5 Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat Anak

Yoga tak hanya membuat tubuh anak sehat, tetapi juga meningkatkan kekuatan otak

5 Mei 2021

5 Gerakan Yoga Meningkatkan Konsentrasi Daya Ingat Anak
Freepik

Otak merupakan jaringan lunak yang beratnya kurang dari 1,5 kg, namun mengontrol segala bagian tubuh, termasuk kemampuan untuk berbicara, berpikir, merasakan, dan bahkan bernapas. Seorang anak membutuhkan otak untuk tetap aktif, agar tubuhnya dapat berfungsi dengan baik.

Anak sekolah khususnya perlu memiliki pikiran yang tajam untuk dapat mempelajari hal-hal baru dan menghadapi ujian yang sulit. Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasinya saat belajar.

Seperti mengonsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, atau melakukan olahraga untuk meningkatkan daya ingat. Yoga menjadi olahraga yang tepat dan bisa meningkatkan kekuatan otak dan memori anak.

Kali ini Popmama.com akan merekomendasikan beberapa gerakan yoga yang mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak ketika belajar. Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Padmasana (Pose lotus)

1. Padmasana (Pose lotus)
Freepik/Odua

Padmasana atau pose lotus adalah postur sederhana yang membantu mengurangi ketegangan otot dan menenangkan pikiran anak. Pose ini membuat anak lebih sadar dan meningkatkan fungsi otak, serta membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Cara melakukannya: Minta anak untuk duduk di lantai dengan punggung lurus dan luruskan kaki depan tubuhnya. Sekarang, tekuk lutut kiri dan letakkan jari kaki kiri di paha kanan. Kemudian, tekuk lutut kanan dan letakkan jari kaki kanan di paha kiri.

Telapak kaki anak harus menghadap ke atas. Jaga kedua telapak tangan di atas lutut dan minta anak untuk menutup matanya. Lalu minta anak untuk menenangkan pikirannya dan tarik napas dalam-dalam. Perhatikan ritme pernapasan anak.

Jaga anak untuk tetap dalam posisi ini selama sekitar lima menit dan kembali ke pose semula.

Editors' Picks

2. Sarvangasana (Pose sikap badan terbalik)

2. Sarvangasana (Pose sikap badan terbalik)
Freepik/Yanalya

Sarvangasana juga dikenal sebagai ibu dari semua asana atau latihan fisik dengan menggunakan gerakan dalam yoga. Asana ini meningkatkan fokus dan konsentrasi. Dilansir dari india.com, sesuai teks yoga, sarvangasana melibatkan semua titik pusat energi dan organ tubuh.

Ini adalah salah satu pose yoga tertua dan paling terapeutik yang mampu memelihara otak dan membuatnya tetap sehat.

Cara melakukannya: Minta anak untuk berbaring telentang di lantai. Jaga kedua kaki tetap rapat dan tangan di samping. Sekarang, minta anak untuk mengangkat kakinya hingga membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh.

Tekuk siku anak dan letakkan telapak tangan di bawah pinggang, angkat pinggang dan angkat kaki lebih tinggi. Jaga posisi kaki dan tubuh agar lurus. Tahan posisi ini selama beberapa menit dan kemudian kembali ke posisi semula.

3. Paschimottanasana (Posisi duduk membungkuk ke depan)

3. Paschimottanasana (Posisi duduk membungkuk ke depan)
Freepik

Paschimottanasana atau pose duduk membungkuk ke depan merupakan salah satu pose yang ampuh dalam meningkatkan konsentrasi. Pose ini dapat menenangkan pikiran anak dan meningkatkan daya ingatnya.

Gerakan yoga satu ini juga baik untuk sistem saraf simpatik dan juga menyembuhkan sakit kepala.

Cara melakukannya: Minta anak untuk duduk di lantai dengan kaki lurus ke depan dan tangan di samping. Punggung harus lurus dan kaki harus menyatu.

Sekarang, angkat lengan ke atas dan tundukan badan ke depan menggunakan pinggulnya. Menunduk hingga kepala menyentuh lutut dan dada di atas paha. Cobalah agar tangan dapat menyentuh jari-jari kaki. Minta anak untuk menahan posisi ini selama beberapa menit dan kembali ke posisi semula.

4.Padahastasana (Pose berdiri membungkuk ke depan)

4.Padahastasana (Pose berdiri membungkuk ke depan)
Pinterest.com/Dixie Perez

Padahastasana atau pose yoga adalah posisi di mana anak akan membungkuk ke bawah, yang mampu memberi energi pada sistem saraf serta meningkatkan aliran darah ke otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan daya ingat dan kekuatan otak.

Cara melakukannya: Mulailah dengan berdiri tegak dengan kedua tangan di samping dan kaki menyatu. Sekarang, minta anak untuk mengangkat tangannya. Tekuk ke depan dan ke bawah dari pinggul, dan coba letakkan telapak tangan di bawah kakinya.

Jaga posisi anak selama sekitar satu menit dan kembali ke posisi semula.

5. Halasana (plow pose)

5. Halasana (plow pose)
Youtube.com/Yog Sadhana

Dilansir dari india.com, halasana atau plow pose ini mampu mengurangi stres dan menenangkan pikiran, ini juga menjadi pose yang menjaga kesehatan sistem saraf anak.

Cara melakukannya: Minta anak untuk berbaring di lantai dengan punggung dengan kaki rapat dan tangan di samping. Sekarang, angkat kaki anak hingga membentuk sudut 90 derajat dengan tubuhnya. Tekuk siku dan letakkan telapak tangan di bawah pinggang.

Dengan penyangga ini, angkat kaki lebih jauh ke atas dan bawa ke atas kepala hingga akhirnya mencapai sudut 180 derajat. Sentuh lantai dengan jari-jarik kaki. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan kembali ke posisi semula.

Nah itulah beberapa gerakan yoga yang mampu meningkatkan kekuatan otak dan memorinya sehingga dapat menunjang prestasi anak. Bagaimana Ma, tertarik mengajak anak untuk yoga di waktu luang?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.