TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Menu Sarapan yang Dapat Meningkatkan Energi Anak Sekolah

Buat waktu sarapan anak lebih menyenangkan dengan beberapa menu variatif dan sehat ini!

5 September 2022

9 Menu Sarapan Dapat Meningkatkan Energi Anak Sekolah
Pexels/Katerina Holmes

Sarapan bisa dibilang adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Dalam Bahasa Inggris, kata sarapan atau breakfast sendiri terdiri dari dua kata utama yaitu, break dan fast. Ini berarti bahwa tubuh sedang diisi ulang setelah berpuasa atau istirahat di malam hari.

Perut yang lapar akibat melewatkan sarapan, bisa mengganggu konsentrasi anak di sekolah. Sedangkan, dalam banyak hal, perut yang kenyang sama dengan anak yang aktif dan bahagia.

Namun, orangtua yang juga sibuk, cenderung terjebak dalam kebiasaan saat sarapan.

Mama mungkin memasak makanan instan dan meminta anak untuk memakannya sebelum pergi ke sekolah.

Jika Mama termasuk yang sering melakukan hal ini, mengapa tidak mempertimbangkan beberapa pilihan sarapan lainnya?

Berikut Popmama.com telah menyiapkan 9 menu sarapan yang dapat meningkatkan energi anak sekolah. Ini praktis namun tetap sehat untuk anak lho!

1. Smoothie

1. Smoothie
Freepik

Smoothie adalah minuman "ajaib" yang menyehatkan dan banyak disukai anak kecil hingga orang dewasa. Minuman yang satu ini termasuk serbaguna dan sayur atau buah apa saja bisa dimasukkan ke dalamnya.

Ini berarti Mama dapat membuat smoothie sebagai menu sarapan yang sehat untuk anak. Tak hanya itu saja, Mama juga bisa menyelipkan bahan-bahan yang tidak anak sukai dan jarang dikonsumsi saat dimasak.

Misalnya, jika Mama memasukkan buah bit dalam jumlah yang sangat sedikit ke campuran smoothie, itu akan mengubah warnanya menjadi merah muda cerah. Inilah yang membuatnya lebih menarik, dan anak jadi ingin terus mengonsumsinya.

2. Membuat pancake dengan bentuk-bentuk menarik

2. Membuat pancake bentuk-bentuk menarik
Freepik/Rawpixel-com

Pancake rendah gula dan dapat disajikan dengan buah beri atau buah lainnya untuk menambahkan komponen sehat ke dalam menu sarapan. Buah stroberi adalah favorit anak-anak, atau Mama dapat melengkapinya dengan pisang dan sesendok yogurt sehat.

Untuk meningkatkan nafsu makannya, Mama juga bisa dengan mudah membuat pancake 'berbentuk' di wajan menggunakan botol peras atau sendok yang digerakkan dengan hati-hati.

Misalnya, jika ingin membuat bentuk hewan gajah, taruh satu sendok adonan di tengah wajan, berbentuk lingkaran. Kemudian letakkan empat garis adonan di bawah lingkaran, sebagai kaki, beri jarak sehingga terlihat berdiri sendiri-sendiri. Di bagian depan, buat garis melengkung ke atas untuk menyerupai belalai.

Mama juga dapat membuat karakter lain dengan adonan. Gunakan imajinasi untuk membuat pesta pagi yang spektakuler untuk anak. Pancake juga bisa dibuat dalam jumlah besar dan dibekukan jika pagi Mama lebih sibuk.

3. Es Loli yogurt

3. Es Loli yogurt
Freepik/Racool-studio

Es loli yogurt yang sehat ini juga mudah dibuat dan merupakan cara yang bagus untuk meyakinkan anak-anak untuk makan sesuatu yang sedikit lebih sehat. Mama dapat menggunakan berbagai macam yogurt untuk membuat resep ini, namun pastikan agar yogurt tidak memiliki gula tambahan.

Yogurt Yunani atau greek yogurt direkomendasikan dalam resep ini. Cara membuatnya pun mudah, Mama dapat tuang yogurt bersama-sama dengan potongan buah favorit anak ke dalam cetakan es lilin. Biarkan membeku semalaman.

Selain untuk meningkatkan energi saat sarapan, makanan ini juga bagus untuk dibawa saat bepergian atau diberikan saat camilan segar di siang hari, dan Mama mungkin juga akan menyukainya!

Editors' Picks

4. Omelet

4. Omelet
Freepik/Topntp26

Omelet atau telur dadar telah dikenal lama menjadi menu sarapan andalan para orangtua. Karena telur yang sehat dan serbaguna untuk dibuat berbagai macam masakkan.

Omelet juga memungkinkan anak-anak untuk memotong dan mencampur bahan atau membuat kombinasi rasa mereka sendiri. Bahan-bahan seperti brokoli atau bayam dapat ditambahkan jika dicincang halus, dengan keju dan jamur.

