5 Kebiasaan yang Mempererat Ikatan Mama dengan Anak Perempuan

Dukungan dari Mama sangat membantu anak melewati masa-masa sulitnya lho!

28 November 2021

5 Kebiasaan Mempererat Ikatan Mama Anak Perempuan
Pexels/Ron Lach

Banyak para Mama dan anak perempuan memiliki hubungan yang tidak dapat dipatahkan. Tetapi ikatan ini tidak datang tanpa banyaknya kerja keras dan pengasuhan yang menjadikan hubungan ini kuat dan sehat.

Ketika Mama ingin mempererat hubungan dengan anak perempuan, ada banyak kebiasaan kecil yang sehat yang bisa dilakukan dan jadikan rutinitas bersama putri tercinta. 

Bagian menariknya lagi adalah, bahwa beberapa kebiasaan ini melibatkan menghabiskan waktu bersama, selain itu Mama juga dapat membangun anak menjadi perempuan muda yang percaya diri.

Jadi, jika Mama ingin tahu kebiasaan yang dapat mempererat hubungan dengan anak perempuan, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa kegiatan di bawah ini.

Yuk simak, beberapa kegiatan untuk mempererat ikatan Mama dan anak perempuan berikut!

1. Berpelukan bersama

1. Berpelukan bersama
Freepik

Tak ada yang lebih baik daripada momen berpelukan dengan putri tercinta. Dilansir dari Very Well Family, berpelukan adalah pengalaman ikatan yang hebat bagi Mama dan anak perempuannya, karena berfungsi untuk memberikan sentuhan fisik dan hubungan yang kuat.

Hal yang sangat menarik tentang kebiasaan sehat ini adalah Mama bahkan dapat memulainya ketika anak masih bayi, balita, atau usia muda untuk melatih ikatan yang kuat itu.

Mama juga dapat memberikan anak perempuan banyak pelukan sepanjang hari, atau bahkan menghabiskan waktu ekstra di tempat tidur bersamanya di malam hari untuk waktu berpelukan, karena itu hanya akan menambah kedekatan dalam hubungan.

Editors' Picks

2. Menghabiskan waktu dengan masing-masing anak secara bergantian

2. Menghabiskan waktu masing-masing anak secara bergantian
Freepik

Kebiasaan sehat lain yang berhasil menciptakan ikatan yang kuat antara Mama dan anak perempuan adalah menghabiskan waktu bersama yang berkualitas.

Dilansir dari Psychology Today menyarankan, penting untuk menghabiskan waktu berduaan dengan anak perempuan, minimal 15 menit waktu bersama di sela-sela aktivitas padat untuk menghabiskan waktu berdua dengannya setiap hari.

Kegiatan ini dapat membantu memperkuat hubungan orangtua-anak. Jika Mama memiliki dua anak atau lebih,  lakukan rutinitas ini secara bergiliran.

Jangan lupa untuk bergantian menentukan kegiatan yang akan dilakukan, antara sesuatu yang ingin dilakukan anak perempuan lakukan dengan sesuatu yang ingin Mama lakukan. Itu akan membangun kemampuan untuk berkompromi dan mempertimbangkan apa yang membuat orang lain bahagia.

3. Jadilah pendukung terbesar anak

3. Jadilah pendukung terbesar anak
Freepik/karlyukav

Dilansir dari Care, jika orangtua ingin mengembangkan ikatan yang kuat dengan anak perempuan dengan menciptakan kebiasaan sehat sejak usia dini, cobalah untuk berfokus pada kekuatan yang anak miliki secara rutin.

Selain membantu membangun kepercayaan dirinya, cara ini juga bekerja untuk membangun rasa bangga anak terhadap diri sendiri ketika melakukan sesuatu dengan baik.

Meski terkadang ada sedikit tekanan yang diberikan pada anak perempuan, sebaiknya berikanlah saran yang penuh kasih, bukan membuat tuduhan kritis dalam hal perilaku, perkembangan, atau bahkan kegiatan favoritnya.

Ini hanya akan membantu membangun kepercayaan diri serta hubungan dengan putri tercinta. Jangan lupa juga untuk menunjukkan pada anak bahwa Mama adalah salah satu pemandu sorak terbesarnya

4. Ajarkan anak tentang emosi dan biarkan ia mengekspresikan dirinya

4. Ajarkan anak tentang emosi biarkan ia mengekspresikan dirinya
Freepik/Artfolio

Dilansir dari Quick and Dirty Tips, ikatan Mama dan anak perempuan yang kuat dapat dibentuk pada usia muda ketika Mama benar-benar bekerja untuk mengembangkan pendidikan emosional pada anak.

Laman tersebut mendefinisikan kecerdasan emosional sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengelola emosi diri sendiri, serta emosi orang lain.

Jadi, jika Mama mengajarkan putri tercinta untuk mengekspresikan dirinya secara terbuka sejak usia muda, bahkan tentang hal-hal yang mungkin tampak konyol seperti merasa takut pada suara petir, ini akan membentuk kecerdasan emosional dan membentuk hubungan yang terbuka dengan Mama disepanjang hidupnya.

Maka dari itu, katakanlah pada anak, bahwa ia dapat berbicara dengan Mama tentang apa pun dan tidak perlu takut dikritik atau dipermalukan.

5. Buatlah komunikasi agar tetap terbuka

5. Buatlah komunikasi agar tetap terbuka
Freepik/Tirachardz

Terakhir dan tak kalah penting, jika Mama berharap untuk mengembangkan ikatan yang kuat dan tahan lama dengan anak perempuan sejak usianya masih muda, penting untuk membuat jalur komunikasi agar terus terbuka.

Dilansir dari Firstcry Parenting, titik awal yang baik dari kebiasaan apapun adalah berbicara dengan terbuka. Ini bahkan bisa sesederhana, seperti bercerita bahwa Mama berencana untuk membuat resep makanan terbaru, atau bahkan ketika Mama mengalami momen tidak menyenangkan seperti kehilangan uang. 

Selain bermanfaat bagi ikatan orangtua-anak yang terus tumbuh untuk saling memberdayakan. Komunikasi terbuka ini juga dapat memperlengkapi anak dengan semua kebijaksanaan yang berasal dari pengalaman hidup Mama.

Nah itulah beberapa kebiasaan yang dapat mempererat ikatan Mama dengan anak perempuan. Dengan memiliki hubungan yang erat sejak anak berusia muda, dapat membantunya melewati masa-masa sulit selama remaja dan dewasa nanti, karena anak tahu ia memiliki seseorang yang menyayanginya baik dalam masa senang ataupun sedih.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.