Inspiratif, 5 Cara Mendidik Anak a la Bill Gates

Selalu mengajarkan anak tentang indahnya memberi pada orang lain

30 November 2020

Inspiratif, 5 Cara Mendidik Anak a la Bill Gates
Briefly.co.za

Siapa yang tidak kenal tokoh yang satu ini? Bill Gates merupakan tokoh bisnis, investor, penulis asal Amerika Serikat, yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft. Tak hanya dalam bidang bisnis teknologi, banyak orang di seluruh dunia yang mendapatkan inspirasi dari Bill Gates.

Hal ini tentunya sudah tidak mengherankan, karena ia merupakan tokoh sukses yang menjadi miliarder pada usia 31 tahun.

Selain itu, Bill Gates juga merupakan seorang Papa dari 3 anak, Jennifer Katharine Gates (24 tahun), Rory John Gates (21 tahun), dan Phoebe Adele Gates (18 tahun).

Walaupun Bill Gates lebih sering membahas tentang hal bisnis teknologi, Mama tetap bisa belajar dari Bill Gates dan Melinda Gates saat membesarkan dan mendidik ketiga anaknya.

Kali ini Popmama.com akan membahas 5 pelajaran hidup penting bagaimana Bill Gates dan Melinda Gates dalam mendidik anak-anaknya.

1. Tidak memanjakan anak dengan selalu memberikan apa yang diinginkannya

1. Tidak memanjakan anak selalu memberikan apa diinginkannya
Freepik/Sodawhiskey

Beberapa orangtua sulit untuk mengatakan "tidak" kepada anak-anak ketika mereka meminta sesuatu.  Namun, Mama harus ingat bahwa dengan tidak selalu menuruti setiap permintaan anak, maka Mama bisa mengajarkannya untuk lebih menghargai apa yang bisa dimiliki oleh anak.

Bahkan orang terkaya nomer tiga di dunia menetapkan aturan ini untuk anak-anaknya dalam hal materi. 

Contoh kasusnya, ketiga anak Bill Gates masing-masing harus menunggu ulang tahunnya yang ke-13 tahun untuk mendapatkan sebuah ponsel.

Keluarga Gates memutuskan bahwa 14 merupakan usia yang sesuai untuk ponsel, seperti yang diungkapkannya dalam wawancara acara Today.

Dengan menetapkan aturan dan batasan di rumah sendiri, Mama dapat membantu mengembangkan kesabaran dan rasa kepuasan anak-anak.

2. Ketika anak menginginkan sesuatu, anak harus berusaha untuk mendapatkannya

2. Ketika anak menginginkan sesuatu, anak harus berusaha mendapatkannya
Freepik/Gpointstudio

Tips mendidik anak selanjutnya dari Bill Gates adalah, mengajarkan anak untuk berusaha atau belajar untuk apa yang mereka inginkan, bisa dengan melakukan pekerjaan rumah, atau belajar dengan baik di sekolah.

Mama dapat memotivasi anak dengan memberikan mainan atau imbalan yang sangat mereka sukai sebagai hadiah atas usaha yang dilakukannya dengan baik.

Hal inilah yang juga dilakukan Bill Gates dengan anak-anaknya, ia meminta ketiga anaknya untuk melakukan pekerjaan rumah dengan imbalan uang saku.

Jadi, jika si Kecil menginginkan uang jajan ekstra, mereka juga perlu melakukan kebaikan secara ekstra untuk mendapatkan yang mereka mau.

Editors' Picks

3. Ketika hidup berjalan dengan baik maka jangan lupa untuk berbagi pada yang membutuhkan

3. Ketika hidup berjalan baik maka jangan lupa berbagi membutuhkan
Freepik

Memberi dan kasih sayang adalah kebajikan penting bagi anak-anak untuk tumbuh bersama.  Inilah sebabnya mengapa “memberikan” adalah sesuatu yang diajarkan oleh Bill Gates dan Melinda Gates kepada anak-anak mereka. 

Dalam sebuah wawancara, Melinda mengatakan bahwa anak-anaknya menabung sepertiga dari tunjangan mereka, dan menunjuk sebuah badan amal yang akan menerima uang tersebut.

Untuk mendorong motivasi anaknya, Bill dan Melinda bahkan menggandakan berapapun jumlah yang telah ditabung untuk disumbangkan. 

Sehingga keluarga Gates seringkali menjadi sukarelawan, dan Melinda Gates berusaha mengajak anak-anaknya untuk bertemu dengan masyarakat yang kurang beruntung. Mama juga dapat mengajari anak- untuk “memberikan” dengan cara mereka sendiri. 

Sebagai permulaan, Mama dapat mendorong anak untuk menyumbangkan mainan lama ke panti asuhan setempat. 

Anak yang lebih besar dapat menjadi sukarelawan untuk membantu membersihkan lingkungan sekitar atau mengumpulkan dana untuk tujuan yang bermanfaat.

4. Mewujudkan minat anak dengan mengajarkannya hal-hal yang berbeda

4. Mewujudkan minat anak mengajarkan hal-hal berbeda
Freepik/Beavera

Dalam sebuah wawancara di Larry King Live, Bill Gates menceritakan bahwa dirinya beruntung telah menemukan karier yang benar-benar ia cintai. 

Masa depan inilah yang ia harapkan untuk anak-anaknya, dan ia membantu anak-anaknya dalam mewujudkan minat mereka dengan mengajarkan mereka pada hal-hal yang berbeda. 

Mama dapat melakukan hal yang sama untuk anak, dengan memperhatikan minatnya, mengenali bakat dan kemampuannya, dan menunjukkan dukungan untuk anak. 

Melalui berbagai aktivitas dan pengalaman, Mama dapat membantu anak menjadi lebih baik dalam hal-hal yang mereka sukai.

5. Mengajarkan pada anak nilai kerja keras

5. Mengajarkan anak nilai kerja keras
Pexels/Andrea Piacquadio

Wajar bagi orangtua, ingin melindungi anak-anaknya dari kesulitan atau bahaya. Tetapi meskipun ingin selalu bersama anak sepanjang hidup dan memanjakannya sebaik mungkin, nilai kerja keras adalah sesuatu yang harus anak pelajari.

Bahkan Bill Gates menyadari hal ini dan menerapkannya dalam pengasuhannya. Karena inilah anak-anak Bill Gates tidak akan mewarisi jutaan. Sebaliknya, sebagian besar kekayaannya akan disumbangkan untuk amal.

Keputusan ini diambil karena ia ingin anak-anaknya memiliki rasa bahwa bekerja sendiri lebih bermakna dan penting.

Bill percaya bahwa yang terbaik bagi mereka adalah pendidikan yang akan memungkinkan mereka untuk meningkatkan kemampuannya sendiri, dan memungkinkan mereka untuk berhasil sendiri. 

Maka dari itu, utamakan pada pendidikan anak dan pastikan anak memiliki perangkat yang mereka butuhkan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya.

Ketika Mama mendidik anak dengan cara ini, Mama memungkinkan anak untuk mengandalkan dirinya sendiri dan mencapai kesuksesannya juga. 

Itulah cara mendidik anak dari Bill Gates yang mungkin bisa menginspirasi Mama dan Papa. Jika ada yang bisa diterapkan pada anak-anak di rumah, mungkin bisa disesuaikan dengan kondisi di setiap keluarga.

4 Tips Penggunaan Gadget a la Bill Gates

4 Tips Penggunaan Gadget a la Bill Gates
Themuslimtimes.info

Bill Gates, salah satu pemimpin perusahaan teknologi paling berpengaruh di dunia, juga memiliki aturan dalam membatasi penggunaan teknologi untuk anak-anaknya di rumah, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketiga anaknya tidak boleh memiliki ponsel hingga usia 14 tahun
  2. Tidak diizinkan menggunakan ponsel di meja makan
  3. Tidak boleh membawa ponsel ke tempat tidur setelah lampu padam.
  4. Menerapkan batasan waktu layar saat anaknya mulai terikat dengan video game.

Nah itu dia Ma, pelajaran hidup penting Bill Gates yang diajarkan pada ketiga anaknya, serta tips penggunaan gadget untuk anak-anak. Apakah Mama akan menerapkan pelajaran hidup ini kepada anak?  Ajaran berharga apa yang Mama rasa perlu dibagikan dengan anak?

Itulah pelajaran parenting dari Bill Gates yang sangat bagus dan inspiratif. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.