15 Manfaat Rendaman Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuh Anak

Menjaga kesehatan tubuh anak saat ini dan masa mendatang

17 Januari 2021

15 Manfaat Rendaman Kacang Almond Kesehatan Tubuh Anak
Foogadlife.com

Almond merupakan jenis kacang yang sering digunakan pada kue, yoghurt, salad, dan milkshake. Hampir setiap anak menyukai rasa almond karena rasanya yang lembut namun juga renyah. Almond dikenal penuh dengan sejumlah manfaat nutrisi seperti karbohidrat, protein, asam lemak, dan serat.

Apakah Mama tahu jika merendam almond sebelum dimakan dapat melembutkan bijinya? Hal ini memudahkan anak untuk mengunyah serta mencernanya. Rendaman almond juga menghilangkan unsur beracun dari kulit luarnya, menguraikan kandungan glutennya, dan melepaskan asam fitat.

Almond dikenal sebagai makanan super, namun almond yang direndam dapat memberikan manfaat kesehatan ekstra pada anak dibandingkan dengan almond kering.

Berikut ini Popmama.com akan membahas 15 manfaat rendaman almond untuk kesehatan tubuh anak. Yuk simak informasinya di bawah ini, Ma!

1. Menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan anak

1. Menjaga kesehatan otak meningkatkan kecerdasan anak
Freepik/User20166574

Kacang almond mengandung berbagai nutrisi yang membantu kesehatan dan perkembangan otak anak. Mengonsumsi kacang almond juga akan meningkatkan kecerdasan anak. Kacang almond mengandung riboflavin dan L-karnitin yang akan membantu meningkatkan aktivitas otak.

Selain itu, kacang almond juga akan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer di tahun-tahun mendatang.

2. Mengontrol kolesterol anak di kemudian hari

2. Mengontrol kolesterol anak kemudian hari
Freepik/Jcomp

Manfaat ini mungkin tidak membantu anak pada usianya yang masih sangat muda, tetapi makan almond dapat membantu anak untuk menjaga kadar kolesterol sesuai pertumbuhan usianya. Namun perlu diingat agar menghindari almond yang asin atau berlapis gula.

3. Mencegah diabetes

3. Mencegah diabetes
Freepik/Mayakruchankova

Selain mencegah kolesterol, makan rendaman almond juga dapat mencegah terjadinya diabetes pada anak di tahun-tahun berikutnya. Di antara jenis kacang-kacangan lainnya, kacang almond adalah yang paling kaya nutrisi dan mengandung jumlah Vitamin E.

Makan almond dapat mencegah diabetes karena memiliki kadar indeks glikemik yang rendah.

4. Menjaga agar tulang tetap kuat dan sehat

4. Menjaga agar tulang tetap kuat sehat
Freepik/Master1305

Rendaman kacang almond memiliki kandungan fosfor yang sangat ideal untuk memperkuat gigi dan tulang anak terutama selama masa-masa pertumbuhannya. Berita baiknya adalah fakta bahwa almond juga memberikan kualitas pengobatan untuk melindungi anak dari masalah tulang rapuh seiring bertambahnya usia.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Freepik/wayhomestudio

Kandungan alkali dalam almond memberikan dorongan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Kandungan alkali dalam almond juga memainkan peran besar sebagai antioksidan yang membantu menghilangkan semua radikal berbahaya di dalam tubuh anak sehingga mencegah anak sering jatuh sakit.

6. Menawarkan dorongan energi yang baik untuk anak-anak

6. Menawarkan dorongan energi baik anak-anak
Freepik/Evgeniypavlovski

Selain rendaman almond kaya akan kandungan tembaga dan mangan yang telah disebutkan di atas, kandungan Riboflavin dalam almond juga dikenal sebagai pendorong energi yang baik untuk anak-anak. Hal ini dapat membantu sistem tubuh anak agar menjaga metabolismenya dengan baik.

Editors' Picks

7. Mengatasi sembelit pada anak

7. Mengatasi sembelit anak
Freepik

Almond dikenal sebagai makanan yang digunakan dalam diet, hal ini karena kacang almond memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain menjadi asupan ketika diet, serat pada kacang almond juga bermanfaat menjadi obat yang tepat ketika anak menderita sembelit.

Pastikan Mama memberikan beberapa rebusan kacang almond setiap hari kepada anak yang mengalami sembelit dan Mama dapat menemukan perbedaan ketika anak buang air. Hal ini karena kacang almond membantu menormalkan buang air besar anak sehingga meredakan sembelit.

8. Menjaga agar sistem pencernaan anak tetap sehat

8. Menjaga agar sistem pencernaan anak tetap sehat
Freepik/Kwanchaichaiudom

Sebelumnya Mama mengetahui kacang almond yang mengatasi sembelit pada anak. Tak hanya mengatasi sembelit saja, kacang almond yang direndam mengandung sejumlah serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Serat dapat membuat usus lebih mudah bergerak dan membuat usus menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan. Kacang almond yang direndam juga meningkatkan jumlah bakteri baik di usus besar yang membantu dalam proses buang air besar.

9. Dapat membantu menjaga kesehatan kulit

9. Dapat membantu menjaga kesehatan kulit
Freepik/Cookie-studio

Dilansir dari Indiaparenting.com, dokter kulit merekomendasikan makan almond yang direndam dan mengoleskan minyak almond setiap hari untuk mengatasi kulit kering pada anak. Hal ini karena kacang almond dikenal dengan kandungan Vitamin E-nya yang tinggi dan merupakan antioksidan.

Ini membantu mencegah kerusakan sel dan melindungi anak dari kerusakan akibat sinar matahari. Minyak dari kacang almond juga bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala, mengurangi rambut rontok, dan meningkatkan kualitas rambut anak.

10. Mencegah stroke

10. Mencegah stroke
Freepik/Nawoot

Stroke terjadi ketika suplai darah ke otak terganggu atau berkurang, yang membuat otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Kacang almond yang direndam semalaman dapat membantu mengurangi risiko stroke dengan menjaga arteri tetap sehat dan menjaga tekanan darah normal.

Tekanan darah tinggi dan penyumbatan pembuluh darah adalah penyebab utama stroke yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi lumpuh dan cacat.

11. Memiliki sifat anti-inflamasi

11. Memiliki sifat anti-inflamasi
Freepik/Poringdown

Kacang almond juga mengandung sejumlah asam lemak vital seperti asam lemak linolenat dan linoleum yang memiliki sifat anti-inflamasi. Manfaat potensial ini karena adanya lemak tak jenuh tunggal, magnesium, tembaga, alfa-tokoferol dan nutrisi nabati.

12. Mencegah tubuh dari efek radikal bebas penyebab utama kanker

12. Mencegah tubuh dari efek radikal bebas penyebab utama kanker
Freepik/Senivpetro

Vitamin E yang ditemukan dalam kacang almond merupakan antioksidan kuat dan ampuh yang dapat mencegah tubuh dari efek radikal bebas penyebab utama stres oksidatif dan perkembangan kanker.

Radikal bebas dapat merusak DNA sel dan melemahkan sistem kekebalan yang menyebabkan pertumbuhan sel tidak normal. Sifat anti kanker dalam kacang almond ini dapat membantu mengatasi pertumbuhan sel yang tidak normal.

Mempromosikan kesehatan tubuh secara umum

Mempromosikan kesehatan tubuh secara umum
Freepik

Lemak tak jenuh juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, bersama dengan protein dan potasium. Magnesium mencegah serangan jantung pada anak di masa depan dan asam folat mencegah penumpukan lemak berlebih di arteri bagian dalam untuk menjaga fungsi jantung.

Selain itu, kacang almond membantu mengatur kadar glukosa dan tekanan darah yang sehat karena juga mengandung banyak kalium dan natrium, yang menurunkan risiko fluktuasi tekanan darah di kemudian hari.

14. Meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif

14. Meningkatkan daya ingat fungsi kognitif
Freepik

Apakah Mama tahu bahwa mengonsumsi almond yang direndam dapat meningkatkan daya ingat anak? Dikenal sebagai tonik otak, kacang almond yang direndam semalaman adalah yang terbaik untuk anak. Mengonsumsi empat sampai enam butir kacang almond setiap hari dapat membantu meningkatkan daya ingat anak dan serta meningkatkan fungsi kognitifnya.

15. Menjadi camilan sehat dan mengenyangkan

15. Menjadi camilan sehat mengenyangkan
Freepik/8photo

Mengonsumsi almond dengan porsi cukup dapat mengenyangkan. Almond dapat mengendalikan rasa lapar yang tidak diinginkan dari anak. Lemak tak jenuh tunggal yang ada membatasi nafsu makan anak agar tidak memanjakan diri dengan mengonsumsi junk food.

Nah itulah manfaat dari rendaman kacang almond untuk kesehatan anak. Mama dapat merendam almond dalam air semalaman, dan sajikan setiap pagi sebelum anak memulai sarapan. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.