Anak mama akan mendapatkan semua kebaikan sayuran itu. Nutrisi dari telur dan bahan-bahan tambahan tersebut juga akan memastikan anak tetap fokus untuk beraktifitas.

5. Oat dengan buah cincang

5. Oat buah cincang
Freepik/KamranAydinov

Semangkuk oatmeal dapat diubah menjadi menu sarapan favorit anak, terutama jika Mama enambahkan beberapa madu, buah beri cincang, atau biji-bijian.

Oatmeal yang disajikan hangat dapat menjadi sarapan yang baik untuk hari yang dingin, dan merupakan makanan penopang yang akan membuat anak lebih fokus dan berenergi sepanjang pagi.

Oatmeal juga relatif mudah untuk mempersiapkan. Sehingga Mama dapat memvariasikan buah apa saja yang bisa ditambahkan setiap hari, agar anak tidak bosan dengan makanan bergizi. Ia juga akan terus menantikan topping yang berbeda setiap hari.

6. Sandwich panggang

6. Sandwich panggang
Freepik/Mdjaff

Seorang anak tidak akan pernah menolak kesempatan untuk menikmati sandwich panggang. Namun alih-alih menggunakan roti putih atau roti olahan, Mama dapat memilih roti yang lebih sehat seperti roti gandum hitam.

Kemudian tambahkan semua bahan-bahan sehat sebagai isian hangat. Seperti telur mata sapi ke tengah sandwich untuk membuat sandwich telur dadar khusus, Mama juga bisa menambahkan potongan ayam atau daging di dalamnya.

Sarapan ini lebih cocok untuk hari-hari anak yang memerlukan energi tinggi, misalnya seperti hari olahraga atau sebelum pertandingan besar.

7. Sate buah-buahan

7. Sate buah-buahan
Freepik/inna-zueva5

Sate buah-buahan membuat awal yang baru di pagi musim panas. Ini bisa dimakan bersama semangkuk oatmeal untuk energi ekstra.

Sate buah-buahan juga relatif sederhana untuk dibuat, dan dapat disiapkan sesuai dengan buah-buahan yang sedang musim.

Pilih beberapa buah, lalu potong semua menjadi kubus, tusuk dengan tusukan sate. Bonus tambahan untuk menu yang satu ini adalah, bahwa sate buah-buahan ini mudah dibuat sebelumnya dan dapat disimpan di lemari es untuk camilan cepat saji.

8. Sarapan dalam loyang kue mangkuk

8. Sarapan dalam loyang kue mangkuk
tinybeans.com

Apakah Mama sering membuat kue mangkuk atau memiliki loyangnya? Jika iya, maka Mama bisa membuat penyajian sarapan khusus dengan loyang kue mangkuk atau muffin.

Misalnya jika Mama memiliki satu loyang dengan enam tempat kue mangkuk, pilih enam bahan sehat yang berbeda, seperti keju, nanas, pepaya, semangka, kacang-kacangan, ayam potong dadu.

Mama juga bisa memilih makanan favorit anak, dan mencampurnya dengan makanan yang tidak terlalu disukai. Cara ini untuk membiasakan anak mengonsumsi makanan yang kurang disukainya.

Penyajian unik ini adalah cara yang menyenangkan untuk membuat anak-anak bersemangat untuk mengonsumsi makanan yang baginya kurang lezat namun lebih sehat. Ini juga dapat dengan mudah dibuat. Misalnya pada saat sebelum tidur, dan disimpan di lemari es semalaman.

9. Telur ditengah roti panggang

9. Telur ditengah roti panggang
Freepik/Jcomp

Cara unik dan menyenangkan untuk menyajikan telur adalah dengan menggunakan pemotong kue untuk membentuk pola di tengah-tengah sepotong roti sehat.

Setelah memotong roti, letakkan di dalam wajan datar dan pecahkan telur tepat di bagian yang berlubang, sehingga telur akan mengikuti bentuk yang ditinggalkan oleh pemotong kue.

Baik itu bentuk hati, huruf, bintang, atau bahkan bentuk binatang. Kemudian goreng roti dan telur bersamaan hingga matang.

Anak yang suka rewel akan menikmati menu yang satu ini karena akan membawa sedikit kesenangan untuk rutinitas paginya. Perlu diingat juga bahwa telur adalah sumber protein yang sangat baik dan cara yang bagus untuk memulai hari dengan benar.

Nah itulah beberapa menu sarapan yang dapat meningkatkan energi anak sekolah. Jika anak mama menolak sarapan, penting untuk cari tahu penyebabnya. Ini mungkin bisa terjadi akibat kurangnya variasi menu sarapan sehingga anak menjadi bosan.

Dengan 9 ide di atas, Mama bisa mencobanya dan juga berkreasi dengan anak untuk menciptakan menu sarapan baru setiap hari. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk