10 Ide Permainan untuk Mengisi Waktu Luang Anak 6-12 Tahun

Menghibur sekaligus mempererat hubungan anggota keluarga di tengah kesibukan

27 Maret 2022

10 Ide Permainan Mengisi Waktu Luang Anak 6-12 Tahun
Freepik

Seringkali orangtua disibukkan dengan urusan pekerjaan sehingga lupa bahwa anak-anaknya yang berada di usia sekolah, tetap membutuhkan quality time bersama Mama dan Papanya.

Meski terkadang anak juga sibuk dengan ponsel, video game, hingga tugas sekolah, Mama bisa menyiapkan beberapa ide segar untuk menghibur anak sambil mempererat hubungan keluarga.

Beberapa permainan ini bahkan bisa dilakukan di dalam rumah saja, sehingga tak perlu khawatir jika cuaca sedang tidak mendukung.

Untuk membantu Mama memilih beberapa permainan, kali ini Popmama.com telah merangkum 10 ide permainan untuk mengisi waktu luang anak 6-12 tahun.

Intip beberapa idenya di bawah ini yuk!

1. Permainan bola dan cangkir

1. Permainan bola cangkir
museum.wales

Terkadang hal yang paling sederhana bisa berubah menjadi waktu yang menyenangkan bagi seluruh keluarga, dan aktivitas ini adalah salah satunya!

Permainan bola dan cangkir adalah persis seperti apa kedengarannya. Untuk mempersiapkan permainan ini, tempelkan seutas tali pada bola pingpong kecil, kemudian ikatkan ujung tali satunya ke gagang cangkir.

Cara bermainnya pun cukup mudah, minta setiap pemain untuk memasukkan jarinya ke gagang cangkir. Lalu lemparkan bola dan tangkap sampai masuk ke dalam cangkir.

Pemain yang berhasil menangkap bola paling banyak, memenangkan permainan.

Mudah sekali bukan?

2. Melempar koin

2. Melempar koin
Freepik

Jika anak mama menyukai permainan melempar cincin atau permainan serupa, dan memiliki banyak uang receh di rumah, maka permainan ini mungkin merupakan cara yang tepat untuk menghabiskan waktu luang bersama anak dengan menyenangkan.

Untuk bermain, Mama cukup meletakkan beberapa wadah dengan ukuran berbeda di atas meja, lalu mintalah anak-anak bergiliran berdiri beberapa langkah dari wadah sambil mencoba melemparkan koin ke dalamnya.

Semakin kecil wadahnya maka poinnya semakin tinggi. Siapa pun yang mendapatkan poin paling banyak ke dalam wadah, akan menjadi pemenang!

3. Hangman

3. Hangman
happymomhacks.com

Permainan dalam ruangan tak semuanya harus melibatkan aktivitas fisik. Faktanya, terkadang permainan yang bisa dimainkan di selembar kertas juga dapat menghibur, contohnya seperti Hangman.

Untuk bermain, putuskan tema apa yang digunakan, apakah hewan, nama negara, pakaian, dll. Lalu tentukan siapa yang akan menulis sebuah kata rahasia terlebih dulu.

Setelah itu minta pemain tersebut untuk menuliskan berapa huruf yang ada di kata rahasia tersebut di atas kertas misalnya "Gajah", maka buatlah lima garis, dan gambar tempat hangman untuk memulai permainan

Kemudian, semua orang akan bergiliran menebak huruf yang mungkin ada dalam kata tersebut. Setiap tebakan yang benar akan ditambahkan ke dalam kata, sementara jawaban yang salah menambahkan bagian tubuh lain ke hangman.

Setelah seseorang menebak huruf yang benar, pemain yang menang adalah ia yang dapat mencoba menebak seluruh kata.

4. Dua puluh pertanyaan

4. Dua puluh pertanyaan
Freepik

Seperti Hangman, dua puluh pertanyaan adalah permainan menyenangkan lain yang membutuhkan lebih banyak pemikiran daripada bekerja, tetapi itu benar-benar dapat membuat anak-anak bingung sambil bersenang-senang!

Untuk bermain, satu orang harus memikirkan seseorang, tempat, atau benda, lalu semua orang bergiliran mengajukan pertanyaan yang akan dijawab dengan "ya" atau "tidak" untuk mencoba mencari tahu apa kata yang tepat itu.

Setelah mengajukan pertanyaan, pemain menebak jawabannya. Siapa pun yang menebak dengan benar akan memikirkan kata misteri berikutnya.

Editors' Picks

5. Permainan sardin

5. Permainan sardin
Freepik/Yanalya

Mama tentu sudah tak asing dengan permainan petak umpet, bukan? Mama mungkin pernah memainkan permainan ini dengan anak pada saat ia masih kecil dulu. Kali ini, cobalah versi lain dari petak umpet yang bernama permainan sardin.

Tenang, Mama tak perlu menyiapkan ikan sardin untuk permainan ini kok! Dilansir dari Ice Breakers, permainan ini hanya melibatkan satu orang yang bersembunyi, sementara yang lainnya mencari satu orang tersebut.

Namun, alih-alih memberi tahu pemain lain ketika menemukan orang yang bersembunyi, ia harus diam-diam bergabung dengan pemain yang bersembunyi itu di tempat persembunyian.

Ini berlanjut sampai orang terakhir menemukan seluruh kelompok yang sedang bersemunyi. Orang terakhir ini juga menjadi orang berikutnya yang bersembunyi lebih dulu.

Seru sekali ya Ma!

6. Tebak gerakan

6. Tebak gerakan
Freepik/karlyukav

Siapa yang tak mengenal permainan yang satu ini? Permainan tebak gerakan dalam ruangan ini juga dikenal menyenangkan.

Alih-alih pertanyaan yang menjurus pada jawaban "ya" atau "tidak", setiap pemain harus menebak kata yang ditunjukkan dalam bentuk gerakan oleh salah satu pemain.

Anak sekolah akan senang dengan yang satu ini, itu pasti!

7. Tebak gambar

7. Tebak gambar
Pexels/cottonbro

Tebak-tebakan yang satu ini sangat mirip dengan tebak gerakan, namun alih-alih menunjukkan jawabannya dengan gerakan, salah satu pemain harus memberikan petunjuk jawaban dengan menggambar.

Untuk bermain, Mama hanya perlu buku gambar dan krayon atau spidol, dan kemudian semua orang akan duduk dan menebak saat pemain menggambar, sampai seseorang mendapatkan kata yang tepat.

Permainan ini dilakukan dengan bergiliran, sehingga anak yang kesulitan dengan menggambar, akan menjadi lebih percaya diri di permainan yang satu ini!

8. Permainan koper

8. Permainan koper
Pexels/Gustavo Fring

Ingin bermain yang sekaligus meningkatkan memori anak sekolah? Maka permainan koper ini bisa menjadi pilihan tepat.

Permainan ini dapat dilakukan oleh beberapa anggota keluarga, Mama bisa mengajak Papa, kakak, atau adik untuk bermain bersama. Permainan ini mengharuskan setiap pemain untuk menempatkan beberapa barang di dalam koper tanpa diketahui pemain lain.

Permainan koper dimulai ketika satu orang harus mengatakan sebuah barang yang dapat dikemas dalam koper. Pemain berikutnya menyebutkan barang yang berbeda, namun juga mengatakan apa yang dipilih orang sebelumnya.

Jika anak tidak dapat mengingat perkataan orang sebelumnya, mengulangi, atau melewatkan satu barang dalam daftar, maka ia otomatis keluar dari permainan.

9. Bermain kartu UNO

9. Bermain kartu UNO
Pexels/Yan Krukov

UNO merupakan permainan kartu yang memiliki gaya berbeda dalam permainan kartu pada umumnya. Permainan kertas ini dapat dilakukan minimal dengan dua orang pemain. Akan lebih seru jika dimainkan lebih banyak orang. 

Cara bermain kartu ini cukup mudah. Pemain hanya perlu mengeluarkan kartu sesuai kartu yang dikeluarkan dari pemain sebelumnya. Hal yang harus disesuaikan adalah angka dan warna. 

Permainan ini dapat mengajarkan anak untuk lebih bersabar. Sebab, ia harus bergantian dengan pemain lainnya untuk bergiliran mengeluarkan kartu yang dimiliki. 

Selain itu, bermain UNO juga bersifat kompetitif sehingga membutuhkan daya berfikir lebih untuk menetukan strategi permainan agar bisa memenangkan game.

10. Permainan papan

10. Permainan papan
flickr.com

Jika tidak ada yang menarik bagi Mama atau anak, selalu ada opsi untuk permainan cadangan. Yaitu permainan papan.

Ada banyak permainan papan yang bagus untuk anak-anak sekolah dasar dan remaja, termasuk beberapa permainan klasik seperti Monopoli, ludo, ular tangga, dll.

Nah itulah 10 ide permainan untuk mengisi waktu luang anak 6-12 tahun. Ketika Mama mencari hiburan untuk waktu luang atau untuk mengisi akhir pekan di rumah saja, 10 permainan ini adalah pilihan yang bagus.

Jadi, pilih satu dan selamat bersenang-senang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk