Bisa Mengurangi Kecemasan, Ini 7 Manfaat Yoga untuk Anak Usia Sekolah

Manfaat nomor 4 paling penting untuk usia anak sekolah nih!

19 Juli 2021

Bisa Mengurangi Kecemasan, Ini 7 Manfaat Yoga Anak Usia Sekolah
Freepik

Setiap orangtua tentu ingin memiliki anak yang sehat. Tak hanya dari asupan makan dan tidur yang berkualitas, aktivitas fisik penting dilakukan untuk menunjang kesehatan anak.

Sayangnya, tak semua anak rajin berolahraga, terlebih lagi dengan pandemi yang membuat anak sulit beraktifitas fisik di luar rumah. Yoga seringkali menjadi cara ketika Mama ingin mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan dan bisa dilakukan di rumah.

Namun, bisakah yoga menjadi pilihan yang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa?

Yuk cari tahu apa saja manfaat yoga untuk anak pada artikel Popmama.com berikut ini!

1. Yoga membantu anak membangun kekuatan dan mengembangkan fleksibilitas

1. Yoga membantu anak membangun kekuatan mengembangkan fleksibilitas
Freepik

Anak-anak saat ini menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat layar atau mengerjakan tugas sekolah, dan yoga adalah cara yang bagus untuk membuat anak bergerak lagi.

“[Yoga] mengembangkan kekuatan dan fleksibilitas pada saat yang sama. Kebanyakan anak biasanya kuat atau fleksibel, tetapi ada yang tidak keduanya. Yoga dapat membantu dalam hal ini.” jelas Teresa Power, pendiri  International Kids’ Yoga Day dan penulis buku The ABCs of Yoga for Kids.

2. Yoga menyiapkan anak untuk masa depan yang sehat

2. Yoga menyiapkan anak masa depan sehat
Pexels/Monstera

Manfaat yoga pada anak-anak tidak terbatas di sini dan sekarang, ada manfaat jangka panjang yang sepadan dengan upaya mengajarkannya untuk memulai latihan sehari-hari.

Dilansir dari The Health, Menurut Power, yoga dapat membantu mengajarkan anak untuk masa depan yang sehat. Misalnya, yoga dapat membantu mengatur metabolisme anak, membantu mengontrol berat badan, dan mencegah obesitas pada masa kanak-kanak.

Selain itu, latihan yoga secara teratur diyakini berperan dalam mencegah diabetes dan penyakit jantung. Sehingga penting bagi anak-anak untuk memulai yoga pada usia dini untuk mengembangkan kebiasaan sehat ini seumur hidupnya.

Editors' Picks

3. Yoga mengurangi kecemasan pada anak

3. Yoga mengurangi kecemasan anak
Freepik/Cookie-studio

Mungkin Mama sudah sering mendengar tentang yoga dapat melatih anak untuk menjadi lebih tenang.

Dilansir dari WebMD, alasan para yogi (seseorang yang mempraktikkan yoga) merasa sangat baik setelah yoga adalah, karena latihan ini telah ditemukan untuk melepaskan bahan kimia di otak yang terkait dengan penurunan stres dan kecemasan.

Efek ini tidak hanya untuk orang dewasa saja, anak yang mengalami kecemasan juga dapat memanfaatkan yoga untuk membantunya mengurangi kekhawatiran.

4. Yoga dapat meningkatkan kinerja anak di sekolah

4. Yoga dapat meningkatkan kinerja anak sekolah
Pexels/Monstera

Setiap anak sekolah, ia menghadapi tantangan yang menuntut dan luar biasa tentang fokus mental. Bahkan tak jarang anak mungkin mengalami stres dan kecemasan terkait sekolah, misalnya seperti mendapat tekanan untuk berprestasi baik di kelas atau kegiatan setelah sekolah.

Menurut salah satu studi International Journal of Yoga, stres dapat mencegah anak melakukan yang terbaik di sekolah. Ketika yoga dipraktikkan oleh 159 siswa dengan tingkat stres tinggi, tingkat stres mereka tidak hanya turun tetapi juga berprestasi lebih baik di sekolah.

5. Yoga mengajarkan anak untuk merawat tubuhnya

5. Yoga mengajarkan anak merawat tubuhnya
Freepik

Dilansir dari PBS, yoga dapat berperan dalam mengajar anak-anak untuk mendengarkan dan merawat tubuhnya.

Selama melakukan yoga, anak dapat diajarkan untuk memerhatikan tubuhnya dan bagaimana mengatasi ketidaknyamanan atau rasa sakit selama latihan. Ini juga membantu anak untuk memahami bagaimana perasaan tubuhnya ketika ia kurang tidur.

Ini adalah strategi perawatan diri yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang dewasa dan anak-anak untuk dapat merawat tubuh sepanjang hidup.

6. Yoga memberi anak kendali atas pikirannya

6. Yoga memberi anak kendali atas pikirannya
Freepik

Latihan yoga dan perhatian setiap hari mengajarkan anak untuk menyadari hubungan yang ada antara pikiran, emosi, dan tubuhnya.

Dilansir dari The Healthy, menurut seorang psikolog anak, Kathryn Esquer, PhD, kesadaran ini dapat digunakan untuk mengajarkan anak bahwa ia tidak harus dikendalikan oleh caranya berpikir atau perasaannya.

Ia juga memberikan contoh bagaimana hal ini dapat terjadi dalam kehidupan anak sekolah, misalnya ketika anak mendapat nilai buruk pada tugas pekerjaan rumah.

"Anak mungkin berpikir, 'Saya bodoh. Saya tidak pernah mendapatkan sesuatu yang benar.’ Dengan kesadaran bahwa pikirannya tidak selalu 100 persen benar, dia dapat menantang pikiran negatif dan membingkainya kembali agar lebih mencerminkan kenyataan.” ujar Dr. Esquer.

Dr. Esquer menambahkan, dengan yoga, kesadaran yang perlu dibangun seperti, "Saya tidak mendapat skor setinggi yang saya inginkan pada tugas ini, tetapi itu tidak berarti saya tidak dapat meningkatkan kinerja saya di masa depan.”

7. Yoga meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak

7. Yoga meningkatkan kesehatan fisik mental anak
Freepik/Jcomp

Dilansir dari Harvard Health Publishing, yoga dan kesadaran telah terbukti meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada anak usia sekolah (usia 6 hingga 12). Yoga meningkatkan keseimbangan, kekuatan, daya tahan, dan kapasitas aerobik pada anak-anak.

Nah itulah beberapa manfaat yoga untuk anak yang perlu Mama ketahui.

Sekarang, Mama jangan ragu lagi untuk mengajak anak melakukan yoga ya! Jika pandemi ini menghambat Mama dan anak untuk mengikuti kelas yoga di luar, Mama dapat memulai latihannya dengan kelas yoga virtual atau menyaksikan video yoga di ruang tamu.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.