5 Pertimbangan Penting saat Memilih Tempat Kursus untuk Anak

Pastikan tempat kursus ini tak hanya nyaman untuk anak, namun juga untuk orangtua

23 Mei 2022

5 Pertimbangan Penting saat Memilih Tempat Kursus Anak
Freepik/Tirachardz

Kursus merupakan lembaga khusus yang umumnya berfokus pada satu bidang tertentu dalam upaya meningkatkan minat dan bakat seseorang. Sebenarnya keberadaan kursus bukan hanya untuk anak-anak saja, melainkan ada juga yang memang tersedia untuk orang dewasa.

Meski demikian, biasanya kursus untuk anak-anak tetap menjadi salah satu yang paling diminati oleh orangtua. Tak sedikit orangtua yang memutuskan untuk mendaftarkan anak-anaknya ke dalam kursus tertentu.

Tak hanya untuk mendukung minat dan bakat anak, kursus juga dilakukan agar anak dapat menghabiskan waktunya secara lebih produktif.

Jika Mama tertarik mendaftarkan kursus untuk anak, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 pertimbangan penting saat memilih tempat kursus untuk anak, agar Mama menemukan pilihan tepat dan nyaman untuk anak maupun orangtua.

1. Apakah sesuai dengan minat anak?

1. Apakah sesuai minat anak
freepik/tirachardz

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan Mama adalah apa sebenarnya yang menjadi minat dan bakat pada anak.

Tentunya ini sangat penting sebelum memilih tempat kursus, sebab orangtua tak bisa memaksakan kursus tertentu apabila anak-anaknya tak memiliki minat pada bidang tersebut.

Jika Mama memaksakan kehendaknya sendiri, maka tak menutup kemungkinan anak akan merasa tidak nyaman saat menikmati proses belajar, dan justru berisiko stres.

Oleh sebab itu, diskusikan dengan anak mengenai apa yang sebenarnya disukai dan diminatinya.

Editors' Picks

2. Apakah harganya sesuai dengan keuangan keluarga?

2. Apakah harga sesuai keuangan keluarga
Pexels/Karolina-grabowska

Yup, setiap keluarga tentunya memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda dan hal ini juga tidak bisa dipukul rata.

Maka tak heran apabila pertimbangan mengenai harga tentu menjadi satu hal penting yang harus dilakukan dengan baik sebelum memilih tempat kursus untuk anak.

Pastikan agar Mama tidak memaksakan diri untuk mendaftarkan kursus pada anak. Karena hal ini bisa memberikan banyak efek domino terhadap hal lainnya yang berbeda-beda.

3. Apakah tempat kursusnya memiliki standar pendidikan yang baik?

3. Apakah tempat kursus memiliki standar pendidikan baik
Pexels/Anastasia Shuraeva

Selayaknya memilih sekolah untuk anak, Mama tentu juga menginginkan kualitas yang terbaik dari tempat kursus yang dipilih, bukan?

Memang biasanya setiap kursus memiliki kualitasnya masing-masing dan hal ini bisa berbeda-beda antara satu kursus dengan kursus yang lainnya.

Itulah mengapa Mama tidak boleh mengesampingkan pentingnya kualitas pendidikan meski dalam hal tempat kursus. Hal ini akan menentukan bagaimana pola pendidikan yang akan diterapkan oleh pihak pengajar di dalamnya.

4. Apakah memiliki penilaian yang baik?

4. Apakah memiliki penilaian baik
Freepik/maxlupascu

Kursus biasanya memiliki penilaian atau testimoni yang memiliki tujuan untuk menarik banyak peminat agar mau mendaftar. Testimoni inilah yang juga dapat menjadi pertimbangan penting bagi Mama sebelum mendaftarkan anak ke tempat kursus yang dipilih.

Mama dapat memerhatikan seperti apa penilaian yang diberikan, apakah sudah cukup puas atau masih memerlukan perbaikan. Dengan demikian, maka Mama bisa mengambil kesimpulan tersendiri untuk tetap lanjut mendaftarkan anak atau tidak.

5. Apakah tempat kursus memiliki jarak yang dapat mudah ditempuh?

5. Apakah tempat kursus memiliki jarak dapat mudah ditempuh
Freepik

Tak sedikit orangtua yang mungkin terlalu fokus pada beragam hal, namun justru mengesampingkan aspek terpenting, yaitu jarak.

Jarak tidak bisa dijadikan hal sepele, sebab jarak merupakan salah satu pertimbangan utama apabila ingin mendaftarkan anak ke tempat kursus.

Jika jarak yang ditempuh terlalu jauh, maka akan memakan banyak waktu untuk anak dan mereka akan berisiko mengalami kelelahan. Dampaknya setelah sampai di sana, anak pun jadi kesulitan untuk berkonsentrasi.

Yup, itulah 5 pertimbangan penting saat memilih tempat kursus untuk anak. Memang bukan tugas yang mudah untuk memilih kursus yang tepat untuk anak.

Namun, dengan beberapa pertimbangan di atas, semoga Mama dapat menentukannya secara bijak. Selalu sesuaikan dengan minat anak dan kemampuan masing-masing, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk