10 Film tentang Detektif yang Bisa Disaksikan Bersama Anak

Film yang penuh teka-teki!

26 Januari 2021

10 Film tentang Detektif Bisa Disaksikan Bersama Anak
Freepik/Goodphoto

Menyaksikan film bertemakan keluarga atau tentang anak-anak mungkin sudah sering dilakukan bersama anak. Namun apakah Mama pernah mengajak anak untuk menyaksikan film bertema misteri? Jangan khawatir Ma, walaupun disebut genre misteri, bukan berarti film horor atau tentang hantu ya!

Film misteri umumnya diambil dari kisah seorang detektif dengan teka-teki yang perlu dipecahkan, misalnya seperti kasus kejahatan atau mencari seseorang yang hilang. Ada hal menarik ketika menyaksikan film misteri, yaitu anak bisa terus penasaran dan meningkatkan kemampuan deduksinya.

Genre misteri ini dapat menguras rasa penasaran penonton dalam memahami identitas seseorang dan cara dalam menyelesaikan suatu masalah.

Kali ini Popmama.com akan membahas 9 film misteri bertemakan detektif yang bisa disaksikan bersama anak saat waktu luang. Ada film apa saja ya Ma?

Bernie the Dolphin (2018)

Bernie the Dolphin (2018)
Berniethedolphinfilm.com

Film Bernie the Dolphin merupakan film hiburan keluarga yang memberikan pesan penting tentang kehidupan hewan. Film yang dirilis pada 2018 ini menceritakan tentang dua kakak beradik laki-laki dan perempuan di St. Augustine, Florida yang bersahabat dengan seekor lumba-lumba.

Diceritakan kakak beradik ini mampu mengungkap rencana rahasia, yang menghancurkan pantai dan rumah teman baru nya.

Keduanya pun melakukan penindakan yang cerdas demi hentikan orang-orang jahat, dan melindungi kehidupan laut, dan menyelamatkan sahabat mereka, Bernie. Film yang disutradarai oleh Kirk Harris, ini, dibintangi Lola Sultan, Logan Allen, dan Kevin Sorbo.

Detective Pikachu (2019) 

Detective Pikachu (2019) 
Theroarbots.com

Detective Pikachu merupakan film live-action yang menceritakan tentang kisah tokoh kartun Pokémon yang suaranya diisi oleh aktor Ryan Reynolds sebagai Detective Pikachu. Film ini menceritakan tentang detektif Harry Goodmand, yang hilang secara misterius.

Hal ini mendorong putranya, Tim yang merupakan detektif muda untuk mencari tahu tentang penyebab hilangnya detektif Harry. Untuk membantu penyelidikan, Detective Pikachu diajak untuk menguak misteri itu.

Walaupun menjadi film misteri, film Detective Pikachu ini juga menampilkan sisi komedi yang bisa membuat anak tertawa ditengah-tengah keseriusan.

Dora and the Lost City of Gold (2019)

Dora and the Lost City of Gold (2019)
Rogerebert.com

Kartun Dora the Explorer tentunya sudah tak asing lagi di telinga anak, anak perempuan yang bermain keluar-masuk hutan bersama kawannya, boots kini muncul dalam versi live-action. Pada tahun 2019, Dora sudah beranjak remaja. Remaja petualang ini bahkan telah duduk di bangku SMA.

Film Dora and the Lost City of Gold menceritakan tentang Dora yang memimpin petualangan menyelamatkan orangtuanya dari penculikan dan para penjahat yang serakah. Para penjahat tersebut ingin orangtua Dora untuk menunjukkan di mana kota yang memiliki harta karun emas.

Bagi Dora, petualangan ini memecahkan misteri di balik hilangnya peradapan Inca. Film ini diperankan oleh Isabela Moner sebagai Dora, dan Eva Longoria serta Michael Peña sebagai orangtua Dora.

Get a Clue (2002)

Get a Clue (2002)
Heavy.com

Get a Clue merupakan Film yang dirilis oleh Disney Channel pada tahun 2002, dan dibintangi oleh Lindsay Lohan sebagai Lexy Gold, seorang remaja 13 tahun yang merupakan siswa sekolah menengah. Lexy Gold mendapatkan informasi dari dalam untuk kolom gosip sekolahnya.

Tetapi ketika guru bahasa Inggrisnya, Tn.Walker, hilang, Lexy bekerja sama dengan teman-temannya untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada Tn. Walker. Film ini dibintangi Bug Hall sebagai anak laki-laki yang membantunya, dan Ian Gomez sebagai guru yang hilang.

Film ini ditayangkan perdana di Disney Channel pada 28 Juni 2002. Disutradarai oleh Maggie Greenwald yang ditulis oleh Alana Sanko.

Editors' Picks

Harriet the Spy (1996)

Harriet the Spy (1996)
Whattowatch.com

Film Harriet the Spy ini menceritakan tentang Harriet M. Welsch yang merupakan seorang anak perempuan 11 tahun yang menjadi mata-mata dengan jas hujan kuning khasnya, ia menjadi salah satu detektif anak yang paling dikenal.  Harriet bercita-cita menjadi seorang penulis.

Hal ini membuat pengasuhnya serta sahabatnya, Golly, menyuruh Harriet untuk mulai menuliskan semua yang dilihatnya. Memiliki kecerdikan dan kejelian, Harriet mulai "memata-matai" orang-orang di sekitarnya, dan mendokumentasikan apa yang dia temukan di buku catatannya tersebut.

Film Harriet the Spy yang dirilis pada tahun 1996 ini dibintangi oleh Michelle Trachtenberg dan Rosie O'Donnell. Film ini diadaptasi dari sebuah buku yang ditulis oleh Louise Fitzhugh dengan judul yang sama dengan filmnya.

Molly Moon (2005)

Molly Moon (2005)
Indiewire.com

Film Molly Moon yang dirilis pada tahun 2005 ini dibintangi oleh Raffey Cassidy, ia merupakan anak yatim yang belajar hipnotis melalui sebuah buku. Hal ini membuat Raffer menjadi sukses dan terkenal di berbagai pertunjukan di London.

Suatu hari Molly harus menghadapi perampok bank yang berniat mengambil bukunya. Sementara Molly juga berusaha mencapai impiannya menjadi seorang penyany. Selain Raffey Casidy, film ini juga dibintangi oleh Lesley Manville, Emily Watson, dan Joan Collins.

Nancy Drew (2007)

Nancy Drew (2007)
Justwatch.com

Nancy Drew merupakan film komedi misteri Amerika yang ditayangkan pada 2007. Film ini diambil dari pada seri novel misteri populer tentang detektif remaja tituler dengan nama yang sama oleh Edward Stratemeyer.

Film ini dibintangi Emma Roberts sebagai Nancy Drew, dengan Josh Flitter dan Max Thieriot, yang menceritakan tentang detektif remaja Nancy Drew yang menemani sang Papa dalam perjalanan bisnis ke Los Angeles.

Modern, cerdas, dan mandiri, Nancy Drew bertemu dengan Helen, gadis lokal yang kejam, dan mereka bersama-sama menyelidiki misteri pembunuhan yang melibatkan bintang film.

Scooby-Doo (2002)

Scooby-Doo (2002)
Alexsfilmdiary.wordpress.com

Film Scooby-Doo yang dirilis pada tahun 2002 ini menceritakan tentang, ScoobyDoo dan teman-temannya yang tergabung di Mystery Inc untuk menutup pintunya selama dua tahun.

Namun, pada akhirnya Scooby-Doo dan rekan-rekannya yang cerdas yaitu Fred, Daphne, Shaggy dan Velma dipanggil ke Pulau Spooky untuk menyelidiki serangkaian insiden paranormal di ultra-hip Spring Break hot spot.

Khawatir bahwa resornya yang populer benar-benar dihantui, pemilik Pulau Seram, Emile Mondavarious, mencoba menyatukan kembali detektif terkenal tersebut untuk dapat memecahkan misteri sebelum rahasia supernaturalnya membuat takut kerumunan perguruan tinggi.

Di sini Scooby dan geng-nya harus mengatasi permasalahan pribadi mereka, dan melupakan semua yang mereka pikir tentang hantu palsu dan makhluk palsu, untuk memecahkan kasus dan menyelamatkan dunia.

Show Dogs (2018)

Show Dogs (2018)
Abc.net.au

Film tentang anjing mungkin sudah seringkali dipilih menjadi film keluarga, namun bagaimana jika gerombolan anjing menjadi anggota detektif kepolisian?

Film Show Dogs ini menceritakan tentang Max, anjing Rotweiler jantan yang paling populer di kalangan pasukan polisi. Max dilibatkan dalam mengungkapkan kasus penyelundupkan binatang. Di sini, Max menyamar dalam pertunjukan anjing bersama Frank yang merupakan rekan manusianya.

Max dan Frank berusaha untuk tampil menjadi peserta terbaik. Film yang digarap oleh Raja Gosnell ini diperankan oleh Will Arnett, Ludarcis, dan Natasha Lyonee.

The Adventures of Tintin (2011)

The Adventures of Tintin (2011)
Indianexpress.com

Mama tentunya sudah tak asing dengan tokoh Tintin dan anjingnya, Snowy, yang berkeliling dunia bahkan dan dunia fiksi lainnya untuk memecahkan misteri. Buku komiknya telah diterbitkan dalam bahasa Prancis dan telah diterjemahkan ke lebih dari 70 bahasa dan terjual lebih dari 200 juta eksemplar.

Kepopuleran buku komik The Adventures of Tintin membuat, Steven Spielberg menggarap sebuah film dengan judul The Adventures of Tintin. Film ini menceritakan tentang Tintin yang ditemani Snowy untuk membeli model kapal tua bernama Unicorn.

Kemudian ada karaker bernama Sakharine dan Barnaby yang mencoba membeli model darinya, tetapi Tintin menolak. Pemuda itu menemukan bahwa kapal tersebut berisi petunjuk tentang harta karun, tetapi sebelum dia dapat menemukannya, Tintin diculik dan diserahkan ke tahanan Kapten Haddock.

Nah itulah 10 rekomendasi film misteri bertemakan detektif yang bisa Mama saksikan bersama anak saat waktu luang atau pada akhir pekan. Dari 10 film di atas, film apa yang anak ingin saksikan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.