Mengapa Anak Lebih Mudah Menghafal Lagu Daripada Pelajaran?

Tak jarang anak lebih cepat menghafal lirik lagu daripada pelajaran sekolahnya

9 Mei 2021

Mengapa Anak Lebih Mudah Menghafal Lagu Daripada Pelajaran
Freepik/Tan4ikk

Mungkin Mama tak jarang melihat anak yang mengalami kesulitan dalam belajar, namun tampak mulus ketika menghafal lirik lagu, bahkan Mama mungkin juga pernah merasakan hal ini ketika masih sekolah, bukan?

Namun, pernahkah Mama bertanya-tanya mengapa kata-kata dari buku pelajarannya mudah dilupakan, tetapi anak masih bisa menyanyi bersama dengan lagu favoritnya tanpa ada kesalahan?

Ternyata, ada beberapa alasan mengapa setiap anak bisa mudah mengingat lirik lagu namun kesulitan mengingat pelajaran sekolahnya.

Nah, Popmama.com kali ini telah merangkum beberapa alasan utamanya mengapa anak lebih mudah menghafal lirik lagu dan suka sulit menghafal pelajaran.

Simak alasannya di bawah ini!

1. Musik dapat membuka informasi yang terserap dalam otak

1. Musik dapat membuka informasi terserap dalam otak
Freepik/Asier-relampagoestudio

Hipokampus dan korteks frontal adalah dua area besar di otak yang terkait dengan memori dan menyerap banyak informasi setiap menit. Untuk mengambil informasnya, tidak selalu mudah. Ini tidak datang begitu saja ketika anak memintanya.

Dilansir dari bbc.com, musik membantu karena memberikan ritme dan rima dan terkadang aliterasi yang membantu membuka informasi tersebut dengan isyarat.

Ini adalah struktur lagu yang membantu anak untuk mengingatnya, serta melodi dan gambaran yang dipancing oleh lirik lagu tersebut.

2. Lagu membantu anak terhubung dengan baik

2. Lagu membantu anak terhubung baik
Freepik/Rawpixel-com

Belajar adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari anak, dan yang diinginkannya adalah istirahat dari pelajaran harian. Mendengarkan lagu adalah salah satu aktivitas favorit yang paling banyak dilakukan oleh anak-anak saat mengisi waktu luang.

Lagu dan musik yang menyenangkan membantu anak melepaskan diri dari stres dan kekhawatiran sehari-hari. Mendengarkan lagu-lagu riang dan ritmis membuat anak merasa lebih hidup dan lebih terhubung dengan kehidupan.

Maka itu, aktivitas ini akhirnya membuat mereka lebih mudah untuk mengingat lirik lagu daripada pelajaran sekolahnya.

Editors' Picks

3. Anak-anak lebih memperhatikan lagu daripada belajar

3. Anak-anak lebih memperhatikan lagu daripada belajar
Pixabay/tookapic

Bukan hal aneh jika anak seringkali lebih tertarik pada sebuah lagu yang mungkin dapat menggambarkan bagaimana perasaan hatinya. Hal ini membuat anak lebih mudah memerhatikan setiap lirik lagu, daripada mata pelajarannya.

Semakin anak memperhatikan nada dan lirik sebuah lagu, maka semakin baik otaknya mampu menyimpan informasi tersebut. Ini juga merupakan salah satu alasan utama mengapa anak lebih mudah mengingat lirik lagu daripada belajar.

4. Terkadang lagu diputar berulang-ulang kali

4. Terkadang lagu diputar berulang-ulang kali
Freepik

Jika anak terus memutar lagu berulang kali, maka ia pasti akan mengingatnya lebih cepat dan tanpa gangguan.

Misalnya, jika lagu favorit anak diputar berulang kali di kamarnya, di mana anak menghabiskan waktu lima hingga enam jam berada di sana, maka anak semakin terlatih untuk mengingat liriknya.

Selain itu, mendengarkan lagu berulang kali dapat meningkatkan daya ingat anak dengan memicu berbagai pola perkembangan otaknya.

5. Hal-hal baru yang dipelajari dalam setiap pemutaran ulang lagu

5. Hal-hal baru dipelajari dalam setiap pemutaran ulang lagu
Freepik/evablanco

Saat mendengarkan lagu musik, anak mama mungkin mempelajari berbagai aspeknya secara terus menerus. Mendengarkan lagu dapat melatih rasa penasaran anak yang tidak ada habisnya, di mana anak selalu dapat menemukan sesuatu untuk dipelajari.

Terlebih lagi jika anak mampu memainkan alat musik atau pandai menyanyi , ia mungkin menganggap mendengarkan lagu sebagai dorongan untuk kreativitasnya. Dengan demikian, ia dapat membuat lirik lagu tersebut dengan cepat dan menyetelnya dengan alat musiknya.

6. Musik adalah bentuk ekspresi yang kreatif

6. Musik adalah bentuk ekspresi kreatif
Freepik/Olha1

Mendengarkan lirik sebuah lagu seperti memecahkan kode pola ekspresi unik yang merupakan bagian dari lagu tersebut.

Anak mungkin merasa senang dan menarik untuk menemukan berbagai bentuk ekspresi dengan mendengarkan lagu sehingga dia mengingat liriknya dengan lebih baik.

Nah itulah beberapa alasan yang menyebabkan mengapa anak lebih menghafal saat belajar dibandingkan menghafal lagu favoritnya.

Jika musik dapat membantu anak belajar, cobalah teknik belajar dengan menggabungkan lagu favoritnya.

Yuk coba teknik belajar yang disukai anak!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.