doa Pagi Kristen untuk Anak Sebelum Beraktivitas

Mengajarkan anak untuk berdoa dengan penuh rasa syukur

12 Agustus 2022

9 Doa Pagi Kristen Anak Sebelum Beraktivitas
Freepik

Berdoa merupakan salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan untuk berbincang dengan Tuhan. Salah satu doa yang perlu diajarkan pada anak sejak dini adalah doa pagi. 

Doa pagi merupakan bentuk ungkapan wujud syukur yang perlu dipanjatkan pada Bapa di surga.

Selain itu, setiap aktivitas yang hendaknya anak lakukan baik itu sekolah, bermain, kursus, dan lain-lain, juga harus diserahkan kepada Tuhan, agar senantiasa dilancarkan dan seturut dengan kehendakNya.

Suasana pagi hari yang nyaman juga dapat membuat anak lebih tenang sebelum beraktivitas. Ingin mengajarkan anak doa pagi?

Berikut Popmama.com telah merangkum 9doa pagi Kristenuntuk anak sebelum beraktivitas. Yuk simak!

1. Doa pagi Kristen yang pertama

1. Doa pagi Kristen pertama
Freepik/Wirestock

Doa pagi Kristen yang pertama berisi tentang rasa syukur anak pada hidup yang diberikan Tuhan, dan mengajarkan anak untuk mendoakan mereka-mereka yang membutuhkan dan mengalami kesulitan. Berikut doa pagi Kristen yang pertama:

Selamat pagi ya Bapa yang bertahta pada kerajaan di surga.

Terima kasih karena telah membolehkanku untuk kembali menghirup udara segar di pagi hari ini, menikmati seluruh anugerah yang telah Engkau berikan kepadaku.

Itu semua karena kebaikan dan curahan kasih yang nyata dari Engkau di kehidupanku.

Terima kasih kuucapkan dari dasar hati yang dalam bagi Engkau, Bapa. Curahkanlah sukacita, kegembiraan, damai dan sejahtera dalam kehidupan yang akan kujalani hari ini.

Tak lupa, aku juga berdoa bagi saudara-saudara dan teman-teman yang hari ini sedang sakit. Jamahlah mereka dengan kuasaMu, supaya mereka diberi kesembuhan.

Dan bagi saudara saya yang sedang berdukacita, hiburlah mereka agar bisa mengerti hati dan pikiran mereka menjadi ikhlas, hanya Engkau yang bisa merubah duka menjadi sukacita.

Aku juga berdoa bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan, kiranya Bapa membuka jalan bagi mereka agar memperoleh kemudahan.

Doa syukur ini kucurahkan di atas nama dari segala nama, Tuhan kami Yesus Kristus.

Haluleya, Amin.

2. Doa pagi Kristen yang kedua

2. Doa pagi Kristen kedua
Freepik

Doa pagi Kristen yang kedua ini mengingatkan anak untuk percaya pada kuasa Tuhan untuk mengatur jalan kehidupannya di hari itu, bahwa Tuhan akan memberikan perlindungan selama anak beraktivitas. Inilah doa pagi Kristen yang kedua:

Bapa, pada pagi hari ini aku bersyukur kapada Engkau, karena masih boleh bangun untuk menghirup udara segar di pagi hari. Semua hanya karena izinMu.

Terimakasih ya Bapa, terima kasih karena aku masih diizinkan sekali lagi menikmati kehidupan yang penuh bahagia ini. 

Aku menyerahkan langkah kehidupanku selanjutnya, agar setiap waktu ke depannya, Engkau akan selalu menyertaiku, melindungi, serta menjaga kemanapun kaki ini berjalan dan melangkah.

Berkatilah apa saja yang akan aku lakukan, mulai dari sarapan, berangkat ke sekolah, kembali ke rumah, dan tidur.

Terimakasih Bapa, dan inilah doa pagiku yang penuh dengan rasa syukur.

Di dalam nama Yesus Kristus aku berdoa.

Haluleya, Amin.

3. Doa pagi Kristen yang ketiga

3. Doa pagi Kristen ketiga
Pexels/Cottonbro

Doa pagi Kristen yang ketiga ini mengajarkan anak untuk meminta pada Tuhan, agar ia memiliki iman yang teguh, harapan yang kuat, dan kasih yang tulus selama beraktivitas.

Berikut contoh doa pagi Kristen yang ketiga:  

Bapa yang baik, aku mau mengucapkan terimakasih kepada Engkau atas hari baru ini.

Berilah aku iman yang teguh, harapan yang kuat, dan kasih yang tulus. Jadikanlah setiap perkataan dan perbuatan yang akan kulakukan, menyenangkan hatiMu, Bapa.

Jadikanlah aku sebagai seseorang yang penuh kasih seperti diriMu ketika mengasihi semua orang.

Bimbinglah diriku, berkatilah kegiatanku pada hari ini, mulai dari bangun tidur hingga ku kembali menutup mata di malam hari.

Dalam nama Tuhan aku berdoa.

Haluleya, Amin.

Editors' Picks

4. Doa pagi Kristen yang keempat

4. Doa pagi Kristen keempat
Freepik

Doa pagi Kristen yang keempat ini mengajarkan anak untuk memohon pada Tuhan, adanya penyertaan dan pertolongan melalui orang-orang di sekitarnya. Berikut doa pagi Kristen yang keempat:

Tuhan yang Maha Baik, terima kasih pada pagi hari ini Engkau kembali membukakan mataku sehingga dapat melihat dunia luar yang begitu indah atas ciptaan-Mu.

Tak lupa aku berterima kasih karena sudah diberikan istirahat yang cukup, sehingga tubuhku dapat bangun dalam kondisi yang segar dan sehat.

Tuhan, pada kesempatan ini aku akan kembali bersekolah, sesuai dengan apa yang telah Engkau rencanakan. Maka dari itu, aku mohon penyertaan dan pertolongan dari Engkau melalui orangtua, kakak/adik, teman, guru, yang berhati baik.

Aku juga memohon akan berkatMu hari ini, sehingga hari yang akan kujalani ini dapat menjadi salah satu hari yang sangat gembira dan penuh sukacita, tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk Mama, Papa, kakak/adik, teman, dan guru.

Terimakasih ya Tuhan, Haleluya, Amin.

5. Doa pagi Kristen yang kelima

5. Doa pagi Kristen kelima
Freepik

Doa pagi Kristen yang kelima ini terbilang cukup singkat dibandingkan beberapa doa pagi di atas. Namun doa yang lebih singkat ini dapat memudahkan anak untuk memulai kebiasaan berdoa di pagi hari. Berikut isi doa pagi Kristen yang kelima:

Bapa yang ada di kerajaan Sorga.

Terimakasih atas penyertaan yang Engkau berikan kepadaku atas pagi yang indah ini.

Terimakasih telah memberi tidur yang nyenyak.

Hari ini aku akan menjalani kehidupan seperti biasa.

Maka dari itu, aku mohon sertailah selalu diri ini sepanjang hari ini.

Haluleya, Amin.

6. Doa pagi Kristen yang keenam

6. Doa pagi Kristen keenam
Freepik

Doa pagi Kristen yang keenam ini juga berfokus untuk menyampaikan rasa syukur anak pada kehidupan yang kembali diberikan Tuhan. Berikut adalah doa pagi Kristen keenam yang bisa Mama ajarkan pada anak: 

Tuhan yang mulia, terimakasih atas matahari yang menyambut dengan sinar hangat yang penuh sukacita.

Aku sangat bersyukur telah kembali diizinkan menghirup udara segar, serta dapat tinggal di dunia yang amat indah ini. Termasuk menikmati apa-apa saja yang ada di dalamnya.

Tuhan, pada pagi ini aku akan bersiap untuk melaksanakan aktivitas rutin sehari-hari. Aku tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya, namun Engkau-lah yang lebih tahu.

Maka dari itu, aku hanya dapat memohon pertolongan dan penyertaan dari Engkau.

Berkatilah setiap aktivitas yang aku lakukan hari ini dan lindungilah diri ini dari segala macam marabahaya.

 Hanya kepada Engkau, Tuhan Yesus aku berdoa, amin.

7. Doa pagi Kristen yang ketujuh

7. Doa pagi Kristen ketujuh
Freepik

Doa pagi Kristen yang ketujuh ini tak hanya dipanjatkan untuk mengungkapkan rasa syukur pada berkatNya, namun juga bersyukur atas hari baru yang menjadi pelajaran baru untuk memperbaiki sikap dan perbuatan. Inilah doa pagi Kristen yang ketujuh:

Selamat pagi Bapa yang bertahta di kerajaan surga, puji dan syukur kuucapkan atas berkatMu di pagi hari ini.

Aku naikkan doa ini dengan kerendahan hati, di dalam keterbatasan diri dan kekuatanku.

Aku tahu bahwa setiap hari baru adalah bukti kasihMu padaku, agar aku bisa belajar serta memperbaiki sikap dan perbuatanku.

Dampingilah aku di sepanjang hari ini ya Bapa, agar apa yang kukerjakan dan kuucapkan adalah kebenaran yang semuanya adalah bersumber daripadaMu.

Semoga aku bisa menjadikan berkat bagi sesama, untuk mewartakan kabar sukacita.

Inilah doa syukurku di pagi hari ini. Amin.

8. Doa pagi hari Kristen yang kedelapan

8. Doa pagi hari Kristen kedelapan
Freepik

Doa pagi hari Kristen yang kedelapan ini juga terbilang singkat untuk memulai kebiasaan anak untuk memanjatkan syukur di pagi hari. Berikut doa pagi hari Kristen yang kedelapan:

Selamat pagi Bapa, malam hari telah berganti pagi, kehidupan baru telah Engkau berikan kembali padaku. Bukan karena aku pantas atau layak, namun karena kasih karuniaMu, aku ada di pagi hari ini.

Terima kasih Tuhan, atas kesempatan baru yang telah Kau berikan kepadaku, untuk bisa memperbaiki diri agar bisa lebih layak dihadapanMu.

Biarkanlah aku bisa memuliakanMu melalui segala aktivitas yang akan kulakukan. Inilah doa syukurku di pagi hari ini.

Amin.      

9. Doa pagi Kristen yang kesembilan

9. Doa pagi Kristen kesembilan
Freepik

Doa pagi Kristen yang terakhir ini juga menunjukkan rasa syukur pada Tuhan dan memohon akan penyertaan selama anak melakukan kegiatannya.

Berikut doa pagi Kristen yang kesembilan:

Ya Bapa, terima kasih atas berkat dan perlindunganmu dari hari-hari kemarin hingga saat ini. Terima kasih atas kesempatan untukku bisa beristirahat.

Saat ini aku hendak memulai seluruh kegiatanku. Aku mohon penyertaan Roh Kudus hari ini, supaya apa pun yang aku lakukan bisa menyenangkan hati-Mu.

Tuhan, terima kasih atas berkat kesehatan dan makanan. Terima kasih atas perlindunganmu di saatku tidur. Aku sadar bahwa hidupku adalah milik-Mu, maka biarlah apa pun yang aku lakukan tidak mendukakan hati-Mu.

Aku mohon jauhkan dari yang jahat, ya Tuhan. Aku mohon penyertaanmu di sepanjang jalan nanti menuju sekolah.

Amin.

Nah itulah 9 doa pagi Kristen untuk anak sebelum beraktivitas. Hadiah terindah yang Tuhan beri adalah kesempatan untuk bangun dan menghirup udara segar di pagi hari. Semuanya karena kasih karunia Tuhan, sehingga anak bisa menjalani hari demi hari.

Maka itu, jangan lupa membiasakan anak untuk mengucap syukur melalui doa pagi. Mulai kebiasaan doa pagi ini sejak dini yuk! Agar Mama juga mengajarkan anak untuk terbiasa bersyukur dan menyerahkan hidupnya pada kuasa Tuhan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk