8 Makanan yang Kaya Vitamin K2 untuk Kesehatan Tubuh Anak

Vitamin K2 penting untuk memperkuat tulang anak di masa-masa tumbuh kembangnya

21 Juli 2021

8 Makanan Kaya Vitamin K2 Kesehatan Tubuh Anak
mrthaythuoc.com

Mama mungkin sebelumnya tak banyak mendengar tentang Vitamin K2, tetapi ini adalah nutrisi penting untuk kesehatan anak. Vitamin K2 memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang anak, misalnya seperti menjaga kesehatan tulang.

Seperti yang Mama tahu, tubuh membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang. Namun ketika memecah kalsium dalam tubuh, Vitamin K2 mengaktifkan protein yang membantu mineral mengikat tulang untuk melakukan tugasnya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan asupan Vitamin K2 yang tinggi, meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Tak hanya itu, Vitamin K2 juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung hingga memiliki sifat anti kanker.

Untuk memberikan manfaat ini pada anak, kali ini Popmama.com akan membahas seputar delapan makanan yang kaya akan kandungan Vitamin K2 untuk jaga kesehatan anak. Baca terus ya, Ma!

Berapa Banyak Vitamin K2 yang Dibutuhkan Anak?

Hingga saat ini, masih belum ada angka kecukupan gizi harian untuk Vitamin K2. Sebagai dasar ketentuan, Mama dapat melihat angka kecukupan gizi harian untuk Vitamin K pada anak-anak, baik dari makanan maupun suplemen.

Berikut adalah rekomendasi kecukupan Vitamin K untuk usia anak-anak menurut WebMD:

  • Anak-anak berusia 1-3 tahun: 30 mcg/hari
  • Anak-anak berusia 4-8 tahun: 55 mcg/hari
  • Anak-anak berusia 9-13 tahun: 60 mcg/hari

Setelah mengetahui berapa angka kecukupan gizi Vitamin K untuk anak, yuk simak makanan apa saja yang kaya akan kandungan Vitamin K2!

1. Natto

1. Natto
revolutionfermentation.com

Natto merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Makanan ini memiliki kandunga yang tinggi dalam banyak nutrisi, terutama untuk meningkatkan kesehatan usus yang baik dan merupakan sumber yang paling kaya akan Vitamin K2.

Dalam satu porsi natto yaitu sekitar 100 gram mengandung 108 mcg Vitamin K2, lebih dari dua kali lipat dari asupan yang direkomendasikan untuk anak-anak.

2. Belut

2. Belut
caudlescatchseafood.com

Makan belut mungkin masih terdengar asing di telinga Mama dan anak. Namun, banyak yang belum menyadari manfaat kesehatan dari belut. Tak sedikit yang merasa "geli" atau "jijik" dengan belut, padahal belut merupakan salah satu jenis ikan.

Belut menawarkan alternatif makanan laut yang memiliki kandungan Vitamin K2 . Ada 63 mcg dalam 100 gram porsi belut, untuk membantu anak dalam memenuhi kecukupan yang direkomendasikan dalam satu hari.

Editors' Picks

3. Keju

3. Keju
Freepik/jcomp

Ada kabar baik untuk anak yang menyukai keju. Keju adalah salah satu sumber Vitamin K2 terbaik bersama dengan nutrisi seperti kalsium, Vitamin A, dan protein. Namun, keju juga tinggi lemak jenuh dan kalori, sehingga Mama harus menyeimbangi porsi anak dengan makanan lain.

Kandungan Vitamin K2 bervariasi berdasarkan keju, dan meningkat seiring bertambahnya usia di semua jenis keju.

Keju umum dengan jumlah Vitamin K2 tertinggi dalam porsi 50 gram meliputi:

  • 50 mcg di keju munster
  • 34 mcg dalam keju camembert
  • Sekitar 32 mcg di keju edam dan gouda yang sudah tua
  • 12 mcg dalam keju cheddar

4. Hati sapi

4. Hati sapi
neysbigsky.com

Hati sapi merupakan salah satu produk daging paling bergizi yang dapat anak konsumsi, mengandung seluruh kebutuhan harian untuk nutrisi seperti Vitamin A, riboflavin, folat, dan tembaga.

