7 Rekomendasi Essential Oil untuk Mengatasi Anak Susah Tidur

Membantu anak lebih relaks dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik

14 Juni 2021

7 Rekomendasi Essential Oil Mengatasi Anak Susah Tidur
Freepik/Photodiod

Bukan rahasia umum lagi jika anak-anak yang aktif sulit tidur. Padahal tidur baik untuk memulihkan energi, meningkatkan kesehatan, menjernihkan pikiran untuk keesokan harinya, dan banyak manfaat lainnya.

Mungkin Mama sudah mencoba beragam cara, seperti membacakan dongeng, memasang lampu tidur, dan mendengarkan lagu-lagu pengantar tidur, tapi tetap tidak berhasil. Salah satu solusi lain yang bisa Mama coba adalah menggunakan bantuan minyak esensial.

Ada beberapa minyak esensial yang bisa dimasukan ke dalam rutinitas anak sehari-hari untuk membantunya lebih cepat tidur. Agar Mama tak bingung memilihnya. 

Berikut Popmama.com berikan 7 rekomendasi minyak esensial untuk anak agar lebih relaks dan tidur lebih baik.

1. Minyak esensial lavender

1. Minyak esensial lavender
Freepik/Sandimage

Lavender merupakan salah satu minyak esensial yang lebih populer, dan sudah paling sering digunakan untuk relaksasi dan tidur.

Sebuah penelitian dalam jurnal Alternative and Complementary Medicine di tahun 2015, menunjukkan bahwa penggunaan minyak lavender sebelum tidur tidak hanya dapat membantu anak tertidur lebih cepat, tetapi juga meningkatkan kualitas istirahat secara keseluruhan.

Cara penggunaan: Mulailah menyebarkan minyak lavender sekitar satu jam sebelum waktu tidur malam anak. Mama dapat mengoleskan satu atau dua tetes pada bagian bawah bantal anak, atau oleskan langsung ke kaki, pelipis, dan pergelangan tangan.

Cara lainnya yaitu Mama bisa membuat semprotan untuk tempat tidur dengan 2 gelas air suling, 1 sdm witch hazel, dan 10-20 tetes lavender. Semprotkan sedikit di atas tempat tidur anak sebelum waktu tidurnya.

2. Minyak esensial kenanga

2. Minyak esensial kenanga
Freepik/user22978605

Kenanga berasal dari pohon kenanga yang berasal dari hutan hujan Asia dan Pasifik Selata, minyaknya dikenal sangat harum dan dikenal karena efek menenangkannya.

Cara penggunaan: Sebarkan beberapa tetes minyak kenanga di malam hari untuk menciptakan lingkungan yang santai di rumah, atau tambahkan ke bak mandi air hangat untuk mengurangi ketegangan.

Mama juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak esensial kenanga dengan minyak kelapa, lalu pijatkan ke bahu anak setiap malam.

Editors' Picks

3. Minyak esensial kayu cedar (cedarwood)

3. Minyak esensial kayu cedar (cedarwood)
Freepik/Svetlana_cherruty

Jika anak sulit tidur di malam hari, Mama mungkin ingin mencoba memasukkan kayu cedar ke dalam rutinitas malamnya. Minyak esensial ini memiliki sifat penenang alami, selain itu kayu cedar diyakini meningkatkan perasaan aman.

Cara penggunaan: Mama dapat menggunakan 3-5 tetes pada diffuser atau oleskan minyak ini langsung ke bagian bawah bantal anak untuk membantu tidurnya. Jika ingin lebih efektif dan menenangkan, campurkan minyak esensial cedarwood dengan minyak lavender.

Cedarwood juga dapat melawan pilek dan mengusir serangga yang umumnya ada di dalam rumah.

4. Minyak esensial kamomil

4. Minyak esensial kamomil
Freepik/Statiana

Mama mungkin sudah tahu dengan tips minum teh chamomile sebelum tidur untuk membuat anak tidur lebih cepat, tetapi tahukah Ma bahwa minyak esensial chamomile juga bisa membantu anak lebih cepat tidur?

Kamomil diketahui dapat membantu menenangkan kemarahan dan agitasi pada anak, selain itu juga dapat menghilangkan stres.

Cara penggunaan: Minyak esensial kemomil paling sering dioleskan ke bagian bawah kaki, namun Mama juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial kamomil ke body lotion untuk anak dan oleskan di malam hari untuk membantunya lebih bersantai sebelum tidur.

5. Minyak esensial vanila

5. Minyak esensial vanila
Freepik/user22978605

Aroma manis vanila memiliki sejarah panjang digunakan untuk relaksasi dan menghilangkan stres. Minyak esensial vanila juga memiliki efek menenangkan pada tubuh anak serta mengurangi hiperaktif dan kegelisahan, dan menenangkan sistem saraf.

Tak hanya itu, minyak esensial vanila dapat menggabungkan relaksasi dan peningkatan suasana hati. Jika aroma kue yang dipanggang membuat anak lebih tenang, minyak esensial vanila mungkin merupakan aroma yang bisa dicoba untuk membantunya tidur.

Cara penggunaan: Untuk menggunakannya, Mama dapat mencampurkan beberapa tetes minyak esensial vanila ke dalam air, pastikan mengikuti takaran yang tepat sesuai produk yang digunakan. Diffuse hingga 30 menit 3 kali sehari.

6. Minyak esensial melati

6. Minyak esensial melati
Freepik/user22978605

Aroma bunga yang populer karena manis dan menenangkan, minyak esensial melati juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tidur anak.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada Wheeling University di tahun 2002, menunjukkan melati meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gelisah saat tidur, serta meningkatkan kewaspadaan anak siang hari.

Studi ini juga menunjukkan bahwa melati memberikan semua manfaat tidur ini, serta menurunkan kecemasan, bahkan lebih efektif daripada lavender.

Cara penggunaan: Mama dapat mengoleskan 2-4 tetes langsung ke area tubuh anak seperti pergelangan tangan atau bahu. Tidak perlu dicampurkan dengan minyak pembawa, kecuali untuk kulit yang paling sensitif. Gunakan sesuai kebutuhan.

Selain itu Mama bisa menggunakannya untuk diffuser yaitu mencampurkannya dengan air 3 kali sehari dengan waktu pengaturan 1 jam.

7. Minyak esensial marjoram

7. Minyak esensial marjoram
Freepik/Bowonpat

Tahukah Ma, kalau minyak esensial marjoram memiliki beragam kegunaan, termasuk kemampuannya untuk membantu anak lebih cepat tidur. Selain membantu anak tidur, minyak marjoram juga dapat membantu mengatasi stres dan menenangkan anak-anak sebelum tidur siang.

Cara penggunaan: Campur minyak esensial marjoram ke diffuser, dan letakan di kamar anak sebelum waktu tidurnya, atau campurkan 3-5 tetes minyak esensial marjoram dengan beberapa tetes minyak esensial lavender ke dalam semprotan linen.

Nah itulah beberapa rekomendasi minyak esensial yang bisa membantu anak tidur lebih cepat. Ketika menggunakan minyak esensial, penting untuk memerhatikan bagaimana perubahan anak, karena aroma adalah pengalaman yang sangat individual.

Artinya, Mama dan anak mungkin memiliki reaksi yang berbeda terhadap aroma minyak esensial. Sehingga diperlukan eksperimen dengan minyak berbeda sebelum menemukan yang tepat untuk rutinitas tidur anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.