Beri Tahu Anak! Jenis-Jenis Ikan yang Boleh Dikonsumsi dan Manfaatnya

Jangan sampai anak mengonsumsi ikan yang beracun ya!

25 Mei 2022

Beri Tahu Anak Jenis-Jenis Ikan Boleh Dikonsumsi Manfaatnya
Freepik/Mdjaff

Seperti yang Mama ketahui, ikan kaya akan kandungan protein, vitamin, dan mineral berkualitas tinggi.

Tak hanya itu, ikan juga merupakan sumber lemak sehat yang hebat seperti asam docosahexaenoic (DHA) yang penting untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan anak.

Walau baik untuk tubuh, ternyata tak semua ikan boleh dikonsumsi lho! Namun untungnya masih banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi, seperti ikan air tawar, payau, air asin atau laut. 

Yuk beri tahu anak jenis-jenis ikan yang boleh dikonsumsi dan manfaatnya, yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

Editors' Picks

1. Ikan air laut

1. Ikan air laut
Freepik/Racool_studio

Mama tentu telah mengetahui bahwa ikan laut populer dengan kandungan gizinya yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi anak. Namun anak perlu diingatkan bahwa, tak semua ikan laut bisa dikonsumsi, karena ada beberapa jenis ikan yang beracun.

Beberapa ikan laut yang boleh dikonsumsi adalah ikan salmon, yang populer dengan kandungan lemak sehatnya dan juga kandungan omega-3 yang tinggi, sehingga bisa menyehatkan jantung.

Tak hanya salmon, ada juga ikan tuna yang memiliki kandungan tinggi vitamin dan protein. Selain itu juga ada ikan laut bernama sarden dan ikan trout yang aman dikonsumsi dan menyehatkan. Kemudian juga ada ikan tenggiri yang kaya akan vitamin B12 dan kandungan omega-3.

Meski memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi, ikan air air laut tidak bisa dibudidayakan dengan mudah.

2. Ikan air tawar

2. Ikan air tawar
Freepik/Timolina

Ada banyak jenis ikan air tawar yang bisa anak mama konsumsi. Faktanya, bahkan jenis ikan ini lebih mudah ditemukan di berbagai restoran atau tempat makan.

Ikan yang ada di air tawar juga lebih mudah dibudidayakan, sehingga bisa dengan mudah ditemukan. Contoh ikan air tawar ini adalah ikan gurami, ikan mas, ikan mujair, ikan lele, ikan nila, dan lain sebagainya.

Ikan pada air tawar memilik kandungan protein yang tidak kalah dengan ikan air laut lho!

Selain protein, ikan air tawar juga memiliki kandungan vitamin, dan mineral seperti omega-3 dan omega-6 yang baik untuk mencegah penyakit berbahaya.

3. Ikan air payau

3. Ikan air payau
Freepik/ikarahma

Selain ikan yang ada di air laut dan di air tawar, ikan yang hidup di air payau juga bisa dikonsumsi, lho! Air payau merupakan air yang ada di muara sungai dan menjadi tempat bertemunya air tawar dan air laut.

Kandungan pada ikan air payau ini juga menyehatkan, masih memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh.

Tak hanya kandungan proteinnya yang baik, jenis ikan air payau juga masih bisa dibudidayakan dengan mudah sehingga bisa mudah ditemukan.

Contoh ikan air payau yang bisa dikonsumsi adalah ikan bandeng, ikan belanak, ikan kakap putih, dan ikan mujair.

Nah itulah jenis-jenis ikan yang boleh dikonsumsi dan manfaatnya. Mengenalkan anak pada manfaat ikan, dapat membuatnya terpikat pada hidangan yang satu ini.

Membantu mengenalkan ikan yang aman, juga menjadi cara yang tepat bagi anak untuk memilih hidangan ikan bergizi dan lezat yang dibutuhkan untuk tubuhnya sedang tumbuh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk