Mudah Kok Ma, 8 Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris di Rumah

Bisa digabungkan dengan pemainan yang disukai anak lho!

3 Mei 2021

Mudah Kok Ma, 8 Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris Rumah
Freepik/Vimaliss

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang menjadi digunakan hampir di seluruh dunia untuk percakapan internasional mulai dari percakapan pribadi hingga profesional. Sejak sekolah, anak dilatih kemampuannya berbicara, menulis, dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Tak hanya di sekolah saja, Mama dapat mulai melatih anak dalam bahasa Inggris di rumah.

Namun Mama mungkin sering bertanya-tanya bagaimana cara mengajarkan bahasa Inggris yang efektif pada anak di rumah.

Walaupun ada banyak metode yang berbeda untuk mengajarkannya, kali ini Popmama.com akan memberikan beberapa tip dan teknik sederhana untuk mengajari anak agar lebih mahir dalam bahasa Inggris.

Yuk simak informasinya di bawah ini!

1. Sedikit demi sedikit melakukan percakapan dengan bahasa Inggris

1. Sedikit demi sedikit melakukan percakapan bahasa Inggris
Freepik/Tirachardz

Anak kecil tidak akan dapat segera mulai membuat kalimat atau menyusun percakapan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, ia perlu belajar mengomunikasikan apa yang sudah bisa diucapkan dalam bahasa Inggris.

Bicaralah dengan anak tentang kegiatan sehari-hari dan hal-hal yang biasanya Mama tanyakan dalam bahasa Inggris. Mulai dari menanyakan bagaimana harinya dengan mengatakan, “How was your day?”.

Atau jika anak menginginkan susu, daripada mengatakan "aku ingin susu” dalam bahasa Indonesia, dorong anak untuk membuat permintaan yang tepat seperti "I want milk from fridge, please." (tolong, aku ingin susu dari kulkas)

2. Ubah pelajaran menjadi permainan yang menyenangkan

2. Ubah pelajaran menjadi permainan menyenangkan
Freepik/Seventyfour

Membaca buku atau berbicara dalam bahasa Inggris bukanlah satu-satunya cara untuk mempelajari bahasa tersebut. Melakukan permainan dan aktivitas yang menggunakan pemahaman arti bahasa membantu anak untuk lebih memahaminya.

Permainan seperti tebak gambar dalam bahasa Inggris membantu anak mengekspresikan idenya dalam gambar, sambil mencoba cara terbaik menerjemahkan gambar ke dalam kata bahasa Inggris.  

Untuk anak yang lebih besar, Mama bisa mengajaknya bermain scrabble untuk mengasah kemampuan kosa kata dalam bahasa Inggris.

Kata-kata yang berfokus pada ekspresi, gerakan tangan, dan bahasa tubuh, juga membuat anak lebih baik dalam menyampaikan apa yang ingin dikatakan melalui isyarat non-verbal.

3. Mengajar bahasa Inggris juga bisa dibuat musikal

3. Mengajar bahasa Inggris juga bisa dibuat musikal
Freepik

Kebanyakan orangtua menggunakan metode buku teks untuk mengajar bahasa Inggris. Untuk anak kecil, itu bisa membuatnya lebih cepat bosan. Sebagai gantinya, Mama dapat mulai menggunakan lagu, puisi, atau bahkan musik sungguhan yang memiliki lirik bahasa Inggris di dalamnya.

Ini bisa menjadi sajak sederhana bahkan untuk lagu-lagu populer. Dengan mendengarkan kata-kata dan ritme percakapan, anak dapat lebih mengenal bagaimana bahasa itu terdengar dan artinya, serta mulai memahaminya dengan cara yang lebih halus ini.

Editors' Picks

4. Belajar lebih menyenangkan saat disampaikan melalui sebuah cerita

4. Belajar lebih menyenangkan saat disampaikan melalui sebuah cerita
Freepik/Tirachardz

Anak memiliki imajinasi yang sangat jelas dan visual, sehingga Mama dapat menggunakannya ketika mengajari anak bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Gunakan buku cerita bergambar untuk membantu mereka memahami bagaimana kata-kata yang membantu memvisualisasikan lingkungan, karakter, dan latar. Menggunakan visual dan suara yang berbeda dapat membantunya mengekspresikan pikirannya dengan lebih baik.

5. Tata bahasa dapat dipermudah dengan pengulangan

5. Tata bahasa dapat dipermudah pengulangan
Freepik/Karlyukav

Mengajar tata bahasa untuk anak-anak bisa menjadi tugas yang cukup sulit. Pengajaran tata bahasa Inggris kepada anak-anak biasanya dilakukan setelah anak memasuki kelas tertentu di sekolah. Jumlah aturan dan struktur kalimat bahasa Inggris juga bisa membingungkan.

Cara terbaik untuk memperkenalkan anak pada dunia tata bahasa adalah dengan tetap menggunakan tata bahasa yang benar dalam percakapan umum.

Misalnya, saat anak mama memakai tata bahasa yang salah, biarkan ia mendengar dan mengetahui arti kalimat dengan tata bahasa yang benar, kemudian biarkan anak memahami mana yang terdengar lebih baik dan tepat untuk diucapkan.

Dengan pengulangan yang cukup dalam penggunaan sehari-hari, anak dapat mulai memahami cara yang tepat untuk menyusun kalimat.

6. Campur permainan yang anak sukai dengan pelajaran bahasa Inggris

6. Campur permainan anak sukai pelajaran bahasa Inggris
Freepik/Kneyman

Tak semua anak bisa belajar bahasa Inggris seperti yang Mama harapkan. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memadukan bahasa Inggris ke dalam aktivitas yang sudah anak nikmati sebelumnya.

Jika anak suka bermain Jenga, Mama dapat mengubah permainan dengan menulis pertanyaan pada balok Jenga, dan anak harus menjawab pertanyaan tersebut sebelum ronde dilanjutkan.

Atau jika anak menyukai teka-teki, Mama dapat memberikan petunjuk dengan salah satu kata yang kosong, atau frasa dan puisi bahasa Inggris, yang perlu anak lakukan adalah menyelesaikan kata tersebut untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.

7. Jangan lupa untuk mengukur kemajuan anak

7. Jangan lupa mengukur kemajuan anak
Freepik/User18526052

Untuk memastikan bahwa belajar bahasa Inggris adalah proses yang berkesinambungan, sangat penting untuk mengetahui di mana tingkat pengetahuan anak dan apakah Mama dapat mengambil tingkat pembelajaran yang lebih tinggi.

Pilih hari dan waktu, dan minta anak mama untuk mengarang cerita atau puisinya sendiri, atau membicarakan sesuatu yang menarik yang terjadi dalam seminggu.

Bantu anak untuk menuliskannya, meskipun nantinya mungkin terdapat beberapa kesalahan tata bahasa dan ejaan. Biarkan ia mengungkapkannya dalam beberapa langkah dan kemudian perbaiki secara bertahap.

8. Rutin mengajak anak menyaksikan film berbahasa Inggris

8. Rutin mengajak anak menyaksikan film berbahasa Inggris
Freepik/Tirachardz

Belajar harus selalu menghibur,karena anak mungkin akan cepat bosan dan menemukan hal lain untuk menarik perhatiannya.

Tunjukkan kepada anak tentang film berbahasa Inggris yang sesuai usianya, dan biarkan ia mengikuti dialog dan alur cerita. Setelah itu, Mama bisa meminta anak untuk memerankan karakter tertentu atau menceritakan kisah film dari yang ia saksikan sendiri dalam bahasa Inggris.

Seperti yang Mama tahu, mengajar apapun pada usia dini memiliki kelebihan tersendiri, dan bahasa Inggris dapat lebih mudah dipelajari jika diajarkan dengan cara yang tepat. Menjaga agar hal-hal bervariasi dan menarik adalah salah satu cara untuk melakukannya.

Jadikan percakapan bahasa Inggris sebagai kebiasaan alami dalam rumah.

Berikan waktu tertentu dalam sehari ketika setiap anggota keluarga hanya akan berbicara dalam bahasa Inggris. Perlahan dan pasti, anak mama akan mulai memahami bahasa tersebut dan mulai mengekspresikan pemikirannya sendiri tentang bahasa tersebut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.