Sajian 100 gram hati sapi memiliki lebih dari 11 mikrogram Vitamin K2, menjadikannya sumber vitamin berbasis daging terbaik.

Dilansir dari Medical News Today, kandungan-kandungan di dalam hati sapi juga memiliki berbagai manfaat untuk anak, seperti menjaga sistem kekebalan, memproduksi hemoglobin yang tepat, membantu kesehatan tulang dan gigi, menjaga metabolisme tubuh, dan memproduksi energi.

5. Ayam

5. Ayam
Freepik/azerbaijan_stockers

Namun jika anak mama tidak menyukai daging organ seperti hati, Mama dapat beralih untuk memberikan asupan ayam ke anak agar mendapatkan asupan Vitamin K2. Dengan 10 mcg per porsi 100 gram, ayam memiliki kandungan Vitamin K2 lima sampai 10 kali lipat dari daging sapi.

Selain memiliki kandungan Vitamin K2, ayam juga memberikan pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik kepada anak-anak yang sedang tumbuh. Hal ini karena mengandung banyak asam amino, yang membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat.

6. Mentega

6. Mentega
Pixabay/ds_30

Hanya satu sendok makan mentega memiliki 2,1 mcg vitamin K2. Namun, dalam sendok makan yang sama mentega juga mengandung sekitar 100 kalori dan 11 gram lemak, sehingga penting untuk memastikan porsi anak tetap kecil untuk menghindari potensi risiko kesehatan dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Dibalik risikonya, dilansir dari Mom Junction ada beberapa manfaat mentega yang baik untuk anak, misalnya seperti mentega dapat mencegah pengapuran kalsium, membantu perkembangan otak, baik untuk perkembangan fisik, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7. Sauerkraut

7. Sauerkraut
Thespruceeats.com

Sauerkraut merupakan makanan khas jerman yang berasal dari kubis yang difermentasi dengan rasa asam yang khas. Seperti halnya natto, proses fermentasi ini menawarkan banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan. Setengah cangkir sauerkraut menawarkan 2,75 mcg Vitamin K2.

Dilansir dari BBC Good Food, selama proses fermentasi, probiotik atau 'bakteri hidup' yang bermanfaat untuk tubuh diproduksi, dan probiotik inilah yang memberi sauerkraut sebagian besar manfaat kesehatannya.

Selain kandungan Vitamin K2 nya, sauerkraut adalah bentuk serat makanan yang baik dan mengandung Vitamin C, kalium, kalsium dan fosfor.

8. Kuning telur

8. Kuning telur
Pixabay/Alexas_Fotos

Berbeda dari tujuh makanan sebelumnya, kadar Vitamin K2 dalam kuning telur dapat berbeda-beda. Kuning telur dapat mengandung antara 67 hingga 192 mcg vitamin K2 di dalamnya. Jumlah ini berbeda karena tergantung pada apa yang dimakan ayam.

Sebagian besar pakan ayam saat ini diperkaya dengan Vitamin K, dan kandungan ini diteruskan ke telur. Tapi ayam yang diberi makan jagung atau diet berbasis kedelai lebih berisiko kekurangan Vitamin K.

Nah itulah beberapa makanan yang mengandung Vitamin K2 untuk menjaga kesehatan anak. Dari tahun-tahun awal kehidupannya, Vitamin K2 atau MK-7 sangat penting bagi semua anak.

Bantu tumbuh kembang anak agar semakin optimal dengan menyajikan makanan di atas, karena tanpa Vitamin K2 yang cukup, anak-anak mungkin tidak mendapatkan manfaat penuh kalsium untuk pertumbuhan tubuhnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.