7 Kegiatan yang Bisa Meredakan Stres untuk Mama dan Anak

Jangan sampai stres yang orangtua alami, "menular" pada anak ya!

27 Mei 2022

7 Kegiatan Bisa Meredakan Stres Mama Anak
Pexels/Any Lane

Sebuah penelitian di tahun 2021 dari University of Oregon mengatakan bahwa pandemi dan new normal menyebabkan orangtua menjadi lebih mudah stres daripada sebelumnya.

Tak hanya berjuang untuk mempertahankan kepala tetap dingin dan jernih, tetapi setiap orangtua juga harus menjaga stresnya agar tidak "menular" pada anak-anak di rumah.

Jika Mama mencari cara untuk memutus siklus stres ini, ada beberapa aktivitas penghilang stres yang bagus untuk dilakukan oleh Mama dan anak.

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 kegiatan yang bisa meredakan stres untuk Mama dan anak. Yuk simak!

1. Meditasi terpandu

1. Meditasi terpandu
Freepik

Kebanyakan Mama tentu sudah tahu meditasi membantu merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran. Sayangnya, anak-anak tidak selalu mengerti bagaimana duduk diam dan hanya fokus pada napas mereka.

Hal ini dapat membuat teknik meditasi dasar sulit dilakukan bersama-sama. Untungnya, meditasi terpandu masih sangat menenangkan, dan anak-anak seringkali suka mendengarkannya!

Meditasi terpandu pada dasarnya memandu kita dalam bermeditasi, untuk durasi waktu tertentu. Terkadang meditasi terpandu mencakup latihan visualisasi, dan di lain waktu mereka hanya memberitahu pola pernapasan dan bagian tubuh saat bersantai.

Seperti bentuk meditasi lainnya, tujuan meditasi terpandu adalah untuk fokus pada latihan dan membiarkan segala sesuatu yang lain (termasuk stres) mencair.

Untuk menemukan meditasi terpandu yang sederhana dan santai, Mama dapat menggunakan aplikasi atau bahkan langsung membuka YouTube dan memainkan salah satu rekaman meditasi terpandu.

2. Melakukan aktivitas fisik

2. Melakukan aktivitas fisik
Freepik

Dilansir dari Mercy Home, berolahraga sebenarnya adalah cara yang bagus bagi keluarga untuk menikmati waktu berkualitas bersama dan menghilangkan stres.

Seperti yang Mama ketahui, anak-anak suka berlari, mengendarai sepeda, atau menjelajahi taman. Ini meningkatkan hormon endorfin serta keringat, yang membantu Mama dan anak-anak merasa lebih bahagia dan mengurangi stres.

Namun jika Mama lebih suka menemukan cara untuk berolahraga di dalam ruangan, yoga adalah bentuk penghilang stres yang hebat, dan juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan fisik yang luar biasa.

Meskipun tidak sedang berlari atau meningkatkan detak jantung, yoga tetap membantu Mama dan anak menjadi aktif dan melatih berbagai otot di dalam tubuh. Bahkan jika anak masih kecil, ada banyak pose yoga sederhana yang bisa ia kuasai.

Editors' Picks

3. Memasak bersama

3. Memasak bersama
Pexels/Mikhail Nilov

Percaya atau tidak, memasak membantu anak-anak rileks, dan banyak Mama juga yang merasa tenang melakukannya!

Memasak adalah bentuk perhatian sendiri, dan gerakan berulang seperti memotong dan mengaduk, membantu menghilangkan stres. Memasak juga merupakan bentuk kreativitas dan ekspresi emosional sendiri, yang sangat bagus untuk Mama dan anak.

Selain itu, memasak dan makan malam bersama keluarga mendorong komunikasi yang sehat dan ikatan orangtua-anak, yang membuat Mama dan anak merasa senang.

4. Membuat kerajinan atau menggambar

4. Membuat kerajinan atau menggambar
Freepik/Rawpixel-com

Siapa yang tak suka mewarnai atau melukis dari waktu ke waktu?

Mama mungkin menganggap bahwa membuat kerajinan atau aktivitas mewarnai, tidak terdengar seperti penghilang stres. Namun para ahli medis dengan VeryWell Mind mengatakan seni merupakan bentuk penghilang stres yang dapat dinikmati semua anggota keluarga.

Seni adalah aktivitas yang membantu mengalihkan pikiran dari berbagai hal karena membutuhkan konsentrasi dan melibatkan banyak indra.

Selain itu, seni adalah bentuk perawatan diri yang hebat karena ia menyediakan wadah kreatif dan benar-benar membuat Mama dan anak lebih rileks.

Tak hanya itu, akan terasa menyenangkan untuk melihat anak aktif saat melukis atau menggambar bersama sesekali. Kenangan semacam itu adalah yang akan hidup dalam pikiran anak selama sisa hidupnya.

5.Jadwalkan malam permainan keluarga

5.Jadwalkan malam permainan keluarga
Freepik/Vadiar

Ketika Mama dan anak-anak merasa terhubung, semua orang biasanya merasa lebih bahagia dan tidak terlalu stres.

Tetapi ketika keluarga terus-menerus sibuk, akan sulit untuk mengumpulkan semua orang pada saat yang sama dan melibatkan mereka dalam aktivitas yang akan dinikmati semua orang.

Untungnya, permainan papan atau kartu adalah penyeimbang yang hebat di sebagian besar rumah tangga.

Kebanyakan orangtua dan anak-anak tidak hanya menganggap permainan papan itu menyenangkan dan mengasyikkan, tetapi keluarga biasanya juga terikat saat mereka bermain bersama.

Mama dapat menggunakan waktu bersama di meja untuk berkomunikasi, berbagi perasaan, dan banyak tertawa bersama!

6. Menonton film bersama

6. Menonton film bersama
Freepik/Tirachardz

Menonton film rasanya menjadi aktivitas yang cocok untuk dilakukan di hampir segala situasi, termasuk ketika Mama dan anak butuh istirahat dari aktivitas sehari-hari yang bisa membuat stres.

Saksikan rekomendasi pilihan film yang sesuai dengan usia anak, lalu mintalah ia memilih satu atau beberapa film.

Mama juga bisa menyiapkan makanan yang identik dengan menonton film, seperti popcorn atau kentang goreng. Atau hanya meringkuk di sofa dengan selimut tebal sambil menonton film dapat sangat menyenangkan.

Jangan lupa untuk mematikan lampu agar terkesan seperti menonton di bioskop sungguhan.

7. Tetapkan rutinitas waktu tidur yang tenang dan konsisten

7. Tetapkan rutinitas waktu tidur tenang konsisten
Freepik/Tirachardz

Yang ini terdengar agak konyol, tetapi sebenarnya ini adalah masalah umum bagi banyak keluarga.

Ketika kebutuhan dasar kita seperti konsumsi air dan tidur yang cukup tidak terpenuhi, American Psychological Association (APA) mengatakan kita secara alami lebih rentan terhadap stres. Ini bahkan berlaku untuk orangtua dan anak-anak.

Sehingga jika kemungkinan jadwal tidur Mama tidak teratur, tidur anak mungkin juga tidak akan teratur. Untungnya, Mama dan anak-anak dapat mengatasinya bersama-sama dengan mengembangkan rutinitas waktu tidur yang tenang dan konsisten.

Untuk memiliki waktu tidur yang teratur, pastikan untuk mematikan semua layar setidaknya satu jam sebelum tidur, menghindari camilan manis atau minuman berkafein, atau membaca setidaknya beberapa cerita pengantar tidur bersama anak.

Nah itulah 7 kegiatan yang bisa meredakan stres untuk Mama dan anak. Tak dapat dimungkiri bahwa stres dapat menjadi masalah kesehatan mental yang serius bagi Mama dan anak.

Namun, jika Mama menerapkan setidaknya beberapa aktivitas penghilang stres ini sebagai sebuah keluarga, maka semua akan menikmati manfaatnya dengan baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk