Ketahui Apa Saja Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

Keduanya penting agar anak merasa nyaman berada di sekolah

25 Februari 2021

Ketahui Apa Saja Hak Kewajiban Anak Sekolah
Freepik/Odua

Seperti halnya hak dan kewajiban di rumah, di sekolah anak juga memiliki hak dan kewajiban yang perlu dipatuhi. Walaupun masih berusia dini, anak juga perlu tahu apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika di sekolah.

Dengan mengetahui kewajibannya di sekolah, anak harus menaati setiap kewajiban yang berlaku. Hal ini untuk melatih anak ketertiban, kedisiplinan, dan memahami arti dari tanggung jawab yang diberikan.

Sehingga peraturan tak hanya untuk kebaikan sekolah, namun juga demi kebaikan anak.

Seperti halnya kewajiban, anak juga perlu mengetahui apa saja yang ia dapatkan di sekolah. Kali ini Popmama.com akan membahas apa saja daftar hak dan kewajiban anak di sekolah, yuk simak di bawah ini!

Apa Saja Hak yang Didapatkan Anak Selama di Sekolah?

Hak selama di sekolah perlu didapatkan oleh setiap anak, hal ini untuk memastikan kenyamanannya ketika belajar dan bermain di sekolah. Apa saja hak anak selama di sekolah?

1. Mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru kompeten

1. Mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru kompeten
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Tentunya sekolah menjadi tempat di mana anak belajar dam mendapatkan pengetahuan. Di sekolah anak mendapatkan berbagai ilmu dari berbagai mata pelajaran sesuai tingkatan kelasnya. Anak berhak diajarkan oleh guru-guru kompeten untuk membimbing anak agar menjadi siswa yang cerdas.

Jika tidak ada guru yang datang, anak berhak bertanya kepada staf atau guru lain untuk meminta guru pengganti jika memungkinkan.

2. Bertanya kepada guru jika ada materi yang tidak dimengerti

2. Berta kepada guru jika ada materi tidak dimengerti
Freepik/Pressfoto

Saat anak mendapati materi yang tidak dimengerti, anak boleh bertanya kepada guru yang bersangkutan, dan guru harus menjelaskan materi hingga anak memahaminya. Sebagai seorang murid, anak berhak menanyakan kembali materi yang ia tidak mengerti, dan mendapatkan bimbingan tambahan.

3. Menggunakan fasilitas sekolah

3. Menggunakan fasilitas sekolah
Freepik/Century_love

Di setiap sekolah umumnya terdapat banyak fasilitas yang disediakan, ada lapangan olahraga, perpustakaan, ruang ibadah, kantin dan lain-lain. Sebagai siswa, anak berhak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut sesuai fungsinya.

4. Mendapatkan perlindungan dan keamanan dari pihak sekolah

4. Mendapatkan perlindungan keamanan dari pihak sekolah
Freepik/Tirachardz

Sejak masuk usia sekolah, anak akan menghabiskan waktunya lebih banyak di sekolah, bersama teman-teman, guru, staf, dan anggota sekolah lainnya. Sehingga anak harus berpisah selama beberapa waktu dari orangtuanya.

Hak lain yang harus anak terima di sekolah adalah perlindungan dan keamanan, terutama dari guru dan staf sekolah, terlepas dari latar belakang suku, budaya, dan agama siswanya, untuk menunjukkan guru dan staf melindungi siswanya tanpa membeda-bedakan latar belakangnya.

Tujuannya, karena anak berada terpisah dari orangtua, sehingga orang yang dapat mengawasi anak di sekolah adalah guru dan stafnya.

Editors' Picks

Apa Saja Kewajiban Anak Selama di Sekolah?

Hak tidak bisa terlepas dari kewajiban, seperti yang dikatakan sebelumnya kewajiban ini melatih ketertiban, kedisiplinan, serta membuat anak mengerti tentang tanggung jawab yang diberikan. Berikut adalah daftar kewajiban anak di sekolah:

1. Menaati peraturan dan tata tertib sekolah

1. Menaati peraturan tata tertib sekolah
Freepik/Mas

Setiap sekolah memiliki peraturan dan tata tertib yang berbeda-beda. Sebagai seorang siswa anak wajib menaati peraturan serta tata tertib yang berlaku. Anak juga harus belajar menjaga sikap dan ketertiban selama proses belajar di sekolah. Hal ini tentunya membuat proses belajar mengajar menjadi kondusif, melatih kedisiplinan anak, serta membuat lingkungan sekolah menjadi tertib.

2. Hadir tepat waktu dan memberi keterangan jika tidak bisa hadir sekolah

2. Hadir tepat waktu memberi keterangan jika tidak bisa hadir sekolah
Freepik/Pvproduction

Seorang siswa wajib datang ke sekolah tepat waktu sebelum bel sekolah dibunyikan, yaitu ada yang pukul 06.30, atau 07.00, tergantung dari kebijakan sekolah. Peraturan ini dibuat agar siswa bisa sesuai dengan jadwal pelajaran yang telah dibuat, dari jam masuk hingga jam pulang.

Jika anak berhalangan masuk sekolah, orangtua atau wali wajib memberikan surat ijin tidak masuk sekolah atau menghubungi guru dan pihak staf sekolah.

3. Menjaga sopan santun kepada seluruh warga sekolah

3. Menjaga sopan santun kepada seluruh warga sekolah
Freepik/Pressfoto

Anak juga wajib menjunjung tinggi nilai sopan, santun, salam, senyum, dan sapa selama berada di lingkungan sekolah. Hal ini berlaku untuk seluruh warga sekolah, dari teman-teman, adik/kakak kelas, guru, staf, kepala sekolah, hingga penjaga keamanan.

Anak wajib menghargai dan menghormati seluruh warga sekolah. Selain itu, anak juga harus memelihara keamanan, ketertiban, keindahan, serta keasrian lingkungan sekolah dengan baik.

4. Mengikuti jam pelajaran dan kegiatan sekolah

4. Mengikuti jam pelajaran kegiatan sekolah
Freepik/Jcomp

Tentunya siswa wajib mengikuti seluruh kegiatan belajar mengajar dari jam pertama hingga jam terakhir. Anak tidak diperkenankan meninggalkan kelas tanpa seijin wali kelas, guru kelas, atau guru piket.

Sehabis itu, anak baru boleh meninggalkan area sekolah ketika proses belajar mengajar telah berakhir. Tak hanya itu, siswa juga wajib mengikuti semua kegiatan sekolah, seperti upacara bendera, pramuka, senam pagi, atau kegiatan lain yang dilakukan rutin setiap minggunya.

5. Menjaga nama baik sekolah

5. Menjaga nama baik sekolah
Freepik

Contoh kewajiban anak yang perlu ditaati selama di sekolah adalah menjaga nama baik sekolah. Menjaga nama baik sekolah artinya siswa dilarang melakukan hal-hal buruk di luar sekolah yang mencemarkan nama sekolah. Seperti tidak mencoret-coret fasilitas umum, hingga melakukan aksi tawuran.

6. Tidak merusak fasilitas sekolah

6. Tidak merusak fasilitas sekolah
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Para siswa telah diberikan berbagai fasilitas di sekolah untuk menunjang kenyamanannya, namun bukan berarti bisa dirusak atau digunakan sembarangan. Karena setiap siswa diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas yang digunakan bersama di sekolah.

7. Menggunakan seragam sesuai ketentuan sekolah

7. Menggunakan seragam sesuai ketentuan sekolah
Freepik

Kewajiban lainnya yang tidak kalah penting adalah, penggunaan seragam dan ketentuan warna sepatu. Siswa wajib menggunakan seragam dan atribut sekolah sesuai ketentuan dari sekolah yang telah disetujui oleh pihak berwenang seperti dinas pendidikan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nah itulah hak dan kewajiban anak selama di sekolah. Selain mengetahui dan meminta anak untuk menerapkan kewajiban di sekolah, penting bagi Mama untuk memastikan apa saja hak yang didapatkan anak selama agar ia merasa nyaman dan sejahtera saat belajar di sekolah